Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Alfamart - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Alfamart

Setelah melihat perkembangan pembayaran iuran melalui beberapa mini market termasuk indomaret maka BPJS kembali membuka kerja sama dengan mini market alfamart. Pihak BPJS menilai hal ini akan lebih mempermudah pembayaran iuran para peserta BPJS Kesehatan. Anda cukup mencari lokasi mini market alfamart terdekat dari lokasi domisili Anda. Cara Bayar iuran BPJS Kesehatan via alfamart ini kurang lebih sama dengan pembayaran via indomaret.

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui Alfamart

Hingga tahun 2015 Indomaret memiliki sekitar 11.400 gerai yang tersebar di kota-kota di Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Belum lagi gerai alfamart yang berjumlah kurang lebih 10.666 gerai tersebar di Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, dan Kalimantan.

Selain di dalam negeri, dilakukan pula ekspansi 77 toko Alfamart di Filipina. Tentunya, jumlah yang banyak ini akan membantu para peserta BPJS untuk melakukan pembayaran iuran dengan lebih mudah. Ini merupakan strategi yang jitu oleh BPJS dalam memberikan kemudahan bagi pesertanya.

Seperti Ini Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Alfamart

Adapun cara membayar iuran melalui Alfamart tidak lah sulit. Caranya sama dengan pembayaran yang dilakukan melalui indomaret. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:
  • Siapkan kartu BPJS Kesehatan Anda atau catat saja nomor kartunya saja di selembar kertas bila Anda tidak mau repot. (Anda juga bisa membayarkan iuran anggota keluarga Anda secara perwakilan dengan membawa atau mencatat nomor kartu BPJS Kesehatannya),
  • Datangi cabang ritel alfamart yang terdekat dengan domisili Anda,
  • Temui Kasir, utarakan maksud dan tujuan Anda ingin bayar Iuran BPJS Kesehatan,
  • Kasir akan melakukan cek melalui komputer,
  • Anda akan diminta menyebutkan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda,
  • Kasir akan mencetak struk bukti pembayaran Anda,
  • Anda bayar di kasir dan simpan struknya. (bayar sesuai dengan kelas kepesertaan Anda. Anda dapat melakukan sampai enam bulan ke depan supaya tidak merepotkan Anda untuk bolak-balik Alfamart),
  • Cek status pembayaran melalui sms gateway.


Cukup sederhana dan mudah sekali bukan. Sebenarnya pembayaran melalui indomaret atau alfamart itu adalah hal yang sama saja. Jadi, bilamana ada gerai indomaret atau alfamart di sekitar rumah Anda maka bisa dipakai salah satu dari keduanya.

Intinya bahwa diberlakukannya cara bayar iuran lewat alfamart ini agar lebih memperluas jaringan tempat pembayaran iuran BPJS sehingga memudahkan peserta merasakan manfaat BPJS Kesehatan dan menghindari denda karena keterlambatan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait:
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Alfamart"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>