Tabel Berat Badan Bayi Perempuan Normal Berdasarkan WHO - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tabel Berat Badan Bayi Perempuan Normal Berdasarkan WHO

Bila Anda sayang dengan bayi dan anak Anda maka pelajarilah cara bagaimana "Tabel berat badan bayi menurut WHO" ini - Setelah sebelumnya kami menyajikan tabel berat badan bayi ideal sesuai umur pada balita laki-laki, maka kali ini kami sajikan tabel berat badan bayi perempuan normal berdasarkan WHO. Kami harap tabel ini bisa dijadikan referensi bagi para pembaca terutama para orang tua yang memiliki anak balita guna memantau berat badan dan perkembangan bayi nya apakah normal atau tidak. Tabel ini kami susun berdasarkan data-data dari WHO.

⏩ Untuk tabel jenis kelamin laki-laki silahkan klik: tabel berat badan bayi laki-laki normal menurut WHO ⏪

Tulisan ini menyajikan list berat badan badan anak berdasarkan umur anak bayi 0 hingga 5 tahun. Kami sajikan dalam dua bagian utama, yaitu indeks berat badan bayi perempuan ideal usia 0 hingga 13 minggu dan umur 0 hingga 5 tahun. Tabel ini kami sampaikan beserta dengan penjelasan secara ilmiah yang kami tarik kesimpulan dari data-data dari situs WHO.

Tabel Z-Score Berat Badan Bayi Perempuan Normal Menurut WHO

Sebelum kita bahas lebih jauh, perlu Anda pahami bahwa list tabel ini dilandaskan atas kurva pertumbuhan Z-score pada anak perempuan. Tabel ini akan membandingkan dua variabel indikator pertumbuhan yaitu antara berat badan dan usia si balita. Bilamana Anda ingin mengontrol pertumbuhan secar paripurna sudah barang tentu Anda membutuhkan indikator-indikator pertumbuhan lainnya yaitu tinggi atau panjang badan, indeks massa tubuh, nilai ukuran lingkar kepala, nilai ukuran lengan atas, dan lain-lain.

Namun, jangan menganggap artikel ini tidak penting. Penting Anda pahami bahwasanya pemantauan berat badan menurut usia balita bisa juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pemantauan secara umum apakah pertumbuhan balita Anda ideal atau ada masalah yang sedang atau telah terjadi. Yuk, kita akan mencoba menjabarkannya di bawah ini.

Tabel Berat Badan Bayi Perempuan Usia 0 hingga 13 Minggu Menurut WHO

Di bawah ini akan kami sajikan tabel nya. Di bagian bawah dari list tabel kami tambahkan penjelasan sedikit untuk membantu pembaca dalam memahami tabel agar tidak terjadi kebingungan atau salah paham. Yuk, kita lihat tabel nya!

tabel berat badan bayi perempuan usia 0 hingga 13 minggu menurut who
tabel berat badan bayi perempuan menurut who
Interpretasi Tabel
Untuk menginterpretasi list tabel yuk kita perhatikan penjelasan di bawah ini:
1. Nilai Z-Score 0 menandakan nilai median atau rata-rata. Bilamana bayi Anda memiliki nilai berat badan yang sama seperti tabel menurut umurnya saat itu maka berat bayi Anda bisa dikategorikan normal atau ideal.
Contoh kasus:
a. Bayi usia 5 minggu memiliki berat badan 4,3 kg. Maka anak ini dikategorikan normal atau ideal.
b. Bayi usia 5 minggu memiliki berat badan 4,99 kg. Maka anak ini juga dikategorikan normal atau ideal.

2. Nilai Z-Score di atas 1, di atas 2, dan di atas 3 menandakan adanya suatu kemungkinan masalah kelebihan berat badan. Masalah kelebihan berat badan meliputi obesitas, overweight/ gizi lebih, dan berisiko menjadi gizi lebih. Kondisi ini tidak bisa ditentukan secara mutlak. Untuk menentukan apakah memang ada masalah kelebihan berat badan, maka harus memerlukan perbandingan berat badan dengan tinggi badan atau indek massa tubuh (IMT) dengan usia.

3. Nilai Z-Score di bawah -1 menandakan adanya suatu kemungkinan gizi kurang atau berisiko gizi kurang. Kondisi ini juga memerlukan perbandingan indikator dan variabel pertumbuhan lainnya.

4. Nilai Z-Score di bawah -2  menandakan adanya masalah gizi kurang. Contoh kasus yaitu berat badan bayi usia 12 minggu hanya sebesar 4,2 kg. Maka anak balita ini bisa dikategorikan mengalami masalah gizi kurang.

5. Nilai Z-Score  di bawah -3 menandakan adanya masalah gizi buruk. Kondisi ini berlandas pada gizi sangat kurang dalam modul pelatihan IMCI (Integrated Management of Childhood Illness in-service training. WHO, Geneva, 1997). Contoh kasus yaitu berat bayi umur 13 minggu hanya sebesar 3,9 kg. Maka sang balita bisa masuk ke dalam kategori gizi buruk.

Tabel Berat Badan Ideal Bayi Perempuan Usia 0 hingga 5 Tahun Berdasarkan WHO

Di bawah ini akan kami sajikan list tabelnya. Silahkan diperhatikan dengan baik-baik dan hati-hati. Kami membuat perhitungan umur berdasarkan satuan bulan, jadi konversikan saja usia anak balita Anda menjadi dalam satuan bulan sebelum mencocokkannya ke dalam tabel di bawah ini.

tabel berat badan bayi perempuan umur 0 hingga 20 bulan menurut who
tabel berat badan bayi berdasarkan who pada bayi perempuan umur 0 hingga 20 bulan
Tabel anak usia 0 sampai 5 tahun ini kami potong menjadi 3 bagian. Untuk penjelasannya sama seperti penjelasan pada bagian interpretasi di atas.

tabel berat badan bayi perempuan usia 21 sampai 40 bulan berdasarkan who
tabel berat badan bayi normal menurut who pada bayi perempuan usia 21 sampai 40 bulan
Berikut potongan terakhir umur anak 41 hingga 60 bulan

tabel berat badan bayi perempuan umur 41 hingga 60 bulan berdasarkan who
tabel berat badan ideal bayi menurut who pada bayi perempuan umur 41 hingga 60 bulan
Nah, itu tadi list tabel dan penjelasan berat badan berdasarkan umur untuk balita 0 hingga 5 tahun. Bagaimana bila bayi prematur atau ibu mengalami kehamilan kembar? Tentunya hitung-hitungannya akan beda. Tulisan tentang tabel berat badan bayi perempuan dalam kandungan, tabel berat badan bayi prematur, dan tabel berat badan bayi kembar akan kami hadirkan.

Bila ada bagian yang kurang paham silahkan di tanyakan di bagian komentar atau fans page facebook kami. Anda bebas berdiskusi masalah kedokteran dan kesehatan di sana.

Post a Comment for "Tabel Berat Badan Bayi Perempuan Normal Berdasarkan WHO"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>