Bahaya Asam Lambung Naik dan Cara Pencegahan nya - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Asam Lambung Naik dan Cara Pencegahan nya

Bahaya asam lambung naik dan cara pencegahan asam lambung menjadi hal yang harus diketahui dewasa ini. Apakah Anda pernah mengalami perasaan seperti terbakar di daerah dada? Bisa jadi, hal tersebut disebabkan karena asam lambung mengalami kenaikan ke kerongkongan. Banyak yang mengira jika gejala asam lambung naik merupakan serangan jantung.
Bahaya asam lambung

Hal tersebut disebabkan karena gejalanya yang sama-sama menyebabkan nyeri pada dada. Sebenarnya, asam lambung bukan menjadi penyakit mematikan. Walaupun demikian, Anda harus mewaspadai kemunculan penyakit ini. Ini dikarenakan asam lambung dapat memunculkan komplikasi yang begitu berbahaya.

Asam lambung adalah gangguan pencernaan. Salah satu tanda yang muncul adalah kenaikan zat asam lambung dalam kerongkongan. Kenaikan asam lambung ini bisa mengiritasi esofagus si pengidap. Tingkat kenaikan serta keparahan dari asam lambung tergantung dari kelemahan otot LES dan jumlah dari cairan. 

Sebenarnya, ada beberapa faktor risiko yang menjadi penyebab kenaikan asam lambung seperti obesitas, mengalami hernia, kehamilan serta gangguan jaringan ikat. Sedangkan, faktor yang bisa membuat asam lambung menjadi buruk seperti merokok, makan dengan jumlah yang besar hingga mengonsumsi makanan berlemak. Sebenarnya, apa bahaya asam lambung atau cara pencegahan asam lambung?

Bahaya Penyakit Asam Lambung

Menurut DrZuhdy.com, bila kondisi dari penyakit ini tidak ditangani dengan baik, peradangan yang berada di tenggorokan bisa terjadi kapan saja. Bahkan, seiring dengan berjalannya waktu, peradangan secara kronis akan berkembang dan akhirnya muncul komplikasi baru. Komplikasi dari penyakit asam lambung ini seperti.

Pertama, penyempitan kerongkongan. Peradangan yang terjadi di bagian kerongkongan akan menyebabkan jaringan parut terbentuk, jaringan parut ini akan mempersempit jalur makanan, dan akhirnya pengidap menjadi kesulitan untuk menelan. Selain itu asam lambung juga dapat menyebabkan luka terbuka yang ada di kerongkongan.

Asam lambung akan menghilangkan jaringan yang ada di kerongkongan serta menjadi penyebab terbukanya luka. Bagian kerongkongan bisa berdarah dan menimbulkan rasa yang begitu sakit, akhirnya pengidap mengalami kesulitan untuk menelan makanan.Terakhir, adanya perubahan prakanker di bagian esofagus.

Jika kerongkongan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh refluks asam lambung, hal ini bisa menyebabkan perubahan jaringan, perubahan tersebut berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kanker kerongkongan. Jadi, siapa yang menyangka jika ternyata penyakit asam lambung ini begitu serius dan dapat menyebabkan komplikasi yang tidak main-main.

Pencegahan Asam Lambung

Mengenal bahaya asam lambung atau cara pencegahan asam lambung menjadi hal yang harus dilakukan. Lantas, bagaimana cara untuk mencegah asam lambung mengalami kenaikan? Pertama, rutin mengonsumsi air putih. Jika Anda sering merasakan kenaikan asam lambung, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan mengonsumsi air putih.

cara pencegahan asam lambung

Kedua, hindari makan secara berlebihan. Ketika proses makan, bagian kerongkongan nantinya terbuka sampai di perut. Di dalam tenggorokan, kita bisa menemukan otot yang memiliki bentuk layaknya cincin, otot tersebut bertugas sebagai katub, sehingga kenaikan asam lambung dapat dicegah, biasanya si penderita mengalami pelemahan otot saat makan.

Ketiga, jangan tidur setelah makan. Bila Anda sudah mempunyai riwayat asam lambung, posisi tubuh sesudah makan harus diperhatikan dengan baik. Beri waktu agar makanan yang sudah dikonsumsi berada di dalam lambung dan tak keluar dari tenggorokan. Oleh karena itu, lebih baik jangan tidur sesudah makan.

Anda bisa menunggu 2 hingga 3 jam sesudah makan, baru berbaring. Hal tersebut berhubungan dengan efek gravitasi, karena bisa membantu terhindar dari risiko asam lambung yang terus menerus meningkat. Selain itu untuk jenis makanan, Anda dapat menghindari makanan yang mengandung lemak.

Keempat, turunkan berat badan. Mempunyai berat badan berlebih menjadi salah satu faktor risiko kenaikan asam lambung. Agar bisa menghindari hal semacam ini terjadi, Anda harus menurunkan berat badan. Usahakan memiliki badan yang ideal, sehingga risiko kenaikan asam lambung bisa menjadi semakin diperkecil lagi.

Sebenarnya, bila sudah mengenal dan mengetahui cara pencegahannya dengan baik, risiko kenaikan asam lambung bisa semakin diperkecil. Hanya tinggal kita sendiri saja yang harus rajin dan rutin mengontrol kesehatan. Selain itu jangan lupa melakukan olahraga secara teratur. Jadi, perhatikan bahaya asam lambung atau cara pencegahan asam lambung dengan baik!

Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Bahaya Asam Lambung Naik dan Cara Pencegahan nya"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>