Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil dan Menyusui - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil dan Menyusui

Apa kegunaan minum susu kedelai bagi ibu hamil dan menyusui? Adakah khasiat susu kacang kedelai untuk ibu menyusui? Dan banyak pertanyaan lain yang akan kita bahas di sini.

Periode kehamilan dan menyusui adalah masa dimana sang ibu perlu mendapat asupan makanan yang sehat. Makanan ini berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan dan saat masa menyusui.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Menyusui
gambar susu kedelai yang cocok untuk ibu hamil dan menyusui

Salah satu yang dapat dikonsumsi ibu saat hamil dan menyusui adalah susu kedelai. Sangat banyak sekali manfaat susu ini bagi perkembangan janin dan bayi yang masih dalam periode menyusui. Kedelai ini dapat dijadikan alternatif tips cara sehat bagi janin dalam kandungan, anak, ataupun ibu.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Di bawah ini adalah penjelasan mengapa susu kedelai mampu memberikan manfaat kepada ibu hamil dan menyusui. Yuk mari kita simak satu-persatu.
1. Susu Kedelai Mengandung Asam Folat
Kedelai memiliki kandungan kaya nutrisi dan vitamin, salah satu darinya adalah komposisi asam folat nya. Asam folat merupakan salah satu zat yang diperlukan dalam proses perkembangan janin dalam kandungan dan perkembangan bayi setelah proses persalinan.

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil muda juga sangat banyak. Kegunaan asam folat sangat penting pada awal kehamilan. Periode awal kehamilan adalah periode pembentukan organ-organ tubuh termasuk otak. Pertumbuhan otak yang baik akan mendukung perkembangan yang baik pula nantinya.

Sumber zat asam folat bagi ibu hamil dan menyusui salah satunya adalah kedelai. Selain itu, kedelai juga mengandung zat gizi dan nutrisi lainnya seperti vitamin A, protein, dan lemak yang baik.

2. Dapat Membantu Mengurangi Kolesterol Jahat
Kolesterol dapat memberikan dampak kesehatan tubuh. Banyak gangguan kesehatan yang disebagkan oleh tumpukan kolesterol jahat. Lantas apakah konsumsi kedelai memiliki efek pada jumlah kolesterol?

Dilansir dari American Heart Association, bahwa mereka menyimpulkan tentang peran kedelai dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) walaupun perannya tidak signifikan. Kedelai juga dapat mengontrol komposisi janis lemak tubuh karena kedelai memiliki kandungan sedikit lemak jenuh ketimbang susu sapi.

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil tua juga dirasakan. Mengonsumsi susu kedelai selama periode kehamilan dipercaya akan dapat memberikan bantuan pada ibu untuk menjaga berat badan ibu. Selain itu, ibu akan menyimpan cadangan lemak yang baik di dalam badannya.

3. Sumber Serat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

adakah kegunaan susu kacang kedelai untuk wanita hamil
susu kedelai dalam masa kehamilan

Masalah pada sistem pencernaan termasuk masalah yang cukup sering muncul pada masa kehamilan. Beberapa ibu yang menyusui juga mengalami hal ini. Penyebab nya bukan hanya karena proses pertumbuhan bayi di dalam rahim, tetapi juga karena selera makan sang ibu yang berubah-ubah selama periode ini sehingga mengurangi kebutuhan serat bagi tubuh.

Konsumsi susu kedelai dapat menjadi alternatif sumber serat. Banyak wanita hamil yang tidak terlalu menyukai sayuran yang kaya serat. Untuk dapat memenuhi kebutuhan akan serat maka susu kedelai mampu menjadi solusi lain pemenuhan serat dengan rasa yang enak.

Kegunaan Susu Bagi Ibu Menyusui dan Hamil Lainnya

4. Susu Kedelai Sebagai Sumber Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber utama energi untuk sang ibu. Umumnya ibu hami dan menyusui mengalami kelelahan. Kebutuhan energi yang bertambah lantaran keberadaan janin, bayi, dan tuntutan aktivitas membuat mudah lelah.

Susu kedelai dapat dijadikan sumber energi alternatif karena juga mengandung karbohidrat. Susu ini memberikan rasa yang enak yang dapat membangkitkan mood dan perasaan sang ibu. Kelelahan akan berkurang karena suasana fisik dan perasaan dalam kondisi yang baik.

Namun, penting untuk diingat oleh ibu bahwa tidak boleh menjadikan susu kedelai sebagai sumber energi utama. Penggantian sumber energi ini akan berdampak bagi kesehatan ibu lantara budaya Indonesia adalah menjadikan nasi sebagai sumber utama energi. Susu kedelai dapat dijadikan sumber energi pendamping.

5. Meningkatkan Imunitas (Sistem Kekebalan Tubuh)
Susu kedelai berperan dalam imunitas dan kekebalan sel tubuh manusia. Wanita hamil yang memang kondisinya rentan terhadap berbagai agen infeksi dapat menjadikan susu kedelai ini sebagai alternatif anti infeksi. Silahkan baca lebih lengkap pada jurnal ini:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18797128

Kandungan zink yang ada di dalamnya juga dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh. Dengan daya imunitas yang baik maka infeksi oleh virus dan bakteri dapat dicegah. Janin yang ada di dalam kandungan atau bayi yang sedang menyusui semakin kecil kemungkinannya terkena infeksi.


Susu Kedelai nyatanya juga mengandung zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu. Daya kekebalan tubuh yang baik pada tubuh ibu bisa melawan segala virus maupun penyakit yang akan menyerang. Dengan begitu, kesehatan ibu pada masa kehamilan maupun menyusui akan terus terjaga.

6. Membantu Mencegah Penyakit Anemia
Susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B12. Diketahui bahwa vitamin ini berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Proses produksi sel darah merah yang terganggu dapat menimbulkan penyakit anemia. Belum lagi kondisi kehamilan yang relatif membuat jumlah sel darah merah berkurang jumlahnya karena penambahan jumlah cairan ibu.

Penyakit anemia selama masa kehamilan akan berkemungkinan mengakibatkan bayi berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, hingga kematian janin. Konsumsi susu kedelai ini adalah salah satu cara dari banyak cara mengatasi penyakit anemia.

Nah, itu tadi enam manfaat susu kedelai untuk perempuan hamil. Anda dapat menjadikan minum susu kedelai sebagai budaya, akan tetapi juga harus disertai dengan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan sehat lainnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan silahkan bagikan informasi ini kepada keluarga, kerabat, dan teman-teman Anda.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Susu_kedelai
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/expert-answers/soy/faq-20057758
https://www.verywellfit.com/a-reader-asks-about-soy-milk-2242523
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18797128

Post a Comment for "Manfaat Susu Kedelai Buat Ibu Hamil dan Menyusui"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>