10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu

Sudah lumrah suatu keadaan dimana ibu menyusui mempunyai segudang pertanyaan tentang air susu ibu dan proses menyusui. Salah satunya adalah tentang apa saja jenis makanan yang bisa membuat air susu ibu menjadi banyak.

Secara umum makanan dan minuman haruslah mengandung sejumlah gizi, nutrisi, dan mineral yang penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, ibu menyusui harus menghindari sejumlah makanan dan minuman yang dapat merugikan baik bagi ibu sendiri maupun terhadap bayinya, seperti minuman beralkohol.

Nah, adakah makanan yang bisa membuat air susu ibu banyak produksinya? Mari kita simak penjabarannya di bawah ini. Untuk segudang pertanyaan lain akan kita bahas pada artikel lainnya.

Menurut Dr. Ruby Sehra, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di New Delhi (Beliau adalah pemenang medali emas ginekologi/ obstetrik (MBBS)) bahwa ada makanan tertentu yang secara khusus bisa meningkatkan produksi ASI. Makanan jenis ini dikelompokkan sebagai galactogogue.

Daftar 10 Makanan Yang Membuat Air Susu Ibu Banyak Jumlahnya

1. Oatmeal
oatmeal adalah makanan yang dapat membuat air susu ibu menjadi banyak
gambar menu kombinasi oatmeal
Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Kita ketahui bersama bahwa kebutuhan zat besi sangat tinggi pada wanita hamil dan paska hamil. Bumil dan busui yang tidak mendapat cukup zat besi akan mudah terkena penyakit anemia

Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil atau menyusui yang mengalami anemia akan memproduksi air susu ibu yang jauh lebih sedikit dibandingkan wanita hamil normal. Konsumsi oatmeal dapat menjadi salah satu usaha pencegahan terjadinya anemia. Dengan begitu produksi air susu ibu dapat dipertahankan ataupun meningkat (setidaknya tidak mengalami penurunan).

2. Bawang putih
bawang putih membantu meningkatkan produksi ASI
gambar bawang putih
Selain sebagai bumbu dalam mengolah makanan,  ternyata bawang putih juga dipercaya berperan dalam menaikkan produksi ASI pada busui. Bawang putih yang masuk ke dalam ASI juga merangsang bayi untuk menyusui lebih sering sehingga pada akhirnya akan meningkatkan proses pembentukan ASI (baca informasinya di sini). Banyak orang tidak menyukai bawang putih ini karena after taste dan bau nya. Namun, saat ini sudah tersedia bawang putih yang berbentuk pil sehingga mendapatkan manfaat bawang putih menjadi lebih mudah.

3. Pepaya hijau
pepaya hijau adalah buah jenis galactogogue mempercepat produksi ASI
gambar menu makanan yang berasal dari pepaya hijau
Pepaya hijau (mentah) memang sudah cukup populer sebagai galactogogue di daratan Asia. Konsumsi buah satu ini bisa menaikkan produksi hormon oksitosin yang pada akhirnya akan meningkatkan proses produksi air susu.

Tidak suka dengan getah dan rasanya yang pahit?  Tenang, Anda dapat mengolahnya dalam menu makanan harian Anda. Coba masak dengan menggunakan bumbu dan campuran makanan  lain yang dapat menggugah selera. Sudah banyak pula menu masakan yang menggunakan buah pepaya muda sebagai bahan utamanya,  khususnya masakan ala Thailand.

4. Wortel
Wortel juga dipercayai sebagai makanan kelompok galactogogue yaitu sumber makanan yang bisa membuat air susu ibu banyak. Selain membantu ibu menyusui, makanan ini juga dapat mengundang vitamin A yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

List Sumber Makanan yang Membuat Air Susu Ibu Banyak Selanjutnya

5. Daun bayam
Daun bayam juga dapat dijadikan makanan penyedia zat besi. Konsumsi daun bayam yang teratur akan mencegah penyakit anemia. Namun, daun bayam harus setidaknya direbus dahulu sebelum dikonsumsi untuk mencegah penyakit - penyakit yang diakibatkan oleh daun bayam mentah.

6. Biji Adas
Biji adas juga banyak memberikan bantuan kepada ibu menyusui. Biji adas memiliki kandungan yang hampir mirip dengan hormon estrogen. 

7. Biji fenugreek
Biji fenugreek juga diyakini mampu meningkatkan produksi air susu ibu. Biasanya orang-orang menjadikannya ramuan yang dicampur dengan teh. Namun,  saat ini biji ini telah tersedia dalam bentuk kapsul.

8. Kacang-kacangan
Kacang merupakan makanan yang lumrah yang biasanya diolah dalam menu makanan  sehari-hari atau sebagai cemilan. Konsumsi kacang-kacangan akan bermanfaat dalam peningkatan produksi hormon serotonin yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi air susu ibu.

9. Labu
Labu dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Sayuran ini dapat membantu ibu menyusui agar tetap terhidrasi. Ibu yang selalu terhidrasi akan bermanfaat dalam proses laktasi.

10. Ikan salmon
Ikan salmon bermanfaat dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu dalam masa laktasi. Selain itu,  salmon juga menyediakan nutrisi berupa DHA dan omega-3 yang baik dalam mendukung perkembangan otak bayi.

Baca juga artikel terkait:
👍 Ganja dalam ASI, Berbahayakah?

Nah, itu tadi 10 daftar makanan yang bisa membuat air susu banyak berdasarkan informasi dari Dr.Ruby Sehra di India. Semoga bermanfaat. Bila Anda ingin memahami lebih dalam tentang informasi ASI ini, silahkan baca pada tautan di bawah ini:
👉 Air susu ibu
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi Air Susu Ibu"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>