4 Contoh Resep Bubur Bayi 7 Bulan Untuk Penambah Berat Badan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Contoh Resep Bubur Bayi 7 Bulan Untuk Penambah Berat Badan

Berdasarkan dengan KMS yang diberikan oleh Posyandu kepada para ibu yang baru melahirkan, berat badan anak pada usia tiga bulan akan mengalami kenaikan sekitar 175 hingga 210 gram per minggu, kemudian pada usia 5 bulan berat badannya akan meningkat dua kali lipat dibandingkan usianya saat 3 bulan. Setelah itu, berat badan anak akan naik sekitar 400 gram per minggu sampai usianya satu tahun. Karena itu penting bagi orang tua untuk memantau pertumbuhan anak dengan mencatat berat badan dan juga ukuran fisik lainnya dalam grafik KMS untuk melihat apakah anak cukup gizi atau tidak.

Resep Bubur Bayi 7 Bulan Untuk Penambah Berat Badan

Baca lebih banyak tentang pemantauan berat badan balita di link di bawah ini:

Ada banyak hal yang bisa memengaruhi berat badan anak selain makanannya, misalnya karena faktor keturunan. Namun bagi Anda yang khawatir dengan anak yang termasuk dalam kategori underweight atau berat badan di bawah tingkat ideal jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya, bisa dibantu diatasi dengan memberikan makanan yang mengandung bahan-bahan penambah berat badan. Berikut resep bubur bayi 7 bulan untuk penambah berat badan yang sehat.

Menu Bubur Bayi Usia 7 Bulan untuk Menambah Berat Badan

Resep bubur daging sapi cincang
Daging sapi merupakan sumber protein yang sangat baik untuk anak-anak, bahkan juga untuk orang dewasa namun dengan jumlah yang sedikit. Daging sapi juga mengandung zat besi  yang akan sangat membantu misi Anda untuk meningkatkan berat badan si kecil. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ini adalah beras, daging sapi cincang, seledri, wortel, dan air. Cara membuatnya:
  1. Masak beras yang sudah dicuci dengan menggunakan air atau air kaldu, hingga menjadi bubur,
  2. Selama memasak bubur, potong seledri dan wortel, kemudian masukkan ke dalam masakan bubur bersama dengan daging sapi, dan
  3. Haluskan dan saring bubur sebelum diberikan kepada anak.


Resep bubur kentang dengan kaldu
Resep bubur bayi 7 bulan untuk penambah berat badan yang kedua menggunakan bahan kentang dan juga air rebusan yang menggunakan kaldu. Sumber karbohidrat untuk sumber energi bagi si kecil tidak harus berasal dari beras. Kentang pun bisa menjadi sumber karbo yang dilengkapi dengan nutrisi lain, kentang juga sangat baik untuk berkontribusi dalam perkembangan otak.  Bahan yang perlu disiapkan adalah kentang, fillet ikan kakap, brokoli, tulang ayam, wortel, seledri, dan air. Cara membuatnya:
  1. Buat kaldu dengan merebus tulang ayam hingga airnya agak menyusut sedikit,
  2. Angkat tulang ayam, gunakan rebusan air kaldu untuk memasak kentang, wortel, ikan kakap, dan brokoli hingga matang,
  3. Haluskan bahan rebusan dengan menggunakan blender kemudian tambahkan seledri, dan
  4. Saring dan berikan kepada si kecil.


Resep bubur buah
Untuk menu sarapan atau ketika Anda ingin memberikan variasi makanan yang berbeda dari biasanya, Anda bisa membuat bubur dari buah dengan menggunakan susu sebagai pencairnya. Buah-buahan segar memiliki banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak untuk mendapatkan asupan gizi dan mempermudah tubuh untuk menyerap makanan yang masuk, dengan demikian berat badan pun bisa bertambah dengan ideal. Buah yang bisa Anda gunakan untuk membuat bubur misalnya pisang, alpukat, buah pear, apel, peach, bisa juga ubi jalar manis. Cara membuat bubur buah adalah:
  1. Cuci buah kemudian potong-potong agar lebih mudah untuk dihaluskan
  2. Haluskan buah-buahan dengan menggunakan blender, kemudian campur dengan menggunakan susu formula atau susu ASI
  3. Tidak hanya menggunakan satu buah, Anda juga bisa menggunakan beberapa macam buah untuk nutrisi yang lebih beragam. 


Resep bubur ikan dengan bayam
Bayam adalah salah satu bahan makanan populer yang mulai diberikan kepada bayi ketika ia sudah bisa diberikan MPASI. Anda bisa menggunakan bayam merah maupun bayam hijau karena dua-duanya sama-sama memiliki nutrisi yang sangat baik untuk si kecil. Bayam banyak mengandung vitamin A, vitamin C, fosfor, tiamin, folat, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi lainnya termasuk antioksidan yang sangat baik untuk melawan penyakit akibat radikal bebas. Bahan yang diperlukan untuk membuat resep bubur bayi 7 bulan untuk penambah berat badan ini adalah beras, fillet ikan, tahu, tomat, bayam merah/hijau, dan air. Cara membuatnya:
  1. Buat bubur dengan memasak beras dengan ikan dalam air, atau kaldu,
  2. Tambahkan tahu, tomat, dan bayam kemudian masak hingga matang, dan
  3. Masukkan ke dalam blender kemudian haluskan, saring dan berikan ke si kecil. 

Post a Comment for "4 Contoh Resep Bubur Bayi 7 Bulan Untuk Penambah Berat Badan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>