Benarkah Batugin Untuk Infeksi Saluran Kemih ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah Batugin Untuk Infeksi Saluran Kemih ?

Penjelasan tentang kebenaran batugin untuk infeksi saluran kencing (ISK) - Salah satu pertanyaan yang muncul ke redaksi kami tantang apakah batugin untuk infeksi saluran kemih atau tidak. Nah, untuk menjawab pertanyaan ini maka kita wajib tahu apa itu batugin dan kandungannya serta apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari nya.

batugin-untuk-infeksi-saluran-kemih
gambar obat batugin elixir untuk infeksi saluran kencing

Batugin adalah jenis obat yang biasanya digunakan untuk meluruhkan batu yang terbentuk di urin atau sepanjang saluran kemih. Obat ini merupakan kombinasi dari ekstrak tanaman herbal daun tempuyung dan daun kejibeling.

Obat ini dikemas dalam bentuk sirup oleh pabrik PT. Kimia Farma. Ini adalah jenis obat golongan bebas sehingga dapat dibeli langsung di apotik tanpa menggunakan resep dokter. Walaupun golongannya bebas, pengguna tetap harus meminumnya sesuai dengan anjuran label obat atau dokter.

Bagaimana Cara Kerja Obat Batugin?

Batugin ini memiliki mekanisme kerja sesuai dengan ekstrak bahan-bahan herbal penyusunnya, yaitu:
1. Sonchus arvesis folium
Ini merupakan bahan ekstrak dari daun tumbuhan tempuyung atau sanchous arvesis. Zat ekstrak ini dikenali mampu membantu dalam proses pengikisan endapan batu yang terbentuk dari garam kalsium oksalat di parenkim ginjal, empedu, maupun saluran kencing.

2. Strobilanthi crispus folium
Ini adalah ekstrak dari daun tumbuhan keji beling yang dikenali memiliki khasiat sebagai obat anti diabetes melitus, anti oksidan, dan juga anti mikroba. Selain itu, senyawa kalium yang didapat dari ekstrak tumbuhan ini bertindak sebagai diuretik sehingga bisa melarutkan batu garam kalsium oksalat di ginjal dan saluran kemih.

Manfaat Batugin Untuk ISK

Obat batugin elixir untuk infeksi saluran kencing memang bisa saja dipakai sebagai obat anti mikroba. Namun, efeknya yang relatif lemah membuat obat ini hanya memiliki manfaat pada ISK yang ringan. Untuk kasus infeksi pada kandung kemih dan ISK bagian atas kurang menunjukkan hasil yang efektif. Oleh karena itu, dokter biasanya memberikan antibiotik untuk membunuh kuman penyebab ISK.

Nah kesimpulannya memang ada manfaat batugin untuk ISK akan tetapi khasiatnya lebih rendah. Batugin elixir yang ada di pasaran lebih difokuskan untuk mengobati penyakit batu ginjal atau batu saluran kemih lainnya.

Oleh karena itu, bilamana Anda memiliki penyakit ISK sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda sehingga dapat ditentukan jenis ISK yang dialami berdasarkan klasifikasi infeksi saluran kemih. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Bacaa juga:
👉 Penyebab kencing terus terusan
Sumber:
Penelitian batugin obat infeksi saluran kencing
Honest Doc: batugin elixir untuk infeksi saluran kencing
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Benarkah Batugin Untuk Infeksi Saluran Kemih ?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>