Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Osteoartritis (OA) - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Osteoartritis (OA)

Pada artikel ini kami akan menjabarkan tentang kode diagnosis pcare BPJS Kesehatan berdasarkan ICD 10 untuk penyakit OA atau osteoartritis. Diharapkan dengan kehadiran artikel ini dapat membantu tenaga kesehatan dalam melakukan entri kode penyakit dengan lebih mudah. Penyakit ini sangat menjadi keluhan pasien dalam kunjungan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Kode Diagnosis Pcare BPJS Untuk Penyakit OA - Osteoartritis

Sebelum kita menjabarkan kodenya, mari kita ketahui secara singkat tentang penyakit ini. Yuk silahkan dibaca!

Kode Diagnosis Pcare BPJS Untuk Penyakit OA

Osteoarthritis merupakan suatu keadaan yang membuat sendi-sendi terasa nyeri, kaku, hingga bengkak. Ini merupakan jenis artritis (radang sendi) yang paling sering terjadi.

Umumnya penyakit ini mengenai sendi tangan, lutut, pinggul, dan juga tulang punggung. Namun, kemungkinan sesndi-sendi lainnya dapat juga terjadi.

Penyebab dan Faktor Risiko Osteoarthritis (OA)

Tulang rawan pada sendi mengalami kerusakan secara perlahan pada kasus ini. Tulang rawan adalah suatu jaringan ikat padat yang bersifat kenyal, licin, lagi elastis. Tulang rawan ini membungkus sendi dan menjadi pelindung sendi saat terjadi gerakan ataupun gesekan.

Bilamana tulang rawan telah rusak maka dengan mudah sendi akan saling mengalami gesekan. Gesekan dan tabrakan antar sendi dapat menimbulkan peradangan dan rasa nyeri.

Beberapa faktor yang mendasari terjadinya penyakit ini adalah:
  • Umur,
  • Jenis kelamin,
  • Cedera pada bagian sendi.
  • Obesitas atau kegemukan,
  • Pengaruh keturunan
  • Menderita radang sendi lain, seperti radang sendi karena asam urat dan rematik,
  • Cacat tulang (cacat pada tulang rawan atau pada cacat pada sendi), 
  • Pekerjaan atau aktivitas fisik yang membuat seseorang mengalami penekanan di titik tertentu secara terus-menerus.


Gejala Penyakit Osteoarthritis (OA)

Gejala yang utama dari penyakit OA ini adalah rasa sakit dan kaku pada sendi. Rasa nyeri ini umumnya timbul saat sendi digerakkan sementara sensasi kaku akan muncul saat sendi tidak digerakkan (seperti saat bangun pagi).

Beberapa gejala dan tanda lain yang dapat menyertai, yaitu:
  • Sifat lentur sendi menurun.
  • Muncul suara sensasi gesekan saat sendi digerakkan.
  • Sendi yang mudah nyeri.
  • Otot melemah dan massa otot yang berkurang.


Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang penyakit osteoartritis. Saatnya kita masuk ke bagian utama.

Kode Diagnosis Penyakit OA (Osteoartritis) untuk Entri Pcare BPJS Kesehatan

Adapun kode diagnosis penyakit OA untuk digunakan dalam endtri pcare BPJS Kesehatan adalah M19.9. Seperti diketahui di atas bahwa kode ini disadur dari kode ICD X. Untuk melihat kode-kode diagnosis keseluruhan penyakit dapat di lihat di tautan di bawah ini:

Nah, itu tadi artikelnya. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi para pembaca terutama tenaga kesehatan yang berkutat dengan kode di era BPJS.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kode Diagnosis BPJS untuk Penyakit Osteoartritis (OA)"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>