Berat Badan Normal Bayi Baru Lahir Menurut WHO - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berat Badan Normal Bayi Baru Lahir Menurut WHO

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan sedikit tentang berat badan normal bayi baru lahir menurut WHO. Artikel ini kami harap dapat menjadi penambah informasi khususnya bagi para orang tua yang sedang harap-harap cemas menunggu kelahiran buah hatinya. Selain itu, artikel ini dapat juga dijadikan bahan bacaan oleh tenaga kesehatan yang berkontak langsung pada pasien neonatus (bayi baru lahir).

Penjelasan Singkat Berat Badan Normal Bayi Baru Lahir Menurut WHO

Penjelasan di bawah kami landaskan berdasarkan pengetahuan medis. Namun, sedapat mungkin kami redaksikan agar mudah dipahami oleh semua latar belakang kalangan pembaca. Sebelumnya mari kita lihat definisi dari bayi baru lahir normal.

Pengertian Bayi Baru Lahir Normal

Apa yang dimaksud dengan bayi baru lahir normal itu? Hal ini yaitu bilamana bayi baru lahir dari kehamilan aterm/ cukup bulan (umur kehamilan berkisar antara 37 hingga 42 minggu) memiliki berat badan lahir 2500 hingga 4000 gram. Apakah cukup sampai disitu? Tidak, penting diingat bahwa berat lahir ini adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah selesainya proses persalinan. Jadi, masa penimbangan tidak sampai 28 hari sebagaimana pengertian bayi baru lahir (neonatus) yaitu bayi baru lahir berusia 0 hingga 28 hari.

Klasifikasi Berat Badan Lahir

Bayi dikelompokkan menjadi tiga kelompok berdasarkan masa gestasi dan umur kehamilan, yaitu:
  • bayi kurang bulan, yaitu bayi yang memiliki masa umur kehamilan kurang dari 37 minggu atau 259 hari,
  • bayi cukup bulan, yaitu bayi dengan masa usia kehamilan aterm 37 hingga 42 minggu atau 259 hingga 293 hari), dan
  • bayi lebih bulan, yaitu bayi yang mempunyai masa umur kehamilan lebih dari 42 minggu.

Berat badan lahir juga dikategorikan menjadi tiga kategori, yaitu:
  • bayi berat lahir rendah (atau disebut juga dengan BBLR), yaitu bilamana bayi memiliki berat lahir kurang atau kecil dari 2500 gram,
  • bayi berat lahir normal, yaitu bayi lahir dengan rentang berat 2500 hingga 4000 gram, dan
  • bayi berat lahir lebih, yaitu bayi yang mempunyai berat lahir di atas 4000 gram.

Dari pengelompokan di atas kita dapat ketahui bahwa berat badan normal bayi baru lahir menurut WHO dikelompokkan menjadi bayi berat lahir normal sesuai masa kehamilan.

BBLR, Masalah dari Berat Badan Bayi Baru Lahir

Namun, dari pengelompokan di atas juga kita mendapati suatu masalah kesehatan pada bayi baru lahir, yaitu bayi berat badan lahir rendah (atau sering disebut dengan bayi BBLR).

Berdasarkan definisi di atas maka bayi BBLR dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, antara lain:
1. Bayi Kurang Bulan (Prematur Murni)
Bayi ini dilahirkan dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggu dan memiliki berat badan sesuai dengan usia kehamilannya. Bayi ini sering disebut dengan neonatus kurang bulan sesuai masa kehamilan.

2. Bayi Kecil Masa Kehamilan (KMK)
Bayi ini dilahirkan dengan BBL kurang dari persentil 10 pada kurva pertumbuhan janin. Untuk bayi yang memiliki berat lahir kurang dari 1,5 kg maka bayi ini disebut dengan bayi BBLSR ( berat badan lahir sangat rendah).

Bayi BBLR adalah problema yang penting dalam kesehatan. Penatalaksanaannya cukup kompleks karena kondisi ini memiliki kecendrungan akan terjadinya infeksi, masalah pernafasan, dan masalah suhu tubuh. Bayi ini sangat mudah terkena hipotermia. Selain itu, bayi ini juga rentan akan komplikasi seperti ikterus, hipoglikemia, dan infeksi. Kesemua hal ini seringkali membutuhkan pertolongan resusitasi pada sang bayi yang baru lahir.

Badan WHO memiliki perkiraan bahwa prevalensi BBLR di negara-negara maju sekitar 3 hingga 7 persen sementara di negara-negara berkembang kira-kira 13 hingga 38 persen. Khusus untuk negara Indonesia, belum adanya angka yang mewakili prevalensi secara keseluruhan wilayah. Namun, perkiraan WHO pada tahun 1990 menunjukkan angka 14 persen di semua koheren hidup.

Tabel Berat Badan Normal Bayi Laki-Laki dan Perempuan Menurut WHO

Di bawah ini kami sediakan link untuk melihat lebih jelas tentang berat badan normal bayi berdasarkan umur yang kami susun dari situs who.int. Tabel ini menjelaskan berat badan normal bayi dari baru lahir hingga usia 5 tahun. Nah, Anda dapat melihat pada bagian baru lahir terkait dengan artikel ini.

Berikut link nya:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Berat Badan Normal Bayi Baru Lahir Menurut WHO"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>