Kode Diagnosis Penyakit Kejang Demam - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Diagnosis Penyakit Kejang Demam

Artikel ini menyampaikan kode diagnosis penyakit kejang demam yang cukup penting untuk tenaga kesehatan dalam melakukan proses entri pcare BPJS Kesehatan. Kode ini bersumber dari kode ICD X yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Bila Anda ingin mengetahui daftar kode ICD X untuk penyakit yang ada di fasilitas kesehatan tingkat pertama silahkan kunjungi tautan di bawah ini.

Sebelum masuk kepada pembahasan kode kejang demam ICD 10 nya, kami akan menjelaskan secara ringkas tentang penyakit ini kepada Anda. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan kesehatan Anda.

Kode Diagnosis Untuk Penyakit Kejang Demam

Pengertian Kejang Demam
Kejang demam ialah suatu serangan kejang akut yang terjadi yang berkaitan dengan meningkatnya suhu tubuh (biasanya lebih dari 38 derajat celsius) yang disebabkan oleh keadaan dari proses yang terjadi ekstra kranial.

Bangkitan kejang tidak memiliki hubungan dengan proses infeksi intra-kranial, trauma kepala, ketidakseimbangan elektrolit, kondisi hipoglikemia, dan hipoksia.

Kejang demam ini secara klinis dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu kejang demam sederhana dan kejang demam kompleks yang memiliki tanda dan gejala masing-masing.

Kejang demam bukanlah suatu penyakit yang mematikan. Belum pernah dilaporkan adanya kematian akibat penyakit ini. Penyakit ini juga tidak menimbulkan komplikasi yang berarti yang dapat mengganggu sistem saraf pusat. Pada umumnya kejang yang terjadi di bawah 30 menit tidak akan menimbulkan defisit neurologis.

Pengobatan Kejang Demam
Prinsip pengobatan dan penatalaksanaan kejang demam adalah upaya menghentikan kejang saat serangan kejang muncul dan usaha pencegahan agar kejang tidak bangkit kembali. Penggunaan obat-obatan anti kejang mutlak diperlukan dalam usaha penghentian serangan kejang akut. Beberapa obat-obat yang sering dipakai di fasilitas kesehatan tingkat pertama adalah sebagaimana yang tergambar pada tabel di bawah ini.

pilihan obat untuk menghentikan serangan kejang
gambar pilihan obat anti kejang

Berikut Kode Diagnosis Penyakit Kejang Demam untuk Entri BPJS

Kode Kejang Demam ICD X untuk Penyakit Kejang Demam
No. ICD - 10 : R56.0 Febrile convulsion.
Kode diagnosis ICD 10 kejang demam sederhana dan kompleks secara umum adalah sama. Untuk tingkat puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama lainnya cukup menggunakan satu kode ini

Kode ICPC - 2 untuk Penyakit Kejang Demam
No. ICPC-2 : N07 Seizure/ convulsion.

Semoga artikel kode diagnosis kejang demam ICD 10 ini mendatangkan manfaat khususnya bagi paramedis yang melakukan input data diagnosa.

Post a Comment for "Kode Diagnosis Penyakit Kejang Demam"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>