Berapa Lama Waktu Agar Wanita Bisa Hamil ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Waktu Agar Wanita Bisa Hamil ?

Berapa lama waktu untuk hamil setelah berhubungan? Berapa hari untuk mengetahui hamil atau tidak setelah berhubungan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering muncul pada pasangan yang baru saja menikah.

Berapa lama waktu untuk hamil setelah berhubungan
gambar alat tes kehamilan

Memang tidak ada yang dapat dan mampu memastikan berapa lama tempo untuk seorang wanita akan mendapatkan kehamilan. Namun, pada tulisan ini akan dijelaskan berapa lama biasanya pasangan akan mendapatkan kehamilan dan bagaimana kiat dan cara untuk mencoba membuatnya lebih cepat.

Berapa Lama Waktu Untuk Hamil

Berapa lama waktu untuk mengetahui hamil setelah berhubungan? Pada umumnya pasangan yang baru saja menikah akan mendapatkan kehamilan dalam tempo tiga bulan selepas berhubungan. Pada pasangan lain bisa saja berbeda tergantung pada usia perempuan (lebih lama jika lebih tua), kebiasaan yang mengganggu kesuburan (seperti merokok), atau memang memiliki gangguan kesuburan.

Berikut ini data durasi dan masa untuk mendapatkan kehamilan dari semua pasangan yang berupaya untuk hamil:
  • Sebanyak 30 persen hamil dalam siklus pertama (satu bulan sejak berhubungan).
  • Sebanyak 60 persen hamil dalam tiga siklus (tiga bulan sejak berhubungan).
  • Sebanyak 80 persen hamil dalam enam siklus (enam bulan sejak berhubungan).
  • Sejumlah 85 persen hamil dalam 12 siklus (satu tahun sejak berhubungan).
  • Sejumlah 91 persen hamil dalam 36 siklus (tiga tahun sejak berhubungan).
  • Sejumlah 93 hingga 95 persen hamil dalam 48 siklus (empat tahun sejak berhubungan).


Bila pasangan telah mencoba untuk hamil dalam periode waktu satu tahun, tetapi belum menunjukkan hasil maka disarankan untuk mencari bantuan dokter spesialis kandungan. Sebenarnya bukan salah juga menunggu, akan tetapi sebaiknya mencari tahu sedini mungkin apa penyebab tidak hamil dalam satu tahun pertama tersebut agar tenggat waktu tiada terbuang percuma. Pasangan juga harus lebih aktif dalam mencari tahu lebih awal tentang informasi seputar kehamilan.

Wanita yang kawin di usia 35 tahun atau lebih dianjurkan untuk memeriksa kesuburannya lebih dini. Konsultasikan dengan dokter spesialis bilamana Anda tidak juga "bunting" dalam kurun waktu 6 bulan sejak berhubungan.

Umumnya sebanyak 80 sampai 90 persen perempuan dari suatu pasangan akan mendapatkan kehamilan secara alami. Sepuluh persen sisanya akan didiagnosis dengan infertilitas. Dari jumlah 10 persen ini ada sebanyak 93 sampai 95 persen akan mendapatkan kehamilan secara alami (dalam waktu lama) dan memperoleh kehamilan dengan bantuan medis.

Diagnosis infertilitas ditegakkan pada pasangan yang telah mencoba untuk hamil dalam satu tahun pertama, akan tetapi tidak membuahkan hasil. Banyak pasangan yang telah didiagnosis infertilitas tetap mendapatkan kehamilan pada waktu-waktu berikutnya baik secara alami maupun bantuan medis. Jadi, jangan berkecil hati bila didiagnois dokter sebagai infertilitas karena sebenarnya diagnosis infertilitas ini ada pembagiannya lagi.

Bagaimana Usia Dapat Mempengaruhi Tingkat Kehamilan?

Apakah faktor usia mempengaruhi kehamilan? Apakah semakin tua seseorang maka semakin lama mendapatkan kehamilan? Jawabnya ya, karena ini dikaitakan dengan penurunan kualitas sel telur seiring dengan pertambahan usia wanita. Tidak hanya itu, jumlah sel telur perempuan akan bertambah sedikit seiring dengan pertambahan umur. Sementara itu pada kaum pria tidak seperti itu. Laki-laki memiliki tingkat kesuburan yang tidak cendrung turun hingga pada umur 50 tahun.

Apakah faktor usia mempengaruhi kehamilan
gambar pemeriksaan pada masa kehamilan

Mari kita lihat rincian persentase wanita yang mendapatkan kehamilan sehabis dalam tempo satu tahun berhubungan berdasarkan umur nya.
  • Dalam waktu satu tahun, sebanyak 86 persen wanita yang berusia di awal 20 tahun-an akan mendapatkan kehamilan.
  • Angka persentase menurun menjadi sekitar 63 persen perempuan yang berumur di awal 30 tahun-an akan memperoleh kehamilan.
  • Angka menurun kembali menjadi kira-kira 36 persen wanita yang memiliki usia 40 tahun-an akan mengalami kehamilan.
  • Dan pada perempuan yang berumur di atas 45 tahun, hampir 0 persen yang memperoleh kehamilan secara alami.


Bisakah Mempercepat Waktu Untuk Hamil?

Ini juga merupakan pertanyaan yang umum pada pasangan. Jawabannya adalah ya. Perempuan apda suatu pasangan bisa berbadan dua lebih segera dengan beberapa langkah yang akan disebutkan di bawah ini.

Pertama, pelajari dan cari tahu kapan waktu ovulasi Anda
Seorang wanita akan berbadan dua saat berhubungan sewaktu masa ovulasi. Ovulasi adalah tahapan dimana terjadi pelepasan sel telur dari ovarium perempuan. Ada banyak artikel tentang bagaimana mencari dan menentukan ovulasi dan masa subur. Kami akan memberikan link nya di bawah ini, silahkan klik dan dibaca:

Langkah selanjutnya, intens kan untuk berhubungan selama waktu ovulasi. Banyak penelitian yang menunjukkan hasil bahwa perempuan lebih cepat berbadan dua saat berhubungan bertepatan dengan waktu ovulasi. Para ahli menarik kesimpulan dari berbagai studi bahwa waktu yang paling baik untuk berhubungan adalah dua hari sebelum mulai ovulasi sampai pada hari ovulasi.

Berikut ini persentase kenaikan tingkat kehamilan pasangan yang mengatur hubungan sesuai dengan waktu ovulasi:
  • 38 persen wanita akan hamil setelah satu siklus (naik dari 30 persen).
  • 68 persen perempuan hamil setelah tiga siklus (naik dari 60 persen).
  • 81 persen wanita akan hamil sehabis enam siklus (naik dari 80 persen).
  • 92 persen perempuan akan hamil sehabis 12 siklus (naik dari 91 persen).


Langkah selanjutnya adalah pahami dan cari tahu tentang pentingnya waktu berhubungan dan waktu untuk konsepsi. Anda boleh mengikuti kuis di bawah ini untuk mengetahui pemahaman Anda. Kuis berbahasa Inggris, silahkan klik link di bawah untuk mengikuti kuisnya.

Langkah berikutnya adalah persiapkan tubuh Anda. Kehamilan yang baik harus didukung oleh tingkat kesehatan umum dan kesehatan reproduksi yang baik pula. Berhentilah dari kebiasaan yang merusak tubuh seperti merokok, konsumsi alkohol, konsumsi kafein dalam jumlah tinggi. Pelajari kebutuhan nutrisi dan gizi pada masa sebelum dan saat kehamilan. Pelajari juga bagaimana berat badan mempengaruhi kemungkinan untuk "bunting'.

Mempercepat Waktu Untuk Hamil
jangan merokok saat periode hamil

Nah, itu tadi tulisan tentang berapa lama waktu seorang perempuan untuk mendapatkan kehamilan. Silahkan dibagikan kepada keluarga, kerabat, dan teman Anda. Mudah-mudahan bermanfaat.

Sumber:

Post a Comment for "Berapa Lama Waktu Agar Wanita Bisa Hamil ?"