Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Sinusitis - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Sinusitis

Artikel ini akan membahas tentang kode diagnosis pcare BPJS Kesehatan berdasarkan ICD 10 untuk penyakit sinusitis. Artikel ini dengan sengaja kami buat untuk membantu memudahkan tenaga kesehatan khususnya di lingkungan fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam mengentri kode penyakit pasien dengan lebih mudah. Penyakit ini lumayan sering terjadi pada faskes primer.

Kode Diagnosis Pcare BPJS Untuk Penyakit Sinusitis

Sebelum kami sampaikan kodenya, ada baiknya kita mengenal secara singkat tentang penyakit ini. Silahkan dibaca informasi singkatnya di bawah ini.

Pengertian Sinusitis

Sinusitis merupakan suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus ini merupakan suatu rongga kecil yang terdapat di dalam tulang tengkorak yang saling terhubung melalui saluran udara. Tempat-tempat sinus yaitu di belakang tulang dahi, bagian dalam tulang pipi, pada dua sisi batang hidung, dan pada area di belakang mata.

Sinus ini akan menyekresikan mukus atau lendir yang bermanfaat dalam penyaringan dan pembersihan bakter dan zat-zat lain di udara yang terhirup. Selain itu, keberadaan sinus mampu membantu dalam pengendalian dan kelembapan udara yang masuk ke organ paru-paru.

Tipe-Tipe Sinusitis

Dikenal ada berbagi tipe sinusitis berdasarkan lama perjalanan penyakinya, yaitu:
1. Sinusitis akut
Ini merupakan jenis yang paling sering terjadi. Ini biasanya berlangsung dalam 2 hingga 4 minggu.

2. Sinusitis subakut
Jenis ini akan berlangsung dalam 4 hingga 12 minggu.

3. Sinusitis kronis
Jenis ini berlangsung selama lebih dari 12 minggu. Jenis ini bahkan dapat berlanjut hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

4. Sinusitis kambuhan
Jenis ini akan kambuh biasanya sampai lebih dari 3 kali dalam setahun.

Kode Diagnosis Penyakit Sinusitis untuk Entri Pcare BPJS Kesehatan

Kode Diagnosis Penyakit Sinusitis untuk Entri Pcare BPJS Kesehatan

Adapun kode diagnosis penyakit sinusitis untuk dipakai dalam entri pcare BPJS Kesehatan ialah:
  • Penyakit hidung dan sinus hidung lainnya: J.30.0 - J.30.2 ; J.33 ; J.34.0 - J.34.3
  • Sinusitis kronik : J.32

Kode-kode di atas disadur dari kode ICD X. Untuk melihat kode-kode diagnosa lainnya dari keseluruhan penyakit dapat di lihat di tautan di bawah ini:

Nah, itu tadi artikelnya. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi para pembaca terutama tenaga kesehatan yang berkutat dengan kode di era BPJS.

Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Sinusitis"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>