Q&A: Definisi dan Pengertian Anemia - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Q&A: Definisi dan Pengertian Anemia

Artikel ini menjelaskan beberapa pengertian dan definisi anemia yang seringkali ditanyakan oleh pembaca. Bila ingin membaca informasi lengkap tentang anemia silahkan baca di tautan di bawah ini:

Daftar Isi
👉 Definisi Anemia
👉 Penyebab Anemia
👉 Tanda dan Gejala Anemia
👉 Diagnosis dan Pengobatan Anemia

definisi pengertian anemia
gambar anemia

Definisi dan Pengertian Anemia

Pengertian dan definisi anemia menurut WHO
Definisi dan pengertian anemia menurut WHO adalah keadaan dimana kuantitas dan jumlah sel darah merah (red blood cells) yang kurang atau kemampuannya dalam mengangkut oksigen tidak cukup untuk menyuplai kebutuhan fisiologis tubuh, yang beragam berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, kebiasaan merokok, ketinggian daerah tempat tinggal, dan status kehamilan.

Pengertian dan definisi anemia menurut para ahli

Sebenarnya banyak ahli yang mendefinisikan tentang anemia, akan tetapi kami akan menampilkan beberapa saja untuk perwakilannya.
1. Definisi anemia menurut Sulistyoningsih adalah suatu kondisi dimana kadar haemoglobin di dalam darah kurang dari normal. Hal ini dikarenakan kurangnya zat gizi dalam proses produksi darah, misalnya kurang zat besi, asam folat, dan juga vitamin B12 (Sulistyoningsih, 2000).

2. Pengertian anemia menurut Brunner dan Suddarth adalah suatu kondisi rendahnya jumlah sel darah merah dan kadar haemoglobin atau hematokrit berada di bawah normal (Brunner & Suddarth, 2000).

3. Definisi anemia menurut Emma adalah suatu kondisi dengan kadar haemoglobin yang lebih rendah dari nilai normalnya (Emma, 1999).

4. Pengertian anemia menurut Mansjoer adalah suatu kondisi dimana kadar hemoglobin dan atau hitung eritrosit lebih rendah dari nilai normalnya yaitu bilamana hemoglobin kurang dari 14 g/dL dan hematokrit kurang dari 41% pada pria; dan hemoglobin kurang dari 12 g/dL dan hematokrit kurang dari 37% pada wanita (Mansjoer, 1999).

Definisi dan pengertian anemia menurut Depkes RI

Pengertian dan definisi anemia menurut Depkes RI adalah  suatu kondisi dimana kadar hemoglobin dalam darah kurang dari normal yaitu kurang dari 11 gr%.

Pengertian dan definisi anemia menurut PAPDI

Anemia adalah suatu keadaan dimana turunnya nilai haemoglobin di bawah nilai normalnya, yaitu: pria berkisar antara 13-16 g/ dL sedangkan wanita 12-14 g/dL.

Nah itu tadi pengertian penyakit anemia dari beberapa ahli dan konstitusi yang mewakili. Bila ada update terbaru dari Anda silahkan kirimkan di komentar atau di facebook fans page kami. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Q&A: Definisi dan Pengertian Anemia"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>