Tabel Berat Badan Bayi Laki-Laki Normal Menurut WHO - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tabel Berat Badan Bayi Laki-Laki Normal Menurut WHO

Dengan mempelajari "tabel berat badan bayi laki laki" ini berarti Anda adalah orangtua terbaik karena selalu mengevaluasi kondisi buah hati Anda.

Pada artikel ini kami akan menyajikan tabel berat badan bayi laki-laki normal menurut WHO. Tabel ini dapat menjadi rujukan bagi para pembaca khususnya para orang tua untuk memantau pertumbuhan berat badan bayi nya ideal atau tidak berdasarkan data dari WHO yang kami himpun.

👩 Anak balita Anda perempuan? Pantau perkembangannya dengan ini: Tabel Berat Badan Bayi Perempuan Normal Menurut WHO 👩

Artikel ini menggambarkan tabel berat badan berdasarkan umur anak bayi 0 hingga 5 tahun. Kami membagi menjadi dua jenis tabel yaitu tabel berat badan bayi laki-laki normal usia 0 hingga 13 minggu dan umur 0 hingga 5 tahun. Tabel ini kami sajikan dengan penjelasan secara ilmiah yang kami landaskan sumbernya pada data-data dari situs WHO.

Tabel Z-Score Berat Badan Bayi Laki-Laki Normal Berdasarkan WHO

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa tabel ini didasarkan atas kurva pertumbuhan Z-score pada anak laki-laki. Tabel ini membandingkan antara berat badan dan usia sang bayi. Untuk memantau pertumbuhan secara lengkap tentunya dibutuhkan indikator-indikator pertumbuhan lainnya seperti tinggi badan, indeks massa tubuh, ukuran lingkar kepala, ukuran lengan atas, dan lain sebaginya.

Namun, pemantauan berat badan berdasarkan umur bayi dapat juga dijadikan bahan pertimbangan untuk pemantauan secara kasar apakah terjadi pertumbuhan yang ideal atau tidak pada bayi. Maka, kami akan mencoba menjelaskannya di bawah ini.

Tabel Berat Badan Bayi Laki-Laki Usia 0 hingga 13 Minggu Berdasarkan WHO

Di bawah ini akan kami lampirkan tabel nya. Di bawah tabel akan kami beri penjelasan sedikit untuk membantu mencerahkan pembaca bilamana kebingungan. Yuk, kita lihat tabel nya!

tabel berat badan bayi laki-laki usia 0 hingga 13 minggu menurut who
Tabel Z- Score Berat Badan Bayi Laki-Laki Umur 0 Hingga 13 Minggu
Interpretasi Tabel
Untuk menginterpretasi tabel mari perhatikan penjelasan di bawah ini:
1. Nilai Z-Score 0 menunjukkan nilai median atau rata-rata. Apabila bayi Anda menunjukkan nilai berat badan yang sama seperti tabel berdasarkan usianya saat itu maka berat bayi Anda dapat dikatakan normal atau ideal.
Contoh:
a. Bayi usia 1 minggu dengan berat badan 3,5 kg. Maka ini normal atau ideal.
b. Bayi usia 1 minggu dengan berat badan 3,99 kg. Maka ini juga disebut normal atau ideal.

2. Nilai Z-Score di atas 1, di atas 2, dan di atas 3 menunjukkan adanya kemungkinan masalah kelebihan berat badan. Hal ini tidak dapat ditentukan secara mutlak. Untuk menentukan apakah ada masalah berat badan (obesitas, overweight/ gizi lebih, atau berisiko menjadi gizi lebih) maka harus membutuhkan perbandingan berat badan dengan tinggi badan atau indek massa tubuh (IMT) dengan umur.

3. Nilai Z-Score di bawah -1 menunjukkan adanya kemungkinan gizi kurang atau berisiko gizi kurang. Tentunya hal ini membutuhkan perbandingan indikator pertumbuhan lainnya.

4. Nilai Z-Score di bawah -2  menunjukkan adanya gizi kurang. Contoh berat badan bayi usia 10 minggu sebesar 4,3 kg. Maka bayi ini dapat dikatakan menderita gizi kurang.

5. Nilai Z-Score  di bawah -3 menunjukkan adanya gizi buruk. Keadaan ini merujuk pada gizi sangat kurang dalam modul pelatihan IMCI (Integrated Management of Childhood Illness in-service training. WHO, Geneva, 1997). Contoh berat bayi umur 5 minggu sebesar 3 kg. Maka bayi dapat dikategorikan gizi buruk.

Tabel Berat Badan Bayi Laki-Laki Usia 0 hingga 5 Tahun Menurut WHO

Di bawah ini akan kami lampirkan tabelnya. Silahkan diperhatikan dengan seksama dan hati-hati. Kami membuat perhitungan usia berdasarkan bulan, jadi konversikan usia anak bayi Anda menjadi dalam satuan bulan sebelum mencocokkannya ke dalam tabel.

tabel berat badan bayi laki-laki usia 0 hingga 20 bulan menurut who
tabel berat badan bayi laki-laki usia 0 hingga 20 bulan
Untuk penjelasan tabel ini (3 potong tabel) itu sama saja penjelasannya dengan penjelasan tabel 0 hingga 13 minggu di atas. Silahkan dilihat kembali di atas.

tabel berat badan bayi laki-laki usia 21 hingga 40 bulan berdasarkan who
tabel berat badan bayi laki-laki usia 21 hingga 40 bulan
Berikut ini potongan terkahir tabel untuk usia 41 bulan hingga 5 tahun.

tabel berat badan bayi laki-laki umur 41 hingga 60 bulan menurut who
tabel berat badan bayi laki-laki umur 41 hingga 60 bulan

Nah, itu tadi pelampiran tabel beserta penjelasannya. Bilamana Anda masih bingung silahkan diskusikan dengan dokter keluarga Anda atau di kolom komentar dan fans page facebook kami.  Selain hal di atas, Anda bebas berkonsultasi masalah kedokteran dan kesehatan di fans page kami. Terima kasih.

Post a Comment for "Tabel Berat Badan Bayi Laki-Laki Normal Menurut WHO"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>