Tanda dan Ciri Hamil 1 Minggu Yang Perlu Dipahami - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda dan Ciri Hamil 1 Minggu Yang Perlu Dipahami

Kehamilan adalah momen yang sering ditunggu-tunggu oleh pasangan suami dan istri, terutama yang baru menikah. Banyak dari mereka yang tidak sabar. Tidak jarang mereka tersugesti dengan tanda kehamilan usia 1 minggu. Padahal ini adalah hal yang keliru. Pemahaman tentang ciri-ciri hamil usia 1 minggu harus dipelajari.

Baca juga topik yang berhubungan:

ciri hamil 1 minggu paling akurat

Umumnya, ciri dan tanda hamil 1 minggu belum dapat dirasakan. Tanda dan gejala kehamilan biasanya dirasakan saat seorang wanita sudah mengalami keterlambatan menstruasi. Waktu ini adalah minggu kempat dalam periode kehamilan. Saat ini, kebanyakan wanita akan mengalami kram pada bagian perut. Gejala lain seperti mual, muntah, dan tanda kehamilan lainnya akan muncul pada minggu-minggu setelahnya.

Hitungan Masa Kehamilan

Bila masa kehamilan dihitung selama 40 minggu dari hari pertama haid terakhir, maka seorang wanita sebenarnya belumlah hamil pada minggu pertama ini. Kehamilan baru mulai pada minggu kedua awal atau minggu ketiga. Ini juga tergantung pada masa subur dari seorang wanita.

Masa subur adalah waktu disekitar masa ovulasi. Ovulasi adalah saat pelepasan sel telur dari ovarium dan berjalan menuju tuba falopi. Kehamilan akan terjadi setelah melalu proses pembuahan yaitu pertemuan antara sel sperma dan sel telur di tuba falopi ini.

Siklus ovulasi ini akan menunjukkan kapan tanggal pembuahan. Biasanya pembuahan ini terjadi pada rentang hari ke 13 sampai hari ke 20 setelah hari pertama menstruasi yang terakhir. Namun, waktu ovulasi ini juga bergantung pada lama periode menstruasi seorang wanita. Kebanyakan wanita memiliki waktu siklus menstruasi 28 hari.

Gejala Awal Kehamilan

Tanda kehamilan adalah tidak datangnya haid berikutnya. Gejala ini sering diikuti wanita dengan melakukan pemeriksaan kadar hormon kehamilan pada urin. Bila positif hamil, sebenarnya saat ini kehamilan sudah berusia sekitar 14 hari.

Beberapa wanita pada waktu ini akan mengalami gejala awal kehamilan, antara lain:
1. Payu dara bengkak dan semakin sensitif
Payu dara dirasakan bengkak dan sensitif. Terkadang diikuti rasa sakit saat disentuh. Namun, perlu diingat bahwa gejala ini tidak selalu muncul sebagai gejala pasti dan ciri dari hamil usia 1 minggu.

2. Mual yang dapat disertai dengan muntah
Kebanyakan wanita merasakan mual yang dapat disertai dengan muntah. Ini umumnya terjadi pada waktu 3 minggu setelah proses pembuahan, yaitu 1 minggu setelah merasakan haid tidak datang. Muntah sebenarnya tidak hanya dialami pada pagi hari, akan tetapi juga pada waktu-waktu lainnya sepanjang hari. Gejala ini memiliki kaitan dengan hormon kehamilan

3. Nyeri pinggang bawah
Gejala ini tidak cukup spesifik pada usia kehamilan 1 minggu. Gejala ini dirasakan bumil secara tiba-tiba yang bertambah lama semakin bertambah sakit seiring dengan usia kehamilan. Hal ini dikarenakan terjadinya pertambahan berat badan (perut) dan perubahan postur tubuh.

4. Gejala penyerta lainnya
Terdapat pula gejala-gejala yang sering dikeluhkan seorang bumil pada masa awal-awal kehamilan. Beberapa diantaranya adalah frekuensi buang air kecil meningkat, perasaan lelah, lebih sensitif terhadap bau, dan nafsu makan meningkat pada makanan tertentu. Gangguan pencernaan seperti kembung dan sembelit juga dikeluhkan. Namun, penting untuk dipahami bahwa gejala dan keluhan ini bukanlah tanda pasti kehamilan usia 1 minggu.

Tips Menghadapi Kehamilan Usia 1 Minggu

Beberapa hal di bawah ini harus menjadi perhatian bilamana Anda telah yakin mendapatkan kehamilan yang ber umur 1 minggu atau akan mempersiapkan kehamilan. Hal-hal tersebut, antara lain:

  • Upayakan untuk menghentikan kebiasaan yang buruk, misalnya minum minuman yang mengandung alkohol, kebiasaan merokok (termasuk rokok elektrik vape), minum kafein yang terlalu berlebihan.
  • Mulailah untuk mendapatkan asupan asam folat setiap harinya dengan dosis kira-kira 400 mcg.
  • Selalu periksa siklus menstruasi untuk mengetahui kapan masa subur.

Pertanyaan Seputar Ciri Hamil 1 Minggu

Berikut kami rangkum pertanyaan dan jawaban seputar tanda hamil 1 minggu. Semoga dapat dipahami oleh calon ibu hamil.

Adakah ciri hamil 1 minggu sebelum telat haid ?
Tanda hamil 1 minggu sebelum telat haid pastinya ada, akan tetapi tidak menjadi ciri dan tanda umum yang dapat dijadikan patokan. Pada waktu ini kehamilan ditaksir berusia 1 sampai 2 minggu. Seperti dijelaskan di atas banyak keluhan yang dapat dirasakan seorang bumil, akan tetapi akan berbeda-beda antara satu bumil dengan bumil lainnya. Anda dapat memastikannya dengan melakukan pemeriksaan hormon kehamilan pada urin.

Bagaimana ciri hamil 1 minggu setelah pembuahan ?
Penjelasan tentang hal ini sama dengan  penjelasan ciri hamil 1 minggu sebelum telat haid di atas. Waktu keduanya adalah waktu yang sama. Semoga dapat dipahami oleh pembaca.

Bagaimana ciri ciri hamil 1 minggu setelah berhubungan ?
Pertanyaan ini juga sebenarnya sama halnya dengan pertanyaan di atas. Berhubungan yang mendatangkan kehamilan adalah yang terjadi proses pembuahan. Bila tidak terjadi maka tidak akan ada tanda kehamilan yang muncul

Apa saja ciri hamil 1 minggu setelah telat haid ?
Tanda hamil 1 minggu setelah telat haid sudah menjadi semakin nyata. Beberapa gejala seperti mual atau muntah akan semakin sering karena saat ini kehamilan ditaksir berusia 3 minggu.

Apakah ada ciri hamil 1 minggu setelah haid ?
Tanda hamil 1 minggu setelah haid tentunya belum ada. Mengapa? Oleh karena pada waktu ini tubuh akan melakukan persiapan untuk proses ovulasi selanjutnya. Proses pembuahan terakhir tidak terjadi sehingga haid terjadi. Pembuahan yang tidak terjadi menunjukkan tidak adanya kehamilan.

Baca juga topik terkait:

Jadi, sangat sulit untuk memastikan ciri hamil 1 minggu. Anda tidak perlu cemas dan khawatir karena pada hakikatnya pemeriksaanlah yang Anda butuhkan. Jangan terpaku pada keluhan dan gejala yang Anda alami. Semoga artikel ini bermanfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Tanda dan Ciri Hamil 1 Minggu Yang Perlu Dipahami"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>