Sulit Makan : Kendala Dalam Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sulit Makan : Kendala Dalam Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Sulit makan adalah kebanyakan keluhan orang tua tentang anaknya saat datang berobat ke dokter anak. Sebagian besar dari orang tua ini bahwa solusinya adalah pemberian vitamin atau suplemen untuk merangsang nafsu makan. Seringkali para orang tua meminta dokter untuk meresepkan vitamin penambah nafsu makan tanpa perlu mengetahui penyebab permasalahan makan anak. Padahal banyak permasalahan makan anak, termasuk juga yang sering terjadi yakni anak hanya mau makan makanan yang cair. Tidak jarang anak menangis, lari menjauh, atau memuntahkan makanan yang telah dimakan karena sulit mengunyah atau menelan.

sulit makan kendala menambah berat badan bayi usia 9 bulan
bayi sedang makan

Penjelasan Sulit Makan Sebagai Masalah Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Penyebab dari sulit makan sangat beragam antara lain penyakit organik yang melatarbelakangi, interaksi biologis, dan faktor lingkungan terutama keluarga. Penyebab yang paling sering ditemukan ialah pemberian nutrisi yang kurang tepat tentang komposisi makanan, tekstur maupun teknik cara pemberian makanan. Indonesia memiliki banyak etnik dengan beragam kultur dan tradisi. Prilaku orang tua memiliki peranan penting dalam praktek pemberian makanan kepada anak. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang sosial budaya dan adat istiadat orang tua tersebut. Ada potret di daerah Indonesia bahwa ada anak dipaksa minum jenis jamu-jamuan tertentu yang mereka anggap dapat menambah nafsu makan, padahal justru ini dapat memunculkan trauma yang mendalam pada psikologis anak. Tidak jarang anak bertambah sulit makan.

Sulit makan yang berkelanjutan akan berdampak pada menurunnya asupan kalori yang dibutuhkan dan berujung pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada awalnya keadaan ini akan berpengaruh pada berat badan anak yang tidak naik atau malah menurun. Lama kelamaan akan mempengaruhi tinggi badan dan status gizi. Status gizi ini dinilai dari pengukuran antropometri antara lain berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Dilakukan juga pemeriksaan pada fisik anak yakni keadaan gigi geligi, kondisi mulut, kemampuan menelan, atau adanya gangguan saraf yang mengganggu proses makan. Berbagai macam hal yang menggaduh proses makan harus segera dideteksi dan ditatalaksana sesuai dengan penyebab yang melatar belakanginya.

Feeding Rules Untuk Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Sesuai dengan feeding rules oleh Bonnin, anak yang mengalami kesulitan dalam makan dapat dilakukan hal-hal berikut, antara lain:

Jadwal
  • Jadwalkan pemberian makanan utama dan snack selingan secara teratur.
  • Pemberian makanan sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 30 menit.
  • Jangan menawarkan atau menambahkan snack atau camilan lainnya sewaktu makan kecuali air putih untuk minum.
Lingkungan
  • Hadirkan lingkungan yang menyenangkan (tidak boleh ada paksaan saat pemberian makanan).
  • Siapkan saja serbet atau alas untuk makanan yang berantakan. Jangan terlalu keras memarahi anak bila berantakan.
  • Tidak ada distraksi lain seperti televisi, mainan, perangkat elektronik lain saat makan.
  • Jangan menjadikan makanan sebagai hadiah.
Prosedur
  • Pemberian makanan dilakukan dalam porsi kecil
  • Dahulukan makanan yang utama lalu diakhiri dengan minuman.
  • Ajarkan dan dukung anak untuk makan sendiri.
  • Bila anak menunjukkan tanda-tanda tidak mau makan (berpaling, menangis, atau menutup mulut), tawarkan kembali secara normal dan netral, tanpa bujukan atau paksaan.
  • Bilamana setelah 10 hingga 15 menit tetap tidak mau juga maka akhiri proses makan.
  • Mulut anak hanya boleh dibersihkan setelah proses makan selesai.
Prilaku para orangtua di negara Indonesia terkait beberapa hal tersebut masih sangat susah dilakukan, oleh karena kurangnya pemahaman. Sebagaian besar orangtua atau pengasuh bayi lebih cendrung membujuk dan atau menenangkan anak dengan bermacam cara agar anak mau makan. Justru hal ini mengganggu konsentrasi anak waktu makan. Bilamana anak tidak mau makan, seringkali orangtua menggantinya dengan penggunaan susu formula secara berlebihan. Cara ini sebenarnya salah karena anak akan merasa selalu kenyang sehingga semakin menolak makanan utama yang harus dimakan. Justru semakin sulit mengenal prilaku makan anak yang tepat dan benar. 

Pencegahan untuk sulit makan sejak dini ialah dengan penerapan aturan makanan (feeding behaviour) yang benar dan mengacu kepada feeding rules yang telah disebutkan di atas. Pengenalan makanan juga harus memenuhi empat syarat, antara lain:
  1. Tepat waktu yaitu disaat ASI tidak lagi memenuhi kecukupan nutrisi sang bayi.
  2. Adekuat dalam mencukupi kandungan nutrisi dan gizi sesuai dengan umur bayi.
  3. Aman dalam penyimpanan dan penyajiannya.
  4. Makanan diberikan kepada anak dengan cara yang benar (properly feed) dan dengan memperhatikan tanda serta sinyal kenyang dan lapar.
Dengan memberlakukan feeding rules diharapkan permasalahan sulit makan pada bayi dapat diatasi sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan berjalan lebih optimal dan tidak terjadi gangguan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter spesialis anak secara langsung bilamana anak masih tetap sulit makan.

👦👧 Pantau pertumbuhan berat badan balita Anda dengan klik tautan di bawah ini 👧👦
💖 Tabel Berat Badan Normal Balita Laki-Laki
💙 Tabel Berat Badan Normal Balita Perempuan

Daftar Pustaka Sulit Makan : Kendala Dalam Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

  1. Rommel N, DeMeyer AM, Feenstra L, Veereman-Wauters G. The complexity of feeding problems in 700 infants and young children presenting to a tertiary care institution. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition. 2003;37(1):75-84.
  2. UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI. Rekomendasi praktik pemberian makan berbasis bukti pada bayi dan batita di Indonesia untuk mencegah malnutrisi. 2015. H. 37-40.
  3. Bernard-Bonnin, A. Feeding problems of infants and toddlers. Can Fam Physician. 2006;52:1247-51.
  4. World Health Organization-Pan American Health Organization. Guiding Principles for Complementary Feeding of the breastfed child. Geneva;WHO-PAHO. 2003.
  5. WHO. Global strategy for infant and young child feeding. Geneva: World Health Organization. 2003.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Sulit Makan : Kendala Dalam Menambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>