Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinus dan Cara Pengobatannya - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinus dan Cara Pengobatannya

Sinus adalah rongga yang berisi udara yang terdapat pada tengorak. Sinus berjumlah empat, yaitu  sinus maksilaris, sinus etmoidalis, sinus frontalis, dan sinus sfenoidalis yang terdapat pada dahi, tulang pipi, dan di belakang hidung.

Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinusitis
gambar sinus pada tengkorak

Sinus ini memiliki banyak fungsi misalnya membantu meringankan berat tengkorak, membantu resonansi suara, penyangga pada trauma wajah, pelembab dan pemanas udara, dan lain sebagainya. Sinus akan mengalami gangguan dan penyumbatan bila terjadi inflamasi akibat reaksi alergi ataupun penyakit infeksi. Penyakit infeksi yang umumnya terjadi adalah penyakit influenza. Bila tidak ditangangi dengan baik maka dapat menjadi penyakit infeksi sekunder akibat kuman atau bakteri.

Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinus

Gangguan pada sinus akan mengakibatkan inflamasi dan penyumbatan akibat mukus. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada rongga sinus. Tekanan yang tinggi akan menyebabkan nyeri yang dirasakan sebagai sakit kepala.

Gejala Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinusitis
Gejala yang dirasakan adalah sakit kepala yang bersifat konstan dan dalam yang dirasakan pada tulang pipi, dahi, dan bagian jembatan hidung. Sakit kepala akan dirasakan semakin berat bila penderita menggerakkan kepala secara tiba-tiba atau pada saat berada dalam ketegangan.

Gejala lain yang dirasakan dapat berupa, antara lain:
  • Keluar cairan dari hidung.
  • Perasaan penuh pada telinga.
  • Demam.
  • Pembengkakan pada daerah wajah.


Gejala sakit kepala yang dirasakan berulang seringkali membuat rancu antara migrain, tension headache, dan sakit kepala akibat sinusitis. Untuk itu perlu pemahaman yang baik tentang hal ini agar memudahkan dalam pemberian terapi dan manajemen pengobatan.

Sakit kepala yang bersifat kronis (berulang-ulang dalam jangka lama) tanpa gejala lain, akan membutuhkan tidak hanya pemeriksaan fisik tetapi juga pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah CT scan atau MRI untuk melihat adanya sumbatan pada rongga sinus.

Pengobatan Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinus

Tujuan pengobatan adalah untuk menghilangkan gejala dan mengobati penyebab gangguan sinus. Untuk penyakit infeksi biasanya diberikan pengobatan antihistamin, dekongestan, dan antibiotik. Antihistamin membantu untuk mengurangi reaksi alergi sehingga produksi cairan, pembengkakan, dan rasa gatal pada hidung atau rongga sinus semakin berkurang. Biasanya dokter akan memberikan kombinasi antihistamin dan kortikosteroid bila derajat peradangan sinus dinilai cukup parah.

Dekongestan berperan dalam membantu melancarkan pengeluaran mukus dari rongga  sinus ke hidung. Obat dekongestan yang digunakan dapat berupa sediaan obat makan atau obat inhalasi. Anda dapat menggunakan dekongestan inhalasi pada tahap awal untuk mendapatkan hasil yang cepat. Penggunaan obat inhalasi hanya dibolehkan selama 3 hari saja. Hal ini dikarenakan obat ini dapat meningkatkan tekanan darah bila digunakan lebih lama. Peningkatan tekanan darah justru akan memicu serangan sakit kepala lainnya.

Antibiotik berfungsi untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Penggunaan obat ini harus berdasarkan instruksi dokter. Pemakaian antibiotik yang tidak rasional akan menimbulkan efek pada kemudian harinya. 

Pemakaian obat yang penting lainnya adalah obat anti nyeri kepala. Penggunaan obat didasarkan atas seberapa parah nyeri kepala yang dirasakan. Manajemen nyeri kepala yang baik akan membantu penderita tetap produktif.

Untuk kasus yang jarang pengobatan dilakukan dengan metode operasi. Ini dilaksanakan untuk mengangkat polip dan pembengkakan konstan yang ada di dalam rongga sinus. Prosedur ini biasanya memerlukan persetujuan dari penderita.

Pengobatan Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinusitis Secara Alami

Selain menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, sebenarnya Anda dapat mencobat pengobatan sakit kepala akibat sinusitis ini secara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah. Cara ini biasanya dipakai sebelum meminta bantuan saran dari dokter. 

Beberapa tips dan cara pengobatan yang dilakukan antara lain:
  • Minum air putih lebih banyak dari biasanya.
  • Menggunakan pelembab udara alami.
  • Menggunakan penghangat saluran pernafasan dengan bahan alami.
  • Menggunakan semprot hidung yang berisi cairan gram.
  • Dan banyak cara lainnya.


Nah, itu tadi ulasan sakit kepala akibat gangguan sinus. Sakit kepala sangat banyak macamnya sehingga diperlukan pemahaman akan informasi tentang tipe dan gejalanya. Silahkan gali informasi tentang tipe dan gejala sakit kepala lainnya pada blog ini.

Post a Comment for "Sakit Kepala Akibat Gangguan Sinus dan Cara Pengobatannya"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>