Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria, Wanita, Bayi dan Anak, Serta Ibu Hamil - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria, Wanita, Bayi dan Anak, Serta Ibu Hamil

Penyebab infeksi saluran kemih bagi laki-laki, perempuan, anak, dan ibu hamil - Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) paling sering terjadi pada kaum perempuan dimana yang terkena adalah bagian uretra dan kandung kemih. Penyakit ISK ini umumnya timbul saat bakteri masuk ke dalam saluran kemih melewati uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih.

Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyebab infeksi kandung kemih (bahasa medis nya sistitis) adalah bakteri Escherichia coli (E. coli). Ini adalah bakteri yang biasa ditemukan di dalam saluran gastro-intestinal (pencernaan). Bakteri ini menjadi penyebab yang paling sering meskipun ada bakteri jenis lainnya yang dapat menyebabkan sistitis.

Di sini akan kami jelaskan apa saja yang mendasari penyakit ISK pada kelompok laki-laki, wanita, bayi dan anak, serta ibu hamil. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini. Penyebab pasti dapat ditentukan melalui serangkaian pemeriksaan penunjang infeksi saluran kencing.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Apa penyebab infeksi saluran kencing pada pria sama dengan wanita? Ya, sebenarnya tidak jauh berbeda. Beberapa kuman atau bakteri yang dapat mencetuskan penyakit ISK pada kaum adam adalah bakteri Escherichia coli, Klebisella pneumoniae, dan Staphylococcus.

penyebab-infeksi-saluran-kemih-pada-pria

Faktor Risiko Penyebab Infeksi Saluran Kandung Kemih Pada Pria

Laki-laki sebenanrnya lebih jarang terkena penyakit ISK ini. Hal ini dikarenakan bentuk anatomis dari saluran uretra nya yang lebih panjang. Namun, ada berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan risiko penyebab infeksi saluran kandung kemih pada pria menjadi lebih tinggi, antara lain:

  • Pria yang berusia di atas 50 tahun lebih rentan (Ini menjadi faktor risiko penyebab infeksi saluran kencing pada pria dewasa. Hal ini berkaitan dengan gangguan buang air kecil dan segala penyakit yang menyertai laki-laki di atas 50 tahun).
  • Pria dengan penyakit pembesaran kelenjar prostat (penyakit ini akan membuat proses berkemih menjadi tidak lancar sehingga menyebabkan tumpukan urin di kandung kemih. Kondisi ini menjadi tempat yang cocok untu perkembanganbiakan kuman).
  • Pria yang memiliki penyakit batu ginjal.
  • Penderita penyakit diabetes melitus.
  • Riwayat pemakaian kateter (khususnya pada penggunaan jangka lama).
  • Laki-laki dengan sistem imunitas yang lemah.
  • Laki-laki yang sering melakukan an al seks.
  • Riwayat prosedur operasi pada saluran kencing.
  • Pria yang tidak disunat dan yang kurang menjaga higienitas organ intim lebih rentan terkena ISK.


Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Apa penyebab infeksi saluran kemih pada wanita? Telah diketahui bahwasanya kaum perempuan lebih sering dan lebih rentan mengalami ISK. Hal ini dikaitkan dengan bentuk anatomis saluran kencing (saluran uretra nya lebh pendek) dan letaknya yang berdekatan dengan an us.

penyebab-infeksi-saluran-kemih-pada-wanita

Pada dasarnya bakteri yang berasal dari an us lah yaitu bakteri E. coli yang menyebabkan ISK pada wanita sama seperti pada kaum lelaki. Namun, agen penyebab lain seperti virus dan jamur juga berperan, akan tetapi tidak sesering oleh bakteri.

Perlu diketahui bahwasanya penyebab infeksi saluran kemih pada wanita remaja sama dengan wanita dewasa.

Faktor Risiko Penyebab Infeksi Saluran Kandung Kemih Pada Wanita

Beberapa hal yang meningkatkan risiko penyebab infeksi saluran kencing pada wanita dewasa menjadi lebih tinggi adalah seperti penjelasan di bawah ini:

  • Perempuan yang kurang menjaga kebersihan organ intim (misalnya cara cebok yang salah yaitu dari belakang ke depan, tidak membiasakan buang air kecil setelah berhubungan, dan lain-lain).
  • Wanita yang sering menggunakan celana yang terlalu ketat khususnya celana dalam sehingga menyebabkan daerah intim menjadi mudah lembab dan ditumbuhi oleh bakteri.
  • Perempuan yang pernah mengalami ISK sebelumnya.
  • Wanita yang sedang dalam kondisi hamil.
  • Perempuan yang telah menopause (Hal ini berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon sehingga mempengaruhi keberadaan flora normal di sekitar organ intim).
  • Wanita yang memiliki pasangan yang sering menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom yang megandung spermisida.
  • Perempuan dengan penurunan daya tahan tubuh.
  • Wanita yang menggunakan kateter urin dalam jangka waktu yang lama.


Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko terkena ISK nya seorang perempuan hamil adalah sebagai berikut:
penyebab-infeksi-saluran-kemih-pada-ibu-hamil

Kecendrungan Stasis Urin Di Kandung Kemih
Semakin lama urin stasis di kandung kamih maka semakin tinggi risiko terjadinya ISK. Pada wanita hamil terjadi peningkatan volume kandung kemih, penurunan tonus otot kandung kemih dan ureter . Ketiga hal ini menyebabkan peningkatan stasis urin dan kejadian refluks ureterovesikel.

Tekanan Janin Dalam Rahim
Keberadaan janin di dalam rahim menyebabkan penekanan ke bawah ke kandung kemih dan saluran kencing. Hal ini menyebabkan gangguan berkemih dan retensi urin. Tidak lancarnya urinasi dan adanya retensi urin mengakibatkan kuman mudah berkembangbiak di saluran kencing.

Pelebaran Saluran Ureter
Berdasarkan situs American Family Physician disebutkan bahwa sebanyak 90% wanita yang hamil mulai dari usia kehamilan 6 minggu (puncaknya minggu ke 22 hingga 24) sampai akhir kehamilan mengalami pelebaran saluran uretra. Hal ini menyebabkan lebih rentannya terkena penyakit ISK.

Perubahan Hormon
Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan mempengaruhi perkembangbiakan kuman penyebab ISK.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Bayi dan Anak

Pada dasarnya agen penyebab penyakit ISK ini sama pada semua kelompok usia. Pada usia anak risiko lebih tinggi sebagai akibat dari kurang menjaga kebersihan organ intim terutama saat setelah buang air besar dan buang air kecil.

Bila Anda ingin membaca ulasan lengkap tentang penyakit ISK ini silahkan baca pada tautan di bawah ini:
👉 Infeksi saluran kemih

Sumber:
https://www.aafp.org/
https://id.theasianparent.com/
https://healthline.com/
https://webmd.com/
https://alodokter.com/
Makalah Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria PDF
Makalah Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita PDF
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria, Wanita, Bayi dan Anak, Serta Ibu Hamil"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>