Manfaat Susu Kedelai Melilea Bagi Kesehatan Tubuh - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Susu Kedelai Melilea Bagi Kesehatan Tubuh

Susu kedelai organik melilea sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain minuman ini menawarkan rasa yang enak dan segar, manfaat susu kedelai melilea ini juga sangat banyak untuk kesehatan.

khasiat dan manfaat susu kacang kedelai organik melilea
gambar susu kacang kedelai organik melilea

Susu kedelai adalah olahan susu yang bersumber dari biji kedelai yang cukup mudah untuk didapatkan. Susu ini memiliki cita rasa tersendiri dan cukup menjadi favorit bagi banyak kalangan. Manfaat nya yang seabrek juga membuat susu ini menjadi pilihan selain susu sapi.

Berbagai studi memperlihatkan hasil bahwa bilamana wanita yang mengonsumsi susu kedelai organik tiap harinya akan mempunyai risiko terjadinya pengeroposan tulang yang lebih kecil sebanyak 56% bila dibandingkan dengan perempuan yang tidak meminum nya.

Selain itu, susu kedelai juga mampu meringankan gejala menopause yang terjadi pada perempuan karena memiliki kandungan hormonnya. Fungsi kognitif pada wanita yang berusia di bawah 65 tahun akan dibantu dengan merutinkan konsumsi susu kedelai.

Khasiat susu kacang kedelai melilea ini sebenarnya banyak. Hal ini tidak lepas dari nutrisi dan zat gizi yang ada dalam kandungannya. Beberapa kandungannya antara lain karbohidrat, protein, lisin, vitamin E dan K, fiber, serta asam lemak esensialnya.

Kandungan Susu Kedelai Melilea

Protein
Susu kedelai memiliki jumlah protein yang sama dengan susu sapi kebanyakan, akan tetapi kandungan kalorinya lebih rendah. Setiap cangkir susu kedelai akan memiliki kandungan 7 gram protein. Susu kedelai dapat dijadikan sebagai sumber protein yang kompleks karena mengandung 9 asam amino esensial. Asam amino ini akan berguna dalam fungsi fisiologis organ tubuh.

Tubuh akan mudah membentuk berbagai protein bila tersedia bahan bakunya berupa asam amino. Asam amino ini akan diubah menjadi protein yang dapat berguna sebagai antibodi untuk sistem kekebalan tubuh, enzim-enzim yang bermanfaat dalam katalis metabolisme tubuh, serta sebagai sumber energi selain karbohidrat

Mineral dan Vitamin
Susu kedelai ini juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan manusia. Kandungan vitamin B12 yang ada di dalamnya akan membantu hemoglobin dalam mencegah penyakit anemia.

Kebanyakan vitamin B12 berasal dari telur dan susu sapi. Nah, susu kedelai ini dapat dijadikan alternatif asupan vitamin B12 bagi mereka yang vegetarian yang tidak mengonsumsi susu sapi. Kandungan susu kedelai juga sudah difortifikasi dengan vitamin D sehingga mampu mendukung kesehatan tulang.

Lemak, Kalsium dan Magnesium, Serta Zink
Kacang kedelai ini memiliki kandungan asam lemak misalnya omega-3. Ini dapat membantu untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan tubuh manusia. Kadar LDL yang terkontrol akan mencegah risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan atau serangan jantung.

Kalsium dan magnesium yang ada dalam kacang kedelai digadang-gadang bisa mengurangi gejala migrain, mengontrol kadar gula darah, dan juga mengurangi gejala sebelum terjadinya haid. Susu kedelai juga mempunyai kandungan zat besi yang memiliku fungsi dalam sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Susu Kedelai Melilea Untuk Kesehatan

Nah setelah kita mengetahui komposisi dan kandungan dari susu kedelai ini selanjutnya kita akan bahas beberapa manfaatnya untuk tubuh manusia. Beberapa diantaranya antara lain:

Manfaat susu kedelai melilea untuk kesuburan


manfaat susu kedelai melilea untuk kesuburan
gambar alat tes kehamilan

Akhir-akhir ini sering dikaitkan antara susu kedelai dengan infertilitas. Banyak yang bertanya adakah khasiat susu kedelai bubuk dengan kesuburan? apa saja kegunaan susu kacang kedelai untuk masalah kesuburan? Dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Secara umum susu kedelai memberikan banyak manfaat untuk tubuh wanita. Beberapa diantaranya untuk meringankan gejala menopause, pencegah kanker, dan sumber protein yang baik dalam periode kehamilan.

Namun, bagi perempuan yang dalam penantian kehamilan, konsumsi susu kedelai dan produk kedelai olahan lainnya harus dibatasi dalam jumlah sedang. Mengapa? Hal ini dikarenakan kedelai mengandung estrogen turunan (sering disebut dengan isoflavon). Peningkatan hormon estrogen ini akan memberikan efek pada tubuh wanita.

Beberapa studi menunjukkan hasil bahwa konsumsi protein kedelai yang tinggi dalam durasi jangka panjang akan memperlama waktu menstruasi dan menurunkan kadar FSH dan LH. Apakah berbahaya? Jangan panik!!! Hal ini tidak akan membuat Anda mandul.

Umumnya orang tidak akan memakan 60 gram protein kedelai dalam satu hari selama lebih dari sebulan. Jika Anda melakukannya maka mungkin saja Anda akan mengalami kemandulan. Kami garis bawahi bahwa kemungkinan dapat saja muncul.

Jadi, apakah ada manfaat susu kedelai melilea untuk kesuburan? Jawabnya ya, akan tetapi harus dalam jumlah yang cukup dan bervariasi dengan makanan yang lainnya.

Manfaat susu kedelai melilea untuk ibu hamil dan menyusui
Susu ini sangat bermanfaat untuk ibu yang hamil dan menyusui. Susu ini dapat dijadikan alternatif sumber karbohidrat dan protein yang berguna untuk kebutuhan bumil dan busui. Selain itu kandungan vitamin dan mineralnya juga bermanfaat dalam fungsi fisiologis organ tubuh seperti antibodi, metabolisme, dll.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan baca di sini:

Manfaat susu kedelai melilea untuk kecantikan

Telah dilakukan sebuah penelitian klinis di Jepang tentang efek kesehatan dari kedelai terhadap kesehatan kulit. Objek penelitiannya adalah wanita yang telah menopause. Kepada para perempuan ini diberikan satu cangkir susu kedelai setiap hari selama delapan minggu.

manfaat susu kedelai melilea untuk kecantikan
gambar alat kosmetik kecantikan

Lalu mereka disuruh untuk mengisi kuesioner tentang kulit wajah (pertanyaan seputar kelembaban, kekeringan, elastisitas, pigmentasi, dan tingkat kepuasan) sebanyak tiga kali yaitu pada awal penelitian, minggu kedelapan meminum susu kedelai, dan empat minggu setelah berhenti minum susu kedelai.

Dari hasil penelitian ini didapatkan laporan kuesioner yang menunjukkan bahwa kondisi kulit membaik secara signifikan. Penilaian skor pada kulit juga dilakukan dimana 0 menunjukkan kepuasan terendah dan 10 adalah kepuasan tertinggi. Pada kuesioner pertama skor kulit rata-rata adalah 2, kuesioner kedua adalah 8, dan menurun nilainya pada skor kulit pada kuesioner ketiga mendekati kuesioner pertama.

Dari penelitian ini kita mendapati adanya manfaat susu kedelai melilea untuk kecantikan. Hal ini berkaitan dengan kandungan hormon estrogen turunannya yang dapat mempengaruhi kondisi kulit. Baca lebih lengkap ulasannya di sini.
https://thesoyfoodscouncil.com/should-you-sip-soymilk-to-improve-your-skin-health/

Manfaat susu kedelai melilea untuk diet

Adakah manfaat susu kedelai untuk menurunkan berat badan? Apa saja khasiat susu kedelai dalam program diet? Dan masih banyak pertanyaan serupa. Yuk kita bahas.

Ya kedelai dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Tidak seperti lemak susu sapi yang sangat jenuh dan gampang mengendap, lemak dari kedelai baik bagi Anda. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam susu kedelai mampu menghambat lemak usus dan mengurangi penyerapan kolesterol. Fitosterol lah dalam kacang kedelai lah yang mampu berperan dalam penghambatan penyerapan lemak dan kolesterol jahat ini.

Dengan memasukkan susu kedelai dalam menu diet Anda maka itu sama halnya dengan menghambat penyerapan lemak dan kolesterol jahat ke dalam tubuh. Namun, tentunya menu diet seperti ini juga harus dibarengi dengan mengurangi asupan makanan berlemak dan berolahraga secara teratur. Agar manfaat susu kedelai melilea untuk diet ini lebih terasa.

Manfaat susu kedelai melilea untuk promil
Untuk bahasan yang satu ini silahkan baca di link di bawah ini. Oleh karena ada aturan khusus pemakaian susu kedelai untuk pasangan yang sedang dalam program hamil. Baca ya di tautan di bawah ini agar lebih mengerti.

Nah itu tadi beberapa kegunaan dan khasiat dari susu kacang kedelai. Sebenarnya ada banyak manfaat lain yang didapat dari susu yang satu ini. Namun, akan kami bahas pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18797128
https://www.sdfertility.com/blog/does-soy-cause-infertility
https://thesoyfoodscouncil.com/should-you-sip-soymilk-to-improve-your-skin-health/
https://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/weight-loss/drinking-soy-milk-for-weight-loss-does-it-work.html

Post a Comment for "Manfaat Susu Kedelai Melilea Bagi Kesehatan Tubuh"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>