Kode Diagnosis Penyakit Influenza - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Diagnosis Penyakit Influenza

Artikel ini kami buat untuk memudahkan para tenaga kesehatan dalam melakukan entri kode diagnosis penyakit di era BPJS, oleh karena mungkin saja masih ada yang belum tahu tentang kode diagnosis penyakit influenza ini. Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita kenal dan pahami terlebih dahulu tentang penyakit ini secara singkat.

Kode Diagnosis Untuk Penyakit Influenza

Pengertian Influenza
Penyakit influenza atau yang akrab dikenal dengan flu merupakan infeksi sistem pernafasan (hidung, tenggorokan, dan atau paru-paru) yang disebabkan oleh virus. Gejala dan tanda flu yang umumnya dialami yaitu adalah demam (atau subfebris), nyeri kepala, batuk dan pilek, badan terasa pegal-pegal, nafsu makan berkurang, dan nyeri pada tenggorokan.

gambar virus penyakit influenza
gambar virus influenza
sumber: medicine.net
Lama inkubasi virus flu ini terbilang singkat. Seseorang akan merasakan gejala hanya dalam kurun waktu satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi. Seseorang dapat menularkan penyakit flu yang dideritanya ke orang lain pada masa gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya.

Di masyarakat umum banyak yang menyamakan flu dengan pilek karena miripnya gejala, akan tetapi anggapan seperti ini tidaklah tepat. Virus penyebab flu berbeda dengan pilek biasa. Masa inkubasi dari flu juga lebih singkat dengan munculan gejala yang lebih parah sehingga dapat mengganggu produktivitas penderita. Sementara itu, pilek biasanya muncul bertahap dengan munculan gejala dan tanda yang lebih ringan. Umumnya pilek biasa tidak mengganggu rutinitas dari penderita flu.

Langkah Pengobatan Flu
Umumnya penyakit ini tidak membutuhkan tatalaksana dari dokter. Hal ini dikarenakan penyakit ini tergolong penyakit self-limited disease yaitu penderita dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan yang dilakukan secara mandiri seperti istirahat yang cukup, konsumsi makan dan minuman yang cukup dan bergizi, dan menjaga kehangatan tubuh masih merupakan pengobatan yang efektif.


Bilamana diperlukan, pemberian terapi suportif seperti pengobatan demam, sakit kepala, dan pegal-pegal dengan menggunakan obat parasetamol atau ibuprfen dapat dilakukan. Pemberian antibiotik tidak dianjurkan pada penyakit ini kecuali bila ditemukan adanya infeksi sekunder dari bakteri.


Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang penyakit influenza. Saatnya kita menyampaikan kode diagnosis BPJS nya.

Berikut Kode Diagnosis Penyakit Influenza untuk Entri BPJS

No. ICD-10 : J11 Influenza, virus not identified

Kode ICPC - 2 untuk Penyakit Campak
No. ICPC-2 : R80 Influenza

Bila Anda ingin mencari kode-kode diagnosis penyakit lainnya silahkan kunjungi : Kode Diagnosis Beberapa Penyakit di Era BPJS

Post a Comment for "Kode Diagnosis Penyakit Influenza"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>