Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah Temporomandibula - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah Temporomandibula

Pertanyaan seputar jenis dan tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah hal yang cukup banyak ingin diketahui masyarakat, khususnya para murid sekolah. Nah, pada artikel ini kita akan mengenali tipe dan jenis persendian yang ada di rahang manusia.

Fungsi kedua rahang, yaitu rahang atas dan bawah tidak bisa dilepaskan dari keberadaan sendi temporomandibula. Sesuai dengan namanya, sendi ini menghubungkan antara tulang temporal dari tengkorak dan tulang mandibula (rahang bawah).

gambar-tipe-persendian-yang-terdapat-pada-rahang
gambar ilustrasi sendi rahang

Memahami Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah TMJ

Seperti yang disebutkan di atas, sendi temporomandibula adalah sendi yang penting bagi kedua rahang. Sendi ini disebut juga dengan Temporomandibular joint (TMJ). Tipe sendi ini adalah sendi ginglymoarthrodial. Ini berarti:
  • ginglymoid: sendi bisa melakukan gerakan rotasi yang memungkinkan kita untuk melakukan gerakan mengunyah makanan, berbicara, menguap, dan lain sebagainya.
  • arthroidal: sendi bisa melakukan gerakan meluncur sehingga memungkinkan rahang bawah bergerak lebih ke depan dibandingkan rahang atas.


Otot-Otot Yang Bekerja Dalam Persendian
Ada dua kelompok otot yang berfungsi dalam proses mastikasi (pengunyahan makanan) dan berbicara, yaitu:
1. Otot-Otot Mastikasi
Otot-otot yang tergolong dan berfungsi dalam mastikasi dan berbicara adalah otot maseter, otot pterygoideus medialis dan lateralis, dan otot temporalis. Jumlah otot-otot ini masing-masing sepasang. Tiap-tiap pasang otot ini akan bekerja untuk membuka dan menutup rahang dalam proses mengeluarkan suara dan mengoklusikan gigi (mengatupkan gigi) sehingga dapat menggiling makanan menjadi lebih halus.

gambar-otot-mastikasi-dalam-persendian-rahang
gambar ilustrasi contoh otot mastikasi

2. Otot-Otot Tambahan Dalam Mastikasi
Otot-otot yang tergolong dalam kelompok ini adalah otot digastricus, otot mylohyoid, otot geniohyoid, otot infrahyoid, dan otot buccinator. Beberapa otot ini berperan dalam membantu menghaluskan gerakan rahang sehingga suara yang dihasilkan lebih jelas, mendukung pergerakan rahang bawah, memposisikan pipi saat mengunyah, dan gerakan rahang bawah meluncur (arthroidal).

Nah, itu tadi ulasan singkat tentang jenis dan tipe sendi yang terdapat pada persendian rahang manusia. Pada artikel berikutnya kami akan membahas berbagai masalah kesehatan yang dapat muncul dari sendi rahang ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah Temporomandibula"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>