6 Manfaat Air Susu Ibu (ASI) untuk Bayi dan Anak - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Air Susu Ibu (ASI) untuk Bayi dan Anak

Pemerintah saat ini cukup gencar menganjurkan pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi. Itu merupakan hak bayi yang sudah mulai dilindungi oleh undang-undang. Setiap bayi berhak mendapatkan ASI bila tidak ada keadaan yang membuatnya tidak mendapatkannya.

Banyak ahli kesehatan juga memberikan dukungan terhadap hal ini, terutama pemberian ASI eksklusif. Hal ini mengingat begitu banyaknya manfaat air susu ibu untuk bayi dan anak. ASI dapat menyediakan nutrisi dan gizi lengkap dan sesuai untuk bayi.

gambar manfaat air susu ibu untuk bayi
gambar ibu sedang menyusui bayi
Namun, pada kenyataannya masih banyak para orang tua yang tidak mempraktikkan pemberian air susu ibu ini. Mereka terkadang lebih tertarik memberikan susu formula atau makanan tambahan lainnya. Untuk itu pada artikel ini kami mencoba menjabarkan secara ringkas tentang manfaat air susu ibu bagi bayi dan anak agar menambah pengetahuan ibu dan orang tua sehingga meningkatkan kepedulian tentang pentingnya ASI.

Bila Anda ingin menambah pengetahuan detail tentang ASI, silahkan baca pada tautan di bawah ini:
👍 Air susu ibu (ASI)

6 Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Yang Berguna Untuk Bayi

Beberapa alasan mengapa seorang bayi membutuhkan ASI dijelaskan di bawah ini:
1. ASI banyak mengandung zat yang diperlukan oleh bayi
Air susu ibu adalah makanan terbaik bagi bayi dan juga merupakan produk susu bayi terbaik hingga saat ini. Kandungannya yang lengkap seperti AA, DHA, omega-6, taurin, laktobasilus, laktosa, kolostrum, protein, lemak, zat besi, vitamin A, hingga lisozim sangat dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, komposisi nya sangat cocok sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

gambar manfaat nutrisi air susu ibu bagi bayi
gambar perkiraan kandungan dan komposisi air susu ibu (ASI)

Banyak produsen susu bayi saat ini mencoba untuk meniru persis kandungan yang ada pada ASI. Namun, hingga saat ini belum ditemukan produk susu formula yang komposisi dan kegunaannya sama persis dengan ASI. Air susu ibu masih menjadi susu bayi unggulan.

2. Cara Pendekatan Ibu dan Bayi
Praktik menyusui bukan hanya sekedar mencukupi kebutuhan pangan bayi. Ibu yang melakukan praktik menyusui (bukan dipompa) akan lebih cepat mendekatkan jiwa nya kepada anaknya. Hubungan kasih sayang dan rasa memiliki akan lebih erat ketimbang ibu yang tidak menyusui bayinya secara langsung.

3. ASI Meningkatkan Daya Imunitas
Sistem kekebalan tubuh sangat penting khususnya pada bayi muda yang rentan terhadap infeksi dan alergi. ASI memberiksan kekebalan tubuh alami yang sesuai dengan kondisi bayi. Pemberian kekebalan tubuh dari luar terkadang malah menimbulkan reaksi alergi. Dengan rutin meminum ASI maka daya tahan tubuh anak terhadap penyakit akan jauh lebih baik.

Sifat ASI yang non-alergenik kepada usus bayi juga mencegah bayi terkena mencret atau kembung. Kandungan lisozim juga membantu pertahanan mukosa usus bayi. Ini ibarat lapisan yang melindungi usus bayi muda yang rentan terhadap infeksi penyakit usus.

Manfaat Air Susu Ibu Untuk Bayi dan Anak Selanjutnya

4. ASI Selalu Siap Minum, Tetap Segar dan Higienis
ASI tidak seperti susu formula yang harus diseduh terlebih dahulu sebelum diminum. Kapan pun bayi hendak minum, ibu selalu siap memberikan ASI. Untuk menjaga kesegaran, susu formula seringkali dicampur dengan bahan pengawet. Nah, ini justru berkemungkinan menimbulkan efek buruk terhadap bayi.

Dalam proses pembuatan susu formula terkadang ibu menggunakan wadah yang kurang terjaga higienitasnya. Bila tercemar dengan agen infeksi maka bayi berisiko terkena penyakit. Bila tercampur dengan zat kimia dari bahan wadah maka bayi berisiko juga mengalami gangguan kesehatan lainnya. Berbeda dengan ASI yang tetap higienis sepanjang ibu dalam kondisi yang sehat.

5. Komposisi ASI Dapat Berubah Sesuai Kebutuhan Sang Bayi
Satu hal unik yang lain bahwa komposisi air susu ibu ini berubah seiring dengan pertambahan usia dan keadaan bayi. Hal inilah yang ditiru produsen susu formula sehingga banyak varian produk susu formula berdasarkan umur bayi. Oleh karena itu, ASI akan lebih mudah dimanfaatkan dibandingkan dengan banyaknya varian dan jenis susu formula.

6. Manfaat ASI untuk Ibu
Selain 5 manfaat di atas, ASI juga bermanfaat untuk ibu sendiri. Ibu yang mempraktikkan kegiatan menyusui akan mengurangi ketegangan yang ada pada payudara nya. Berbagai penyakit akibat gangguan aliran kelenjar susu akan dapat dihindari. Selain itu, ASI akan mengurangi risiko terkena penyakit kanker ovarium pada sang ibu.

Nah itu tadi penjelasan tentang apa saja manfaat air susu ibu bagi bayi yang mudah-mudahan memberikan tambahan pengetahuan buat orang tua. Jadi, jangan terlalu meremehkan ASI karena makanan dan minuman bayi ini belum dapat ditiru secara sempurna oleh banyak produsen susu bayi.

Baca juga artikel dengan tema terkait:
💧 Makanan yang membuat air susu ibu banyak
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "6 Manfaat Air Susu Ibu (ASI) untuk Bayi dan Anak"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>