Contoh Resep Makanan Anak 1 Tahun Untuk Penambah Berat Badan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Resep Makanan Anak 1 Tahun Untuk Penambah Berat Badan

Resep makanan anak 1 tahun untuk penambah berat badan kali ini akan membahas mengenai makanan apa saja yang bisa Anda olah untuk anak yang berusia satu tahun dan ingin dinaikkan berat badannya.

resep makanan anak 1 tahun untuk penambah berat badan

Tentu Anda ingin anak tumbuh dan berkembang menjadi sehat, salah satu indikasi anak yang sehat adalah dilihat dari berat badannya. Berapa berat badan yang ideal untuk anak usia satu tahun? Berdasarkan dengan angka kecukupan gizi untuk orang Indonesia, anak usia 1 sampai 3 tahun memiliki berat rata-rata 12 kg dan tinggi badan 90 cm.

Untuk melihat apakah anak Anda berada di tingkat berat badan yang benar sebaiknya lihat pada grafik KMS yang Anda miliki. (Baca juga: Tabel Berat Badan Normal Balita Laki-Laki atau Tabel Berat Badan Normal Balita Perempuan). Jika saat ini anak Anda sedang membutuhkan peningkatan berat badan secara sehat, berikut adalah beberapa saran resep untuk menambah berat badan untuk anak di bawah 1 tahun.

4 Rekomendasi Resep Makanan Anak Usia 1 tahun Sebagai Penambah Berat Badan

Yuk, simak satu-persatu resepnya:

1. Resep bubur beras dengan tempe
Membuat bubur beras dengan lauk tempe bisa membantu untuk menambah berat badan si kecil. kandungan karbohidrat pada beras dan nabati pada tempe tidak hanya bisa menambah berat badan namun juga membuat otot si kecil jadi lebih kuat dan berkembang. Bahan yang bisa Anda siapkan adalah kaldu ayam, beras, kemudian tempe. Porsinya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan untuk satu atau dua kali makan. Anda juga bisa menambahkan daun bawang yang diiris tipis-tipis untuk menambah rasa. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Cuci beras sampai bersih kemudian rebus beras dengan menggunakan air kaldu hingga menjadi bubur
  • Selama beras dimasak, potong tempe dengan bentuk dadu agar mudah matang kemudian masukkan ke dalam beras bersama dengan irisan daun bawang
  • Setelah bubur dan tempe matang, Anda bisa menghaluskan teksturnya dengan memasukkan bahan ke dalam blender.


2. Resep bubur kaldu tulang ayam
Resep makanan anak umur 1 tahun untuk menambah berat badan yang kedua adalah bubur kaldu dengan menggunakan tulang ayam kampung untuk membuat kaldu yang lebih lezat dan pekat. Kenapa ayam kampung? Karena jenis ayam ini memiliki kandungan vitamin B kompleks, lemak, protein, zinc, dan juga nutrisi yang lainnya sehingga tidak hanya bertambah berat badan tapi asupan gizinya juga cukup. Cara membuat bubur tulang ayam ini adalah:
  1. Rebus tulang ayam selama satu sampai dua jam untuk membuat kaldunya
  2. Buat bubur nasi (bisa menggunakan beras merah atau cokelat) dengan menggunakan air kaldu sebagai air rebusan
  3. Anda bisa menambahkan sayuran yang dipotong-potong seperti brokoli, wortel, dan bayam, masukkan ke dalam bubur
  4. Haluskan bubur, kemudian saring sebelum diberikan ke anak. 

3. Resep tim ikan dan wortel
Tidak hanya daging ayam, anak juga sebaiknya diberi makanan jenis ikan untuk asupan gizi yang lebih lengkap dan lebih variatif. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini adalah ikan kakap yang di-fillet, kaldu ayam, keju parut, kentang, labu kuning, telur, dan wortel. Cara membuat resep ini adalah:
  1. Haluskan fillet ikan yang sudah dicuci bersih
  2. Bersihkan wortel, labu kuning, dan kentang kemudian parut kasar
  3. Campur fillet, telur, dan sayuran hingga rata adonannya
  4. Bagi adonan sesuai dengan porsi makan si kecil kemudian taruh di wadah atau mangkuk yang tahan panas, olesi dengan margarine agar tidak lengket, kemudian taburi keju, tutup dengan kertas alumunium
  5. Kukus adonan tim ikan dengan panci yang lebih besar dan diisi dengan sedikit air, tumpangkan wadah ikan pada panci tersebut kemudian tim hingga matang.

4. Resep tahu lembut dan sayuran
Tidak melulu diberi bubur, Anda juga bisa memberikan makanan yang lembut teksturnya dengan menggunakan tahu. Tahu pun merupakan sumber protein yang baik untuk anak usia satu tahun karena teksturnya yang lembut sehingga lebih mudah untuk dicerna dan tidak perlu diblender. Kukus tahu putih hingga matang kemudian haluskan dengan menggunakan garpu. Resep makanan anak usia 1 tahun untuk menaikkan berat badan ini bisa Anda variasikan sesuai dengan asupan gizinya misalnya ditambah dengan sayuran yang dipotong-potong kecil dan direbus, bisa juga ditambah dengan fillet ikan untuk memberikan asupan omega-3.

👉 Baca juga contoh resep yang lain: Variasi Resep Lainnya Untuk Balita 1 Tahun.

Post a Comment for "Contoh Resep Makanan Anak 1 Tahun Untuk Penambah Berat Badan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>