Penyebab Mata Panda dan Kantung Mata - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Mata Panda dan Kantung Mata

Mata panda (lingkaran hitam di bagian bawah mata) seringkai dikaitkan dengan kurangnya kuantitas dan kualitas tidur. Namun, penting untuk diketahui bahwasanya kurang tidur bukan hanya satu-satunya yang menyebabkan terjadinya mata panda. Orang dengan kondisi dehidrasi, proses penuaan, dan atau menderita suatu penyakit juga dapat mengalami mata panda ini.

penyebab mata panda dan cara mengatasinya
perbandingan mata panda dan mata normal

Mata panda ini bisa dialami baik oleh laki-laki maupun perempuan. Kantung mata akan memiliki warna lebih gelap dari kulit wajah sekitar dan dapat juga disertai pembengkakan. Hal ini sering membuat orang tersebut tampak lebih tua dari usia semestinya. Oleh karena itu, cukup penting untuk memahami penyebab mata panda pada wanita dan pria.

Faktor Penyebab Timbulnya Mata Panda

Mata panda kerap menimbulkan kecemasan dan keresahan. Hal ini lantaran mata panda menyebabkan kurangnya rasa percaya diri, terutama pada kaum wanita. Beberapa hal di bawah ini menjadi penyebab terjadinya mata panda, antara lain:

1. Kurang Tidur
Kurangnya kuantitas dan kualitas tidur dapat menyebabkan darah tidak mengalir dengan baik. Darah seringkali tertumpuk dan terlihat di bagian bawah mata karena kulit pada area ini sangat tipis. Selain itu, mata akan terlihat bengkak. Penampilan seperti ini seringkali membuat orang tersebut terlihat tua. Belum lagi tampilan yang kusam dan letih pada wajah akibat dari kurang istirahat.

Simak info penting terkait:
👉 Waktu Tidur Yang Efektif

Penyebab Mata Panda Selain Kurang Tidur

Apa sih yang menjadi penyebab mata panda padahal tidur cukup? Kebanyakan orang akan berfikir tentang waktu tidur yang kurang atau akibat sering bergadang. Padahal ada berbagai faktor penyebab lainnya, antara lain:

2. Faktor usia
Pertambahan usia akan membuat kulit menjadi semakin tipis. Selain itu, kulit akan mengalami penurunan derajat elastisitasnya. Oleh sebab itu, semakin tua seseorang maka kemungkinan tampilan mata panda semakin jelas. Kekurangan elastisitas dan menipisnya lapisan kulit menjadikan mata panda semakin mudah untuk terbentuk dan terlihat.

3. Kebiasaan menatap layar
Tahukah Anda bahwa berkonsentrasi dalam waktu yang lama di depan komputer, laptop, smartphone (telepon genggam pintar ini seringkali menjadi penyebab mata panda pada remaja), dan televisi juga dapat menyebabkan terbentuknya mata panda. Hal ini dikarenakan kegiatan-kegiatan tadi menyebabkan peregangan kulit dan otot sekitar mata.

Kegiatan tadi memaksa kulit dan otot bekerja ekstra sehingga membutuhkan asupan oksigen dan nutrisi lebih besar. Selanjutnya, pembuluh darah akan mengalami adaptasi dengan penebalan-penebalan kapiler di sekitar mata. Sehingga pada akhirnya, mata panda akan semakin mudah terlihat.

4. Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi dimana sel-sel tubuh kekurangan cairan. Hal ini dapat juga memunculkan gejala dan tanda mata panda. Ini disebabkan oleh kurangnya kuantitas air di bawah kulit di sekitar mata. Mata akan tampak cekung dan sayu.

5. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol
Merokok dan konsumsi alkohol adalah gaya hidup tidak sehat. Kebiasaan dan gaya hidup ini juga berperan dalam pembentukan mata panda. Hal ini dikaitkan dengan gangguan aliran darah terutama bagian kapiler darah. Konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok akan menyebakan tidak lancarnya aliran darah sehingga memungkinkan terbentuknya mata panda.

6. Paparan Sinar Matahari
Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memicu proses produksi hormon melanin. Melanin akan berperan dalam membuat kulit menjadi lebih gelap. Proses penggelapan kulit ini juga termasuk pada bagian bawah mata.

7. Faktor Alergi
Reaksi alergi yang lama dapat membuat timbulnya mata panda. Alergi ini seringkali menjadi penyebab mata panda pada anak dan bayi. Dalam reaksi alergi akan dilepaskan histamin. Histamin ini akan membuat pelebaran pada pembuluh darah sehingga pada area bawah mata akan terlihat lebih hitam. Belum lagi kebiasaan menggosok pada area tersebut karena alergi juga menimbulkan rasa gatal.

8. Genetik
Seringkali penyebab mata panda susah hilang. Banyak yang bingung kenapa mata panda tidak bisa hilang? Ternyata keadaan ini juga dapat diturunkan dalam silsilah keluarga. Orang dengan kulit yang lebih gelap akan mudah dan berisiko mengalami mata panda ini.

Nah, itu tadi artikel tentang apa penyebab terjadinya mata panda pada manusia. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan informasi ini ke teman-teman Anda.

Post a Comment for "Penyebab Mata Panda dan Kantung Mata"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>