Bagaimana Cara Menghitung Tinggi Potensi Genetik Seseorang? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Menghitung Tinggi Potensi Genetik Seseorang?

Seringkali seseorang mengeluh tentang tinggi badannya yang kurang tinggi. Beberapa dari mereka mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut. Mulai dari cara-cara yang alami hingga penggunaan berbagai macam merek obat. Beberapa zat yang diklaim sebagai obat seringkali tidak menunjukkan hasil dan bahkan menimbulkan bahaya.

kalkulator tinggi potensi genetik idai

Sebenarnya sah-sah saja melakukan usaha sebagai cara meninggikan badan asalkan tetap sehat dan aman. Namun, perlu dipahami bahwa dalam pertumbuhan tinggi badan ada faktor yang paling penting yang mempengaruhinya. Faktor tersebut adalah faktor genetik.

Potensi Tinggi Genetik

Sebelum melakukan berbagai usaha peninggian badan, sebaiknya hitung potensi tinggi genetik tubuh Anda. Apa itu tinggi potensi genetik? Tinggi potensi genetik (TPG) adalah perkiraan tinggi seorang anak nantinya di usia dewasa yang dapat diperkirakan berdasarkan pada tinggi kedua orang tua (ayah dan ibu).

Ini adalah rumus yang dibuat untuk memperkirakan potensi tinggi minimal dan maksimal seseorang. Secara teori, selama dalam masa pertumbuhan seseorang akan mampu tumbuh sampai batas maksimal tinggi potensi genetiknya. Pertumbuhan pun jarang sekali akan berhenti di bawah batas minimal TPG nya.

Cara Menghitung Tinggi Potensi Genetik

Lantas bagaimana cara menghitung tinggi potensi genetik seseorang? Rumus tinggi potensi genetik yaitu:
1. TPG laki-laki
TPG pada laki-laki adalah rata-rata dari jumlah tinggi badan ibu yang sudah ditambah 13 cm dengan tinggi badan ayah. Kisaran potensi tinggi adalah rata-rata tadi ditambahi dan dikurangi dengan 8,5 cm.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat rumus nya di bawah ini:
Rumus tinggi potensi genetik anak laki-laki = ((TB ibu (cm) + 13 cm) + TB ayah (cm))/2 ± 8,5 cm

2. TPG perempuan
TPG pada perempuan akan sedikit berbeda dengan laki-laki. Untuk lebih jelasnya perhatikan rumus nya di bawah ini:

Rumus tinggi potensi genetik anak perempuan = ((TB ayah (cm) - 13 cm) + TB ibu (cm))/2 ± 8,5 cm

Contoh
  • Tinggi badan ayah 170 cm sedangkan tinggi badan ibu 165 cm. Berapakah potensi tinggi genetik anak laki-laki dari kedua orang tua ini?
  • Kisaran tinggi anak : (165 cm + 13 cm) + 170)/2 ± 8,5 cm.
  • Maka anak memiliki potensi tinggi yaitu minimal 165,5 cm hingga maksimal 186,5 cm.

Sang anak akan berpotensi mendapatkan tinggi badan 186,5 cm bila mendapatkan pola hidup sehat dan manajemen pertumbuhan yang efektif selama masa pertumbuhannya. Seorang anak yang lahir dengan panjang badan yang kurang tetap akan dapat mengalami kejar tumbuh bila dilakukan perawatan yang efektif.

Kalkulator Tinggi Potensi Genetik

Banyak kalkulator tinggi potensi genetik yang beredar di web kesehatan ataupun aplikasi android. Sebenarnya kalkulator tersebut tidak jauh beda dengan rumus di atas, hanya saja penggunaannya lebih praktis. Kalkulator tersebut adalah cara praktis menghitung rumus di atas.

Jadi, hitung tinggi potensi genetik Anda masing-masing. Bila belum optimal maka Anda dapat melakukan berbagai macam cara untuk membuat badan menjadi lebih tinggi asalkan masih dalam waktu pertumbuhan. 

Cara dan usaha meninggikan badan yang dilakukan setelah melewati masa pertumbuhan, secara teori dinilai tidak efektif. Itu tergantung kepada Anda apakah akan tetap melakukannya atau tidak, asalkan cara tersebut harus aman untuk tubuh.

Baca juga artikel terkait:

Beberapa cara yang dilakukan setelah melewati masa tumbuh seperti aktivitas dan olah raga teratur dinilai dapat membuat Anda tampak lebih tinggi. Hal ini dikarenakan cara ini mampu memperbaiki postur tubuh sehingga membuat tubuh tampak lebih ideal. Semoga artikel ini bermanfaat.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Bagaimana Cara Menghitung Tinggi Potensi Genetik Seseorang?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>