Mengapa Air Susu Ibu Penting Bagi Bayi? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Air Susu Ibu Penting Bagi Bayi?

Ibu zaman now saat ini sangat mengganggap remeh fungsi air susu ibu. Mereka dengan mudah mengganti ASI dengan susu formula atau makanan lain sebelum waktunya. Sebenarnya, pemahaman akan pentingnya ASI harus ditanamkan pada para ibu. Air susu ibu penting bagi bayi karena mengandung zat apa saja? Hal ini salah satu yang perlu dipahami oleh ibu menyusui.

air susu ibu penting bagi bayi karena mengandung zat ini
gambar ilustrasi payudara ASI

Kandungan Air Susu Ibu Yang Penting Bagi Bayi

Air susu ibu penting bagi bayi karena mengandung zat yang dibutuhkan oleh sang bayi. Apa saja zat-zat tersebut? Mari kita simak satu persatu.

1. Lemak
Lemak ialah jenis kalori yang paling utama pada ASI. Jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah kelompok lemak yang mudah dicerna oleh usus bayi. Jenis asam lemak yang terkandung di dalam ASI juga akan menjadi asam lemak tak jenuh rantai panjang yang sering dikenal dengan DHA dan AA. Nah, kedua asam lemak ini sangat bagus untuk proses perkembangan dan pertumbuhan otak bayi.

Banyak produk susu formula yang coba memasukkan asam lemak DHA dan AA sintetis. Namun, ASI tentunya akan mendatangkan manfaat yang lebih alami dan lebih cocok untuk usus bayi. Kejadian alergi akibat susu tentunya akan lebih kecil risikonya.

2. Karbohidrat
Karbohidrat utama yang terkandung dalam air susu ibu adalah jenis laktosa. Selain sebagai sumber energi, laktosa dalam ASI ini juga penting dalam meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu pertumbuhan bakteri baik lactobasilus bifidus. Laktosa pada susu formula cukup sering menimbulkan reaksi bagi bayi.

Selain itu, air susu ibu penting bagi bayi karena mengandung zat di bawah ini

3. Protein
Protein yang terdapat dalam ASI adalah jenis whey, kasein, taurin, dan kistin. Dari keempat jenis protein ini, sistin dan taurin tidak ditemukan dalam air susu sapi. Keduanya merupakan asam amino yang penting dan bermanfaat dalam pertumbuhan somatik pada bayi.

4. Garam dan Mineral
Garam dan mineral yang dikandung oleh air susu ibu jumlahnya relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan susu sapi. Apakah ini sesuatu yang baik? Ya, karena ini akan mengurangi beban kerja ginjal bayi yang masih muda. Ginjal bayi akan lebih mudah dalam mengkonsentrasikan urin dengan baik. Beberapa garam dan mineral yang ada pada air susu ibu, yaitu: kalium, natrium, kalsium, zat besi, dan juga mangan.

5. Vitamin
Air susu ibu juga mengandung vitamin yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Beberapa diantaranya yaitu vitamin D, E, serta K.

Nah, itu tadi artikel tentang bermanfaatnya ASI. Air susu ibu (ASI) penting bagi bayi karena mengandung zat zat yang telah disebutkan di atas. Untuk komposisi dan jumlah masing-masing kandungan akan kita bahas pada artikel yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Mengapa Air Susu Ibu Penting Bagi Bayi?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>