Kenali Apakah Infeksi Saluran Kemih Berbahaya Yang Serius Bagi Tubuh - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Apakah Infeksi Saluran Kemih Berbahaya Yang Serius Bagi Tubuh

Apakah penyakit infeksi saluran kemih berbahaya ? Apakah infeksi saluran kencing berbahaya untuk ibu hamil ? Pertanyaan seperti ini harus dijawab dengan baik karena walaupun secara umum penyakit ini tidak menimbulkan bahaya, akan tetapi ada beberapa kondisi yang harus dipahami dengan baik. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

apakah-penyakit-infeksi-saluran-kemih-berbahaya

Bahaya Infeksi Saluran Kemih

Berdasarkan data Depkes RI tahun 2014 bahwasanya jumlah penderita penyakit infeksi saluran kemih (ISK) telah mencapai 90 sampai 100 kasus tiap 100.000 penduduk tiap tahunnya. Walaupun secara umum penyakit ini tidak menimbulkan bahaya, akan tetapi bilamana tidak diindahkan maka dapat mendatangkan komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pengertian ISK
Pengertian infeksi saluran kemih adalah suatu keadaan dimana organ saluran kemih baik sebagian tertentu atau keseluruhannya mengalami infeksi. Biasanya penyakit ini menyerang kaum hawa lebih banyak dibandingkan dengan kaum laki-laki. Mengapa? Oleh karena ukuran saluran uretranya lebih pendek sehingga lebih memudahkan kuman masuk melalui orifisium uretra.

Penyebab ISK
Penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri E. coli untuk kasus kebanyakan. Agen penyebab lain seperti jamur, virus, atau bakteri jenis yang lain juga tidak menutup kemungkinan menyebabkan penyakit ISK ini.

Mengapa bakteri E. coli menjadi yang terbanyak sebagai agen penyebab? Oleh karena higienitas yang kurang terjaga pada saat pembersihan alat kelamin luar dan tidak bersih sebelum atau setelah berhubungan.

Klasifikasi dan Gejala ISK
Menurut tanda dan gejala nya maka ISK ini dibagi menjadi dua yaitu ISK bagian atas dan ISK bagian atas. Gejala dan tanda ISK bagian atas meliputi perasaan mual dan muntah, muncul diare yang tidak diketahui penyebabnya, demam yang dapat disertai rasa dingin dan menggigil, dan nyeri pada bagian pinggang, punggung, dan area tulang selangkangan.

Sementara itu, gejala dan tanda ISK bagian bawah terdiri dari frekuensi berkemih yang semakin sering yang terasa panas, tidak puas, dan nyeri, kadang-kadang dapat juga disertai warna urin yang keruh atau bercampur darah, perut bagian bawah atau area sekitar kema luan terasa kram atau kurang nyaman.

Untuk penjelasan lengkap tentang hal ini silahkan baca pada tautan di bawah ini:
👉 Klasifikasi Infeksi Saluran Kemih

Bahaya Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Pada umumnya ISK bagian bawah tidak menimbulkan bahaya yang berarti. Namun, bilamana penyakit ISK ini dibiarkan tanpa pengobatan atau penatalaksanaan yang baik maka akan dapat menimbulkan bermacam komplikasi seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Gangguan ginjal
bahayakah-infeksi-saluran -kemih
Gambar pielonefritis yang bersifat akut dan kronis. Pielonefritis kronis dapat menyebabkan gagal ginjal

Apa infeksi saluran kemih berbahaya bagi ginjal? Ya tentunya! Bila seorang individu mengalami ISK bagian bawah yang tidak diobati dengan baik maka bakteri penyebab yang telah berkembangbiak dan berkoloni akan masuk lebih dalam dan naik ke organ ginjal. Individu tersebut akan mengalami infeksi ginjal (bahasa medis nya pyelonephritis). Seseorang yang telah mengalami infeksi ginjal maka akan rentan mendapatkan kerusakan sel-sel dan jaringan ginjal. Nah, bila dibiarkan kerusakan tadi dapat bersifat permanen yang mengarah kepada gagal ginjal.

Sepsis
Apa infeksi saluran kencing berbahaya bagi organ tubuh lain? Ya, bila sudah memasuki tahapan sepsis. Ini adalah suatu kondisi dimana ISK bagian bawah yang telah menyebar ke ginjal lalu kemudian masuk ke aliran darah di pembuluhnya. Sepsis ini menimbulkan serangkaian gejala dan tanda yang berbahaya seperti syok dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Stiktur Uretra
Apakah infeksi saluran kencing bahaya terhadap saluran uretra? Ya, dapat berbahaya. Keadaan ini disebut dengan striktur uretra yang biasanya dialami oleh kaum pria. Ini adalah suatu keadaan dimana saluran uretra mengalami penyempitan sebagai akibat dari infeksi dan paska infeksi ISK (bisa terjadi karena kerusakan permukaan saluran uretra yang menyebabkan timbulnya jaringan parut atau perlengketan).

Perlu dipahami bahwa striktur yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan tidak lancarnya pengeluaran air urin yang bilamana terjadi penumpukan maka akan dapat menimbulkan gagal ginjal.

Bahaya Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil

Kelahiran Prematur atau Kelahiran Bayi BBLR
Bahayakah infeksi saluran kemih pada ibu hamil ? Perlu sang bumil ketahui bahwa ISK pada wanita yang sedang hamil juga berbahaya. Kita ketahui bersama bahwa lubang pengeluaran air urin dan lubang kema luan letaknya berdekatan. Oleh karena itu, salah satu penyebab infeksi saluran kemih pada wanita hamil adalah  penyebaran dari saluran kencung ke saluran kema luan di bawahnya.
bahaya-infeksi-saluran-kencing-pada-ibu-hamil-muda
Gambar bayi BBLR. Ukurannya hanya sebesar telapak tangan.

Bakteri yang telah masuk ke lubang ini dapat naik ke bagian uterus yang merupakan tempat pertumbuhan sang janin. Nah, keadaan ini akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin  selama masa kehamilan. Tidak jarang kondisi ini dapat memicu timbulnya kelahiran prematur atau bayi dengan BBLR.

Kenali seberapa bahayakah infeksi saluran kencing pada ibu hamil dengan konsultasi dengan dokter keluarga Anda. Tatalaksana yang terlambat akan mengakibatkan gangguan kesehatan pada sang buah hati.

Nah, itu tadi beberapa penjealasan tentang bahaya ISK apa saja yang dapat dialami seseorang bila menganggap remeh penyakit ISK yang dideritanya. Secara umum memang tidak menimbulkan bahaya, akan tetapi bukan berarti tidak butuh tatalaksana dengan baik. Konsultasi dan pengobatan dengan dokter atau ahli perlu dilakukan terutama saat pasien adalah seorang wanita yang sedang hamil. Mudah-mudahan bermanfaat.

Untuk pembahasan lengkap dan mendalam tentang hal ini silahkan kunjungi tautan di bawah ini:
👉 Infeksi Saluran Kemih
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kenali Apakah Infeksi Saluran Kemih Berbahaya Yang Serius Bagi Tubuh"