Tips Cara Meningkatkan Stamina Kerja Jantung - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Meningkatkan Stamina Kerja Jantung

Bagaimana cara meningkatkan stamina kerja jantung Anda? Yuk simak tips nya di bawah ini. Cara kerja jantung yang lebih memiliki tenaga dan stamina akan membuat aktivitas tidak mudah terganggu sehingga hidup lebih berkualitas.

Jantung memiliki peran yang sangat penting sebagai distributor darah ke seluruh sel dan jaringan tubuh. Tiap denyutannya akan memompa darah yang ke sistem sirkulasi darah. Semakin kuat daya tahan dan stamina kerja jantung seseorang maka semakin baik dan stabil sistem peredaran darahnya.

Kekuatan jantung seseorang ditandai dengan kekuatan stroke volumenya. Stroke volume adalah jumlah darah yang dapat dipompa ke luar jantung. Kekuatan jantung ini biasanya berhubungan dengan aktivitas fisik.

Bilamana jantung memiliki kekuatan yang baik maka kecukupan jumlah darah ke jaringan akan terjamin. Orang tersebut pun akan memiliki denyut jantung istirahat yang lebih rendah. Mengapa? Hal ini dikarenakan dengan kebutuhan darah oleh sel dan jaringan dengan mudah tercukupi apalagi saat seseorang sedang dalam keadaan beristirahat.

Nah, bagaimana cara untuk memperkuat stamina dan mekanisme kerja jantung ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips dan Cara Meningkatkan Stamina Kerja Jantung

Organ jantung akan memiliki kekuatan yang bertambah bilamana pemiliknya berolahraga. Dalam penelitian disebutkan bahwa orang yang tidak atau jarang berolahraga memiliki risiko yang lebih besar menderita penyakit jantung bila dibandingkan dengan orang yang rutin dan sering berolahraga.

Di bawah ini ada beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mendapatkan jantung yang memiliki stamina yang kuat.
1. Latihan Interval
Apa itu latihan interval? Latihan interval adalah suatu metoda dalam berlatih dengan cara menggabungkan latihan intensitas normal dan tinggi. Latihan ini sangat baik untuk upaya mencegah terjadinya penyakit jantung, penyakit diabetes mellitus, mengurangi berat badan, dan memperbaiki kebugaran.

cara-meningkatkan-stamina-kerja-jantung
ilustrasi latihan interval

Contoh latihan ini adalah saat seseorang melakukan jalan kaki dengan kecepatan yang normal dalam waktu 3 menit kemudian diikuti dengan langkah kaki yang lebih cepat dalam waktu 1 menit. Latihan seperti ini akan meningkatkan dan menurunkan denyut jantung. Latihan ini diharapka dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah (khususnya pembuluh darah koroner), pembakaran kalori (glukosa dan lemak darah), dan pengaturan efisiensi tubuh.

2. Total Body Workout
Total body workout adalah bentuk latihan dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Bentuk latihan ini dimaksudkan sebagai cara meningkatkan stamina kerja jantung. Mengapa? Oleh karena semakin banyak anggota tubuh yang bergerak maka semakin tinggi kebutuhan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk mengimbangi kebutuhan ini maka organ jantung harus bekerja dengan lebih keras.

Contoh olahraga jenis total body workout ini adalah berenang dan menyelam, berlari, senam, cross-country skiing, dan lain-lain. Anda dapat melakukan kombinasi antara jenis latihan ini dengan latihan interval untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Latihan Beban
mekanisme-cara-kerja-jantung-manusia
gambar alat latihan beban
Bentuk latihan beban ini sebenarnya mirip dengan latihan interval. Hal ini dikarenakan latihan ini akan memacu jantung saat melakukan repetisi dan menurunkan kinerja jantung saat pergantian set. Kelebihan latihan ini adalah bahwa kita dapat mengatur seberapa stamina jantung yang kita harapkan dengan mengatur penggunaan beban selama latihan.

4. Latihan Inti dan Yoga
Latihan inti akan menambah kekuatan dan ketahanan otot inti. Selain itu, latihan ini akan menambah tingkat fleksibilitas dan keseimbangan. Contoh olahraga dan latihan ini adalah Pilates.

Jenis olahraga lain yang hampir mirip seperti latihan di atas adalah Yoga. Yoga akan membantu menurunkan tekanan darah karena meningkat keelastisan pembuluh darah. Tekanan darah yang stabil akan menurunkan cedera pada jantung berupa pembesaran dan kerusakan otot jantung. Pembuluh darah yang elastis akan mengurangi tekanan darah dan beban kerja jantung.

Nah, itu tadi 4 jenis olahraga dan latihan sebagai cara meningkatkan stamina kerja jantung yang dapat Anda lakukan baik secara sendiri ataupun menggunakan jasa trainer. Kedisiplinan dalam olahraga tentunya akan mendatangkan manfaat kesehatan yang baik.

Selain latihan tentunya banyak lagi yang mempengaruhi kinerja jantung. Anda penasaran tentang apa saja yang mempengaruhi pompa jantung manusia? Simak pada tautan di bawah ini.
👉 Faktor yang mempengaruhi kerja jantung
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Tips Cara Meningkatkan Stamina Kerja Jantung"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>