Kenali Tanda Tanda Hamil Kosong Pada Bumil Sebelum Keguguran - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Tanda Tanda Hamil Kosong Pada Bumil Sebelum Keguguran

Pengenalan tanda tanda hamil kosong bagi pasangan suami istri - Pernahkah Anda merasa gejala hamil dan perut semakin membesar, akan tetapi ketika di USG oleh dokter tidak ditemukan janin?

Jangan terlalu terburu-buru memberi penilaian bahwasanya janin tersebut diambil oleh makhluk halus. Banyak juga masyarakat yang menghubungkannya dengan dunia mistis. Simak terlebih dahulu pembahasan di bawah ini.

Pengertian Hamil Kosong
Kehamilan kosong adalah suatu keadaan dimana rahim sang wanita yang sedang mengalami kehamilan ternyata tidak memiliki embrio atau zigotnya tidak berkembang. Kantung kehamilan tidak berisi calon janin seperti kehamilan normal lainnya. Dalam dunia kedokteran, kehamilan kosong ini disebut dengan blighted ovum.

Penyebab Kehamilan Kosong
Penyebab hamil kosong ini belum diketahui secara pasti. Banyak ahli berpendapat bahwa hal ini diakibatkan oleh gangguan kromosom atau gen pada embrio.

Berbagai hal dapat menimbulkan kelainan kromosom ini, salah satunya adalah kualitas sel sperma atau sel telur yang tidak baik. Zigot (hasil pertemuan sel sperma dan sel telur) pun tidak membelah  dan tumbuh dengan baik dan sempurna.

Kehamilan kosong ini adalah hal yang seringkali mengakibatkan terjadinya keguguran. Dari sisi medis, hampir belum ada hal yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan kehamilan kosong ini.

Risiko terjadinya hamil kosong ini akan meningkat pada pasangan yang berasal dari hubungan darah, seperti sepupu. Oleh karena itu, banyak yang melarang pernikahan sedarah ini. Namun, hal ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Bagaimana Tanda Tanda Hamil Kosong Ini?

Sebenarnya tidak ada ciri ciri hamil kosong yang khusus. Seperti kebanyakan gejala pada kehamilan normal, pada blighted ovum ini juga akan dirasakan gejala mual dan muntah (morning sickness), perut semakin membesar, tidak mengalami menstruasi, dan bahkan tes kehamilan melalui urin (tespek) pun nilainya menunjukkan adanya kehamilan.

Tidak ada ciri ciri dan tanda tanda khusus seorang wanita mengalami kehamilan kosong. Keadaan ini hanya bisa ditentukan dengan melakukan USG. Dari hasil USG inilah akan terlihat apakah ada pertumbuhan dan perkembangan di kantung embrio. Bila tidak ada maka diagnosis blighted ovum dapat ditegakkan.

usg-tanda-tanda-hamil-kosong
gambar hasil USG Blighted Ovum

Nyeri dan kram perut sering dianggap sebagai gejala dan ciri ciri hamil kosong oleh sebagian orang yang awam akan kesehatan. Apalagi didukung dengan adanya flek darah yang keluar dari kema*uan wanita. Sebenarnya ini bukanlah gejala pertanda kehamilan kosong. Ini adalah gejala yang menunjukkan telah terjadi keguguran (abortus) yang sebagian besar akan dialami oleh blighted ovum ini.

Nah, bila mengalami kehamilan kosong jangan langsung cepat-cepat melakukan klaim adanya campur tangan makhluk halus. Disarankan kepada Anda untuk rajin melakukan USG terutama pada trimester awal. Dengan melakukan USG maka akan cepat diketahui keadaan calon janin, bukan hanya blighted ovum, tetapi juga kondisi medis lainnya.

Sumber:
Halodoc
Alodokter
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kenali Tanda Tanda Hamil Kosong Pada Bumil Sebelum Keguguran"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>