Manfaat Pemberian ASI - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Pemberian ASI

Telah kita ketahui bersama bahwa ASI adalah sumber makanan yang paling ideal dan sempurna untuk bayi. ASI memberikan manfaat bukan hanya bagi bayi, tetapi juga bagi ibu, keluarga, dan negara. Berikut kita simak manfaat pemberian ASI di bawah ini:

Gambar manfaat pemberian ASI
gambar ibu yang sedang merawat bayi

Bila ingin mengetahui pembahasan lengkap tentang ASI baca di tautan di bawah ini:

Manfaat Pemberian ASI Bagi Bayi

Kesehatan
ASI adalah cairan susu yang sangat mudah diserap oleh usus bayi. ASI mengandung banyak nutrisi dan gizi yang mempunyai banyak manfaat untuk bayi. Tentunya ASI akan menunjang derajat kesehatan sang bayi karena ASI menyediakan nutrisi, gizi, dan perlindungan untuk bayi serta jarang sekali menimbulkan alergi.

Kecerdasan
ASI memiliki kandungan DHA dan AA. DHA dan laktosa dalam ASI akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi (proses mielinisasi sel-sel otak). Dengan pemberian ASI yang rutin tentunya akan memudahkan terbentuknya jaringan antar sel otak yang sempurna.

Terdapat penelitian yang menunjukkan hasil adanya hubungan antara asupan ASI eksklusif dengan tingkat IQ anak. Perbedaan selisih rata-rata IQ antara anak yang masa bayi mendapat ASI eksklusif dan tidak memperoleh ASI eksklusif adalah 13, 9 point.

Emosi
ASI adalah wujud cinta ibu kepada buah hatinya. Pemberian ASI khususnya dalam praktik menyusui (mendekap bayi) akan menstimulasi kecerdasan emosional bayi. Dalam praktik menyusui juga dapat menstimulasi kecerdasan spritual bayi dengan cara melantunkan doa dan harapan saat menyusui. Oleh karena itu, sesibuk apapun ibu usahakan untuk melakukan praktik menyusui. Jangan terlalu cepat memilih untuk melakukan pompa ASI.

Manfaat Pemberian ASI Bagi Ibu

Berikut beberapa manfaat ASI yang diperoleh oleh ibu:
  • Mencegah terjadinya perdarahan paska persalinan.
  • Mempercepat  involusi uteri.
  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit anemia.
  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker ovarium dan kanker payudara.
  • Menciptakan ikatan yang kuat antara ibu dan bayi.
  • Mempercepat ibu kembali ke berat badan yang semula.
  • Merupakan metode kontrasepsi sementara.


Manfaat Pemberian ASI Bagi Keluarga

Keberadaan ASI selalu tersedia. Kapan pun dan dimana pun sang bayi ingin minum, maka ibu selalu siap memberikan ASI. ASI juga selalu dalam keadaan steril. Berbeda dengan susu formula yang harus mencuci dan mensterilkan wadah atau botolnya.

Selain itu, produksi ASI berjalan tiap hari. Tentunya ini akan mengurangi anggaran biaya kesehatan; sangat berbeda dengan penggunaan susu formula.

Manfaat Pemberian ASI Bagi Negara

  • Menurunkan angka kesakitan dan kematian anak.
  • Mengurangi biaya subsidi perawatan bayi di fasilitas kesehatan.
  • Meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Manfaat Pemberian ASI"