Penyakit Pada Saat Puasa Yang Sering Muncul - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Pada Saat Puasa Yang Sering Muncul

Puasa adalah ibadah yang dapat juga mendatangkan manfaat kesehatan. Puasa telah mendapatkan poin positif dari banyak pakar kesehatan. Puasa yang rutin dan teratur akan mampu membakar lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh serta meningkatkan fungsi kinerja otak.

Penyakit Pada Saat Puasa


Namun, seringkali orang mengeluhkan sakit pada saat berpuasa. Hal ini sebenarnya lebih dikarenakan oleh proses adaptasi atau pola makan yang salah selama berpuasa. Nah, beberapa penyakit pada saat puasa yang sering timbul selama proses adaptasi ini antara lain:

Daftar Penyakit Pada Saat Puasa Yang Sering Timbul

Beberapa gangguan kesehatan yang sering diderita oleh orang-orang yang belum terbiasa berpuasa antara lain:
1. Sakit Kepala
Kenapa sering sakit kepala ketika waktu puasa? Bagaimana tips mengatasi dan meredakan sakit kepala saat puasa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sakit kepala bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Penyebab sering sakit kepala saat puasa adalah karena adaptasi kebiasaan berpuasa ini. Gangguan kesehatan ini akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan adaptasi oleh tubuh.

Sakit kepala ini biasanya terjadi karena adanya gangguan pola tidur yang membuat otak tidak terlalu siap untuk rutinitas harian seperti sebagaimana biasanya. Kuantitas waktu tidur dapat berkurang karena harus bangun lebih dini untuk makan sahur.

Tips cara menghilangkan rasa sakit kepala saat puasa sebenarnya cukup mudah. Kurangilah aktivitas di awal malam hari. Biasakan untuk segera tidur setelah selesai melaksanakan sholat tarawih. Usahakan untuk tidak tidur setelah selesai makan sahur untuk menjaga ritme kerja otak. Dengan demikian waktu tidur yang efektif akan didapatkan walaupun harus bangun lebih awal.

Pada orang-orang yang telah terbiasa dengan kuantitas waktu tidur yang sedikit, tentunya adaptasi ini tidak akan menimbulkan banyak gangguan. Keluhan sakit kepala tidak akan muncul atau hanya berderajat ringan karena tubuh dan otak sudah adaptasi.

Simak juga penyebab sakit kepala lainnya:

Penyakit Pada Saat Puasa Lainnya

2. Asam Lambung
Penyakit asam lambung cukup sering dialami oleh banyak orang. Penyakit ini dikenal juga dengan nama penyakit maag. Penyakit ini berhubungan dengan kadar asam di dalam lambung.

Umumnya penyakit asam lambung ini akan muncul karena perut kosong. Perut yang kosong akan meningkatkan gas dan asam lambung sehingga dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati. Nyeri ulu hati ini tidak jarang juga menimbulkan sakit kepala dan mual saat puasa.

Keluhan ini biasanya terjadi pada masa-masa awal puasa. Seiring berjalannya waktu keluhan akan berkurang, tetapi sebagian kecil kasus tetap bertahan. Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Yuk simak di bawah ini:
  • Kurangi makan makanan yang dapat menimbulkan gas berlebihan saat makan sahur, misalnya umbi-umbian.
  • Jangan memikirkan tentang makanan di saat berpuasa. Pemikiran ini akan memicu otak yang membuat respon menaikkan asam lambung. Jika lambung tetap kosong padahal asam lambung sudah naik maka hal ini akan menimbulkan nyeri ulu hati.
  • Konsumsi obat-obat pelindung lambung saat berpuasa apabila memiliki riwayat penyakit asam lambung dengan kejadian kekambuhan yang cukup sering.
  • Hindari berbuka dengan minuman es dan dingin.
Baca juga:


3. Sakit Tenggorokan
Tidak jarang orang mengalami sakit tenggorokan saat berpuasa. Hal ini dikarenakan tenggorokan mengalami kekeringan saat berpuasa. Tenggorokan yang kering akan cukup sering menimbulkan rasa nyeri pada tenggorokan, terutama saat menelan.

Nah, itu tadi penjelasan tentang berbagai penyakit pada saat puasa yang seringkali timbul. Silahkan persiapkan diri Anda dan jaga kesehatan selama berpuasa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ini ke orang-orang yang Anda sayangi.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Penyakit Pada Saat Puasa Yang Sering Muncul"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>