Wanita Kurus Susah Untuk Hamil ? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wanita Kurus Susah Untuk Hamil ?

Apakah wanita yang berbadan kurus susah untuk hamil? Apa penyebab badan terlalu kurus sulit untuk hamil? Adakah hubungan berat badan yang kurang terhadap peluang untuk hamil? Dan masih banyak lagi pertanyaan sejenis lainnya yang biasanya muncul di benak gadis dari pasangan yang baru saja menikah atau yang sedang menanti-nanti kehadiran sang buah hati.

Wanita Kurus Susah Untuk Hamil
gambar wanita yang sedang hamil

Jawabannya adalah belum tentu!

Benarkah Wanita Badan Kurus Susah Untuk Hamil

Berat tubuh tidak akan memberikan pengaruh terhadap peluang mendapatkan kehamilan bilamana sang wanita tetap memiliki siklus menstruasi yang teratur. Siklus halangan yang teratur maksudnya periode datang bulan berjalan dengan lancar dimana haid datang dalam rentang waktu yang sama tiap bulannya dan berlangsung dengan lama yang sama di tiap bulannya. Umumnya perempuan memiliki periode menstruasi sekitar 28 hari dengan lama waktu mens 5 sampai 7 hari.

American Society of Reproductive Medicine pernah melaporkan bahwa puan yang memiliki indeks masa tubuh (BMI - Body Mass Index) sebesar 18,5 atau kurang dari itu maka bisa mengakibatkan siklus menstruasi berjalan tidak teratur dan gangguan pada proses ovulasi. Bilamana lemak tubuh kadarnya terlalu rendah maka hal ini dapat memberikan gangguan pada aliran hormon dari otak ke kelenjar pituitari yang memberitahukan ovarium agar melepaskan sel telur. Walaupun tel telurnya sehat, akan tetapi proses ovulasi tidak berjalan dengan baik.

Perawatan Wanita Kurus Agar Hamil

Bila Anda tidak mendapati siklus menstruasi Anda berjalan dengan teratur maka Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberi saran untuk latihan-latihan fisik yang dapat Anda lakukan serta saran nutrisi dan gizi yang dapat meningkatkan kadar lemak tubuh Anda. Diharapkan dengan dua hal ini dapat membantu Anda kembali memperoleh siklus haid yang reguler.

Bilamana Anda tetap juga tidak menemukan siklus menstruasi yang teratur maka disarankan untuk konsultasi yang lebih lanjut kepada dokter yang menangani masalah kesuburan. Kepada Anda akan dilakukan serangkaian pemeriksaan penyebab yang mendasari gangguan haid dan ovulasi. Beberapa kondisi yang mendasari bisa saja penyakit endometriosis atau sindrom polikistik ovarium.

Perempuan berbadan kurus memang tetap berpeluang mencapai kehamilan. Namun, ada alasan lain agar Anda memperbaiki berat badan jasmani Anda. Wanita yang mempersiapkan kehamilan seharusnya memiliki berat badan fisik yang normal. Mengapa? Oleh karena perempuan yang memulai masa kehamilannya dengan berat badan yang kurang memiliki risiko akan melahirkan bayi yang prematur atau bayi dengan berat lahir rendah (BBLR). Tentunya bayi seperti ini memiliki risiko mendapatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan di kemudian harinya.

Rajinlah untuk selalu memeriksa keadaan kehamilan Anda juga berserta keadaan Anda juga. Ketahui dan pahami berapa berat badan yang harus Anda capai seiring dengan usia kehamilan Anda. Tanyakan kepada tenaga kesehatan yang rutin memberikan perawatan ante-natal care kepada Anda.

Nah itu tadi tulisan tentang apakah wanita ber badan kurus susah untuk hamil. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan kepada keluarga, kerabat, dan teman-teman Anda.

👍 Baca juga topik terkait: Cara mengetahui waktu menstruasi dan masa subur

Sumber:

Post a Comment for "Wanita Kurus Susah Untuk Hamil ?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>