Perbedaan Anyang Anyangan Dan Infeksi Saluran Kemih - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Anyang Anyangan Dan Infeksi Saluran Kemih

Kenali perbedaan anyang anyangan dan infeksi saluran kemih - Hal ini seringkali menimbulkan kebingungan. Banyak dari individu yang merasakannya merasa khawatir. Apakah telah mengalami penyakit infeksi saluran kemih (ISK) atau penyakit lainnya?

perbedaan-anyang-anyangan-dan-infeksi-saluran-kemih

Nah, kami akan menjelaskan secara ringkas dan padat tentang perbedaan anyang anyangan dan infeksi saluran kemih. Mudah-mudahan dapat membantu pemahaman para pembaca.

Apa Perbedaan Anyang Anyangan Dan Infeksi Saluran Kencing 

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita satukan dahulu pemahaman bahwasanya anyang-anyangan adalah suatu istilah yang menunjukkan keadaan dimana seseorang merasakan keinginan untuk buang air kecil terus-menerus. Anyang-anyangan juga berarti perasaan hendak buang air kecil (BAK) kembali walaupun baru saja melakukannya atau bisa disebut dengan rasa tidak puas setelah berkemih.

Nah, anyang-anyang dan ISK memang memiliki kaitan. Setiap anyang-anyangan yang dirasakan seseorang bisa saja (tidak pasti) menjadi gejala ISK, akan tetapi setiap penyakit ISK hampir selalu menunjukkan gejala anyang-anyangan.

Lantas bagaimana cara menentukan perbedaan anyang anyangan dan infeksi saluran kemih ini?
Cara yang sederhana adalah dengan melihat gejala penyerta lain, yaitu nyeri atau sakit saat proses berkemih. Bila anyang-anyangan yang dirasakan disertai rasa nyeri saat berkemih maka kemungkinan besar hal tersebut adalah penyakit infeksi saluran kencing. Namun, bila tidak disertai nyeri maka bisa diakibatkan oleh beberapa hal misalnya otot kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder), kehamilan, infeksi dan/ atau ginjal, atau batu saluran kemih lainnya.

Untuk lebih jelasnya tentang kondisi medis anyang-anyangan tanpa nyeri ini silahkan baca pada tautan di bawah ini.

Perbedaan Anyang Anyangan Hamil dan Infeksi Saluran Kemih

Seperti yang disebutkan di atas bahwasanya wanita yang sedang hamil bisa mengalami anyang-anyangan ini. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan keadaan uterus atau rahim yang terus membesar memberikan penekanan pada kandung kemih di depannya. Kapasitas kandung kemih menjadi lebih sedikit sehingga ambang batas pengeluaran urin menjadi lebih rendah. Ibu hamil akan merasakan frekuensi BAK nya semakin sering.

Untuk membedakannya sebenarnya sama saja dengan orang yang tidak dalam kehamilan. Evaluasi dan penilaian gejala nyeri yang menyertai kondisi anyang-anyangan menentukan apakah anyangan yang dirasakan adalah infeksi saluran kencing saat masa kehamilan atau merupakan hal yang normal selama waktu hamil.

Bilamana Anda tetap bingung dalam menentukan perbedaan anyang anyangan hamil dan infeksi saluran kemih maka alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan penunjang infeksi saluran kemih seperti urinalisis atau USG kepada Anda.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Jangan lupa share!

Baca juga:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Perbedaan Anyang Anyangan Dan Infeksi Saluran Kemih"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>