Mengapa Air Susu Ibu (ASI) Adalah Makanan Terbaik Bagi Bayi? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Air Susu Ibu (ASI) Adalah Makanan Terbaik Bagi Bayi?

Di awal tahun pertama kehidupan merupakan suatu masa dimana pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung cepat dan cukup penting. Asupan nutrisi dan gizi yang baik dan sesuai mutlak dibutuhkan bila menginginkan bayi menjadi pribadi yang cemerlang di masa depannya.

gambar air susu ibu adalah makanan terbaik bagi bayi
ilustrasi menyusui

Menurut akademi pediatri Amerika (American Pediatric Academy) dan juga asosiasi diet Amerika (American Dietetic Association) bahwa air susu ibu adalah makanan terbaik bagi bayi. ASI berguna dalam membantu kesehatan dan perkembangan sang bayi.

Menurut situs www.urbanchildinstitute.org bahwa ada tiga alasan mengapa ASI menjadi makanan yang terbaik untuk bayi.
  • ASI merupakan cairan makanan yang merupakan kombinasi nutrisi dan gizi yang ideal untuk bayi.
  • Komposisi dan kandungan air susu ibu sangat cocok untuk usus bayi sehingga mudah untuk dicerna dan diserap dengan baik.
  • Komposisi dan kandungan ASI berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sang bayi.


Tidak hanya air susu nya, dari situs yang sama juga dilansir bahwa menyusui akan memberi efek protektif terhadap bayi dari bahaya alergi, asma, gangguan pernafasan dan komplikasinya, serta penyakit gastroenteritis. Selain itu, menyusui juga mengurangi risiko sindrom mati mendadak pada bayi, risiko terkena penyakit diabetes mellitus, kelainan jantung, dan penyakit kanker anak.

Semakin lama bayi disusukan maka semakin besar efek protektif yang diterimanya. Bayi yang menyusui selama 6 bulan akan lebih kebal terhadap berbagai penyakit daripada bayi yang hanya disusui selama 3 bulan.

Saat ini banyak sekali para orang tua yang terlalu cepat memberikan susu formula. Beberapa diantaranya diberikan sebelum bayi melewati usia 6 bulan. Ada yang mengganti ASI dengan susu formula dengan berbagai alasan termasuk alasan pekerjaan. Ada pula yang memberikan susu formula sebagai susu tambahan menyertai ASI dengan alasan bayi masih merasa lapar setelah diberikan ASI. Padahal pemberian makanan lain sebagai tambahan justru dapat membuat bayi kebingunan dan bahkan dapat berujung kepada tidak maunya bayi mengkonsumsi ASI lagi.

Baca artikel terkait:

Sebenarnya para ahli tidak menganjurkan pemberian susu formula untuk bayi di bawah umur 1 tahun. Setelah menginjak 1 tahun susu formula dapat diberikan, itu pun dengan pertimbangan dan berbagai alasan. Hal ini dilakukan agar bayi lebih terlindungi dan pola makanannya lebih terjaga.

Baca juga artikel terkait:

Kepada para orang tua, pemahaman tentang air susu ibu (ASI) ialah makanan terbaik bagi bayi haruslah tertanam di pikiran masing-masing. Jangan terlalu meremehkan ASI sehingga mencoba-coba memberikan makanan lain. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Bila Anda ingin mengetahui informasi lengkap tentang ASI, silahkan klik tautan di bawah ini:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Mengapa Air Susu Ibu (ASI) Adalah Makanan Terbaik Bagi Bayi?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>