Memahami Cara Kerja Jantung Manusia - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Cara Kerja Jantung Manusia

Dengan memahami cara kerja jantung manusia maka akan semakin mudah memahami gangguan yang mungkin terjadi pada jantung. Tulisan cara kerja jantung dan fungsinya ini juga berguna bagi orang awam karena akan lebih mudah memahami penjelasan yang diberikan oleh dokter medis.

cara-kerja-jantung-beserta-gambarnya
ilustrasi gambar jantung manusia

Jantung Adalah Pompa
Jantung adalah organ yang berfungsi sebagai pompa darah guna menjaga sirkulasi oksigen dan nutrisi ke organ-organ lain. Bilamana organ-organ ini tidak mendapatkan asupan darah maka aka terjadi kerusakan pada sel dan jaringan penyusun organ.

Bagaimana Cara Kerja Jantung Manusia ?

Terdapat 4 ruangan jantung yang berperan dalam kinerja jantung. Keempat ruangan tersebut adalah atrium (serambi) jantung kanan dan kiri serta ventrikel (bilik) kanan dan kiri.

Ruangan atrium kanan akan menerima darah kotor (jumlah kandungan karbondioksida tinggi) dari seluruh jaringan tubuh. Darah dari serambi kanan ini akan dipompa ke bilik kanan lalu dipompa kembali ke paru-paru. Di organ paru-paru ini darah akan menjadi bersih (jumlah kandungan oksigen tinggi).

Darah bersih akan dialirkan ke serambi kiri lalu dilanjutkan ke ventrikel kiri. Dari bilik kiri inilah darah akan ditransfer ke seluruh jaringan tubuh untuk mencukup kebutuhan oksigen dan nutrisi.

Antara keempat ruangan jantung dan daerah di luar jantung ini dipisahkan oleh sekat dan katup. Sekat jantung memisahkan antara atrium dan atrium serta ventrikel dan ventrikel. Sementara katup jantung memisahkan antara ventrikel dan atrium juga daerah di luar jantung.

Beberapa katup tersebut antara lain:
1. Katup trikuspid
Katup trikuspidalis pada jantung terletak antara serambi kanan dan bilik kanan jantung.

2. Katup pulmonal
Katup pulmonal adalah katup yang terletak di antara jantung dan pembuluh darah menuju paru-paru.

3. Katup mitral (katup mitralis)
Katup mitral adalah yang menjadi perantara aliran antara serambi kiri dan bilik kiri jantung.

4. Katup aorta
Katup aorta adalah katup yang menjadi pemisah antara jantung dan pembuluh darah besar menuju seluruh tubuh.

Simak video katup dalam cara kerja jantung manusia di bawah ini

(video cara kerja jantung beserta gambarnya)

Gangguan Cara Kerja Jantung Pada Manusia

Gangguan pada jantung dapat terjadi di area mana saja, bisa di otot jantung, katup jantung, dan kelistrikan  jantung. Gangguan pada bagian ini akan menyebabkan komplikasi dan pengaruh terhadap kinerja pompa jantung.

Selain itu, gangguan juga dapat muncul pada bagian pembuluh darah koroner yang berperan dalam menjaga asupan darah ke sel-sel otot jantung. Gangguan yang sering timbul adalah sumbatan yang disebut aterosklerosis.

Sumbatan yang berlangsung lama akan menyebabkan otot jantung mengalami proses kematian karena kekurangan oksigen. Hal ini dapat menimbulkan penyakit jantung.

Agar kesehatan jantung terus terpelihara maka direkomendasikan untuk melakukan olahraga secara teratur, pola makan sehat, membatasi konsumsi garam, menjaga berat badan yang ideal, mengontrol nilai tekanan darah dan kolesterol, pola tidur cukup, tidak merokok dan minum alkohol.

Anda akan juga direkomendasikan untuk selalu melaksanakan pemeriksaan berkala (seperti EKG, echo, atau treadmill test) ke dokter jantung, khususnya bagi yang telah merasakan gejala telah terjadinya gangguan pada jantung, misalnya nyeri dada, sesak nafas terutama saat beraktivitas, mudah merasakan lelah, atau juga bengkak-bengkak pada area ekstremitas (kaki)

Simak juga:
👉 Faktor mempengaruhi cara kinerja jantung manusia
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Memahami Cara Kerja Jantung Manusia"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>