Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Tips cara mengatasi telinga kemasukan air - Blog Kedokteran dan Kesehatan. Berenang merupakan suatu pilihan olahraga untuk menjaga kebugaran. Olahraga ini akan mendatangkan banyak manfaat bilamana dilakukan secara teratur. Namun, seringkali orang yang berenang secara rutin mengeluhkan kemasukan air ke telinga, khususnya bagi mereka yang tidak menggunakan penutup telinga.

cara mengobati telinga kemasukan air dan berdengung

Air yang masuk ke telinga dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan peningkatan risiko peradangan. Bila terjadi berulang-ulang akan memungkinkan terkena penyakit infeksi saluran telinga. Peradangan yang umum terjadi adalah otitis eksterna, yaitu peradangan telinga bagian luar. Namun, bilamana tidak ada pencegahan dan tatalaksana yang baik maka berkemungkinan menjadi otitis media, yaitu penyakit infeksi telinga bagian tengah.

Nah, artikel ini akan membahas tentang tips cara mengatasi telinga kemasukan air saat mandi atau berenang. Namun, sebelum ulasan lebih lanjut tentang hal itu, mari kita kenali dulu gejala dari peradangan dan infeksi telinga.

Gejala Infeksi Akibat Telinga Kemasukan Air

Awal kemasukan air, gejalanya hanya bersifat ringan. Namun, bila tidak mendapatkan penanganan yang efektif maka akan menyebar dan bertambah parah. Di bawah ini akan dijelaskan gejala dan tanda infeksi berdasarkan tingkat keparahan.

Gejala Ringan
  • Telinga terlihat kemerahan.
  • Nyeri timbul saat daun telinga ditarik.
  • Keluar cairan bening tanpa bau dari telinga.
  • Gatal di saluran telinga.


Gejala Menengah
  • Kemerahan pada telinga semakin luas.
  • Rasa nyeri semakin meningkat, nyeri juga dirasakan saat mengunyah.
  • Cairan yang keluar bertambah banyak bahkan terkadang juga nanah.
  • Terjadi gangguan pendengaran.
  • Rasa gatal semakin bertambah berat.


Gejala Berat
  • Nyeri yang dirasakan menyebar ke daerah mata, wajah, dan leher.
  • Kemerahan pada telinga diikuti oleh pembengkakan bagian luar telinga.
  • Penyumbatan saluran telinga secara keseluruhan oleh cairan dan pembengkakan.
  • Demam.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga.


Tutorial Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air Alami

Tindakan ini adalah suatu usaha pencegahan. Pencegahan dilakukan agar terhindar dari gejala radang dan infeksi. Beberapa hal yang mungkin dilakukan akan dijelaskan seperti di bawah ini. Jika sudah mulai dirasakan gejala seperti yang telah dijelaskan di atas maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Disarankan untuk segera mengeluarkan air dari dalam telinga agar masalah tidak berkembang. Cara melakukannya pun harus hati-hati karena tindakan sembrono justru akan mempercepat terjadinya proses peradangan dan infeksi. Simak cara-cara di bawah ini.

1. Lap telinga dengan kain
Segera lap telinga dengan menggunakan kain lembut yang bersih. Pengelapan dimulai dari bagian telinga luar hingga pangkal saluran telinga jika memungkinkan. Jangan terlalu mendorong kain ke dalam telinga karena akan dapat menimbulkan iritasi saluran telinga.

2. Miringkan kepala
Miringkan kepala Anda agar proses pengeringan pangkal saluran telinga lebih optimal. Air akan turun ke tempat yang lebih rendah. Tarik daun telinga sedikit untuk meluaskan saluran telinga. Buat hentakan halus dengan lompatan-lempatan kecil bila memungkinkan.

3. Berbaring miring
Anda juga dapat membuat posisi berbaring miring dan biarkan dalam beberapa menit untuk mendapatkan manfaat gravitasi. Biasanya air akan keluar secara perlahan. Namun, kadangkala air tidak keluar bila saluran telinga dipenuhi oleh gumpalan serumen (serumen prop). Air akan tertahan karena diserap oleh gumpalan ini. Dalam hal ini, Anda perlu bantuan dokter untuk pembersihan serumen.

4. Menguap
Menguap adalah suatu usaha untuk membuka saluran eustachius sehingga menyamakan tekanan udara dalam dan luar telinga. Usaha ini juga akan memudahkan untuk mengeluarkan air dari dalam saluran telinga. Selain itu, gerakan ini juga akan mengurangi ketegangan saluran telinga dan telingan bagian tengah. Cara yang mirip dengan ini adalah gerakan mengunyah dan menelan

Tips cara mengatasi telinga kemasukan air dan berdengung di atas hanyalah suatu usaha pencegahan. Anda harus mengenal dan memahami gejala dan tanda pada bagian telinga Anda. Bila dirasakan berat, sebaiknya disarankan untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan dari dokter. Penanganan yang cepat dan tepat akan mengurangi komplikasi penyakit.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>