Alasan Kenapa Berat Badan Bayi Susah Naik dan Tips Menaikkannya - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Kenapa Berat Badan Bayi Susah Naik dan Tips Menaikkannya

Mempunyai seorang bayi atau anak, tentu menjadi keinginan setiap pasangan yang sudah menikah. Apalagi jika anak tersebut sehat dan tidak banyak mengalami masalah. Tak jarang, para orang tua mencari berbagai cara agar pertumbuhan Si Kecil normal dan tetap sehat. Bahkan, para orang tua sering mengeluhkan kenapa berat badan bayi susah naik padahal sudah makan banyak.

Berat badan bayi yang normal tentu menjadi ketenangan tersendiri untuk orang tua. Memang, banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan berat badan bayi tidak naik, bahkan cenderung tetap dalam waktu yang sama atau bahkan turun. Dan ketika hal itu terjadi, akan membuat para orang tua bingung dan khawatir akan kondisi bayinya. Lalu apa sajakah penyebab berat badan bayi tidak naik-naik dan bagaimana cara untuk menaikkannya? Simak saja yuk, ulasan berikut ini.

3 Penyebab Umum Berat Badan Anak Bayi Tidak Naik

Asupan Nutrisi yang Kurang Baik
Meskipun bayi sering diberi ASI secara rutin dan normal seperti bayi biasanya, namun jika nutrisi dalam ASI tidak baik, asupan nutrisi pada bayi Anda pun akan terganggu. Kurangnya kualitas pada ASI bisa dikarenakan kurangnya minum air putih atau kurangnya konsumsi sayur dan makanan yang bergizi lainnya. Tak hanya faktor makanan, faktor stress pun bisa mempengaruhi kandungan nutrisi ASI.

Cara Menyusui yang Kurang Tepat
Saat Anda memberikan ASI pada bayi, pastikan bahwa proses menyusui sudah dilakukan dengan tepat. Seperti peletakan antara puting susu dan mulut bayi harus benar dan ASI bisa masuk ke mulut bayi. Usahakan juga menyusui agak lama untuk satu payudara, sebab setelah 5-10 menit, ASI akan mengeluarkan Hindmilk dengan kandungan lemak yang baik untuk pertumbuhan.

Adanya Masalah Pencernaan Pada Bayi
Jika cara menyusui Anda dirasa sudah tepat dan kandungan nutrisi pada ASI pun sudah terpenuhi namun bayi Anda masih juga tidak naik berat badannya dalam waktu yang cukup lama, itu bisa jadi karena adanya gangguan pada pencernaan bayi Anda. Gangguan tersebut bisa seperti diare yang berkepanjangan, muntah, kondisi usus yang tidak baik, dan gangguan lainnya.

Tips Mengatasi Berat Badan Anak Bayi yang Susah atau Sukar Naik

Setelah Anda mengetahui kenapa berat badan bayi susah naik, lalu bagaimana caranya agar berat badan SI Kecil bisa bertambah dan sehat? Anda bisa melakukan tips berikut ini:

Berikan ASI berkualitas
Sebab ASI menjadi faktor penting yang bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi, oleh karena itu, kandungan nutrisi pada ASI pun harus berkualitas. Agar ASI bisa berkualitas maka pola hidup dan pola makan ibu haruslah baik. Biasakan untuk banyak-banyak minum air putih. Rajin mengkonsumsi buah dan sayuran. Penuhi makan Anda dengan makanan yang berlemak. Selain itu Anda juga harus menghindari stres yang berlebih.

Memakai Bantuan Susu Formula
Jika Anda merasa pemberian ASI belum juga cukup, Anda bisa menambah atau menunjang pertumbuhan berat badan Anda dengan memberikan susu formula. Banyak produk susu formula yang bagus dan bisa membantu pertumbuhan berat badan bayi. Pilihlah susu yang memang cocok untuk bayi Anda.

Sebaiknya, pilih yang mempunyai kandungan anti alergi. Sehingga lebih aman jikalau ternyata bayi Anda anti susu sapi. Selain itu, pilih juga susu formula yang mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang lengkap. Kandungan mineral dipercaya bisa membantu meningkatkan pertumbuhan fisik bayi jadi lebih cepat dan sehat.


Konsultasikan ke Dokter Keluarga Anda
Tak jarang bayi masih tetap tidak naik berat badannya meskipun sudah berbagai cara dilakukan pada ibu. Masalah yang umum kenapa berat badan bayi susah naik, itu ada pada kondisi bayi. Sebaiknya, Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Barangkali memang ada masalah pencernaan pada bayi Anda. Jika karena pencernaan, nantinya dokter dan tim medis bisa memberikan solusi terbaik untuk Anda dan bayi Anda.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan pertumbuhan berat badan bayi terhambat dan bagaimana cara atau langkah mudah untuk Anda menangani hal tersebut. Sebaiknya, Anda tidak usah terlalu panik jika berat badan bayi Anda tidak naik. Sebab, terkadang pertumbuhan bayi berbeda-beda. Jika dirasa memang mengkhawatirkan dan terjadi dalam waktu yang lama, barulah Anda konsultasikan dan tangani dengan cepat.

Post a Comment for "Alasan Kenapa Berat Badan Bayi Susah Naik dan Tips Menaikkannya"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>