Tips Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami

Tutorial cara mengobati vertigo secara alami dan cepat - Blog Kedokteran dan Kesehatan. Vertigo sering diartikan sebagai pusing yang berputar. Penderita penyakit ini akan mengalami sensasi  dirinya atau lingkungan sekitarnya terasa berputar-putar hingga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan.

Orang awam sering menyebut ini sebagai penyakit pusing tujuh keliling. Hal ini akan menyebabkan gangguan aktivitas baik aktif maupun pasif. Tidak hanya berdiri, pada posisi duduk atau berbaring pun gejala pusing berputar dapat timbul.

Penyebab Vertigo dan Cara Penyembuhannya

Sering kali sebagai penyebab nya adalah adanya gangguan dalam telinga. Beberapa penyebab tersering yang kami kutip dari situs kesehatan WebMD, antara lain:

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)
Pernyakit ini muncul bilamana ada gangguan pada partikel kalsium kecil (kanalit) yang menggumpal pada kanal telinga bagian dalam. Bagian ini berperan dalam pengiriman sinyal ke otak tentang gerakan kepada dan tubuh yang berkaitan dengan gravitasi. Ini membantu dalam memperoleh keseimbangan.

2. Penyakit Meniere
Penyakit ini timbul sebagai akibat dari gangguan telinga bagian dalam dimana terjadi penumpukan cairan dan perubahan tekanan dalam telinga. Selain gejala pusing berputar, penyakit ini juga menyebabkan munculnya suara bising dalam telinga (sering disebut dengan tinitus) hingga kehilangan pendengaran.

3. Vestibular Neuritis/ Labyrinthitis
Ini adalah penyakit infeksi pada telinga bagian dalam. Infeksi menyebabkan peradangan yang mengenai bagian saraf yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan.

Penyebab Vertigo dan Akibatnya Yang Lain
Selain ketiga penyakit di atas, faktor lain yang dapat menyebabkan vertigo akan tetapi dalam angka kejadian yang jarang adalah adanya cedera kepala atau bagian leher, masalah otak (misalnya penyakit stroke atau tumor), pemakaian obat-obatan yang merusak telinga (ototoksik), atau penyakit migrain headache (sakit kepala sebelah).

Tips Cara Menyembuhkan Vertigo Secara Alami

Bilamana Anda adalah orang yang memiliki risiko rentan terkena penyakit vertigo ini, simak beberapa hal yang perlu dipahami. Informasi ini kami kutip dari Mayo Clinic, antara lain:

  • Selalu waspada terhadap keadaan kehilangan keseimbangan yang dapat berakibat fatal (terjatuh dan cedera yang serius).
  • Ambil posisi seimbang (duduk atau berbaring) atau raih benda sekitar apabila gejala pusing berputar mulai dirasakan.
  • Gunakan lampu dengan intensitas cahaya yang cukup dan baik untuk memastikan penerangan yang baik, terutama saat Anda baru bangun tidur.
  • Konsultasikan dengan dokter keluarga bilamana memiliki riwayat vertigo yang berat.
  • Pelajari dan pahami empat manuver mengatasi vertigo di bawah ini.

Tutorial Manuver Cara Menghilangkan Vertigo Secara Alami dan Cepat

Untuk menghilangkan sensasi pusing berputar yang kadang kala menyebabkan muntah dan gangguan keseimbangan, ada 4 tindakan ampuh yang secara medis telah dibuktikan. Tindakan ini juga cukup sering dilakukan oleh dokter dalam metode pengobatan penyakit vertigo ini.

1. Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dengan Manuver Epley
Bila sumber vertigo ada pada telinga kiri:

  • Posisi duduk di pinggir kasur. Menoleh 45 derajat ke arah kiri.
  • Segera berbaring dengan kepala menggantung 15 derajat. Anda dapat juga menggunakan bantal sebagai sandaran bahu agar kepala dapat menggantung. Tetap dalam posisi ini sedikitnya 30 detik.
  • Menoleh ke arah kanan 90 derajat dan pertahankan posisi selama 30 detik.
  • Putar kepala dan sumbu tubuh ke arah kanan hingga mata dapat melihat lantai. Pertahankan posisi ini selama 30 detik.
  • Secara perlahan duduk kembali dan posisi kepala lurus. Tetaplah di kasur untuk beberapa menit.

Bila sumber vertigo ada pada telinga kanan:
Lakukan seperti langkah-langkah di atas, akan tetapi lakukan secara berlawanan.

Anda dapat mencoba manuver ini untuk penyakit vertigo dengan derajat pusing yang ringan. Lakukan gerakan ini selama sedikitnya 3 kali sebelum tidur. Anda dapat melakukannya setiap malam sampai merasakan keluhan hilang.

Bila Anda memiliki riwayat serangan vertigo yang akut dan hebat, sebaiknya jangan melakukan manuver ini di rumah. Disarankan untuk konsultasi dengan dokter dan biarkan dokter yang memutuskan untuk melakukannya kepada Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video di bawah ini.

Video Manuver Epley Pada Vertigo

2. Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami dengan Manuver Semont
Bila penyebab pusing berasal dari telinga sisi kiri:

  • Posisi duduk pada pinggir kasur. Menoleh 45 derajat ke arah kanan.
  • Segera berbaring ke sisi kiri dan tunggu selama 30 detik.
  • Berbaring pada arah yang berlawanan dengan tetap mempertahankan posisi kepala dan tunggu selama 30 detik.
  • Kembali duduk secara perlahan dan tunggu dalam beberapa menit.


Bila penyebab pusing berasal dari telinga sisi kanan:
Lakukan seperti halnya langkah di atas, akan tetapi menggunakan arah yang berlawanan.

Seperti halnya manuver epley, gerakan pada manuver semont ini dapat dilakukan pada vertigo dengan derajat ringan. Ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali sehari hingga gejala dan keluhan vertigo menghilang. Disarankan untuk melakukan gerakan ini dalam pengawasan dokter bilamana seringkali dijumpai riwayat vertigo dengan serangan hebat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini.

Video Manuver Semont Pada Vertigo

3. Cara Menghilangkan Vertigo Secara Alami dengan Manuver Foster/ Half Somersault
Sebagian orang mengatakan bahwa gerakan manuver ini cukup mudah untuk dilaksanakan:

  • Ambil posisi berlutut dan lihat ke arah atas (langit-langit) dalam beberapa detik.
  • Sentuh lantai dengan kepala (seperti bersujud) hingga dahi menempel lantai. Tunggu selama 30 detik.
  • Menoleh ke arah telinga yang terganggu (atau bila pusing sebelah kiri maka menoleh ke arah kiri). tunggu selama 30 detik.
  • Angkat kepala hingga pada posisi lurus horizaontal dengan punggung. Pertahankan kepala tetap pada sudut 45 derajat. Tunggu selama 30 detik.
  • Angkat kepala hingga pada posisi teratas, namun tetap menjaga kepala menghadap bahu sama dengan posisi telinga yang terganggu. Kemudian, bangun secara perlahan.
  • Gerakan  ini dapat diulang beberapa kali agar pusing yang dirasakan berkurang. Usahakan menyediakan waktu istirahat antara kedua jeda gerakan.


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah ini.
Video Manuver Foster atau Half Somersault

Nah, itu tadi penjelasan tentang cara ampuh mengobati vertigo secara alami dan cepat. Gerakan manuver ini sudah banya dilakukan oleh dokter kepada para pasiennya. Untuk penggunaan metode ini secara mandiri di rumah sebaiknya hanya dilakukan pada vertigo yang memiliki keluhan yang ringan. Silahkan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter keluarga Anda tentang praktek gerakan manuver ini secara mandiri di rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan informasi kesehatan ini kepada keluarga dan teman-teman Anda
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Tips Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>