Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet Kesehatan. Adakah? - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet Kesehatan. Adakah?

Khasiat dan kegunaan susu kedelai dalam program diet - Blog Kedokteran dan Kesehatan. Susu kedelai bersumber dari kacang kedelai yang direndam dan ditumbuk. Saat ini, minuman ini cukup populer di tengah masyarakat, khususnya pada kelompo vegetarian atau vegan.

Selain memiliki rasa yang enak, susu kedelai juga mempunyai kandungan gizi. Susu ini sarat akan protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang cocok untuk tubuh manusia. Seringkali juga susu kedelai digunakan untuk diet kesehatan.

Adakah Manfaat Susu Kacang Kedelai Untuk Diet ?

Apakah susu kedelai membuat gemuk seperti halnya susu sapi, atau malah sebaliknya? Mengapa banyak orang yang memiliki anggapan susu ini cocok dalam program diet? Mari kita simak penjelasan apakah ada kegunaan susu kacang kdelai untuk diet kita.

Menurut Tosca Reno dalam tulisan the Eat-Clean Diet, memberikan saran untuk makan kacang kedelai dalam usaha menurunkan berat badan. Ini adalah sumber makanan protein nabati yang mempunyai segudang kegunaan.

Susu kacang kedelai memilliki kandungan lemak tak jenuh yang sehat untuk tubuh manusia. Sebanyak kurang lebih 40% kalori dalam susu ini bersumber dari lemak. Lemak yang tak jenuh akan berperan dalam usaha menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan organ jantung, dan menjaga berat badan. Sementara itu, susu yang mempunyai kandungan lemak jenuh dan lemak trans justru akan menaikkan berat badan.

Manfaat susu kedelai bagi orang diet juga dirasakan saat tubuh mengalami kekurangan banyak nutrisi penting. Seringkali orang yang sedang menjalankan program diet terlalu memaksakan kehendaknya sehingga melakukan pantangan pada banyak makanan yang mengandung nutrisi penting. Nah, dengan adanya susu kedelai dalam menu diet maka kandungan asam lemak omega-3, vitamin B, kalium, zink, protein, vitamin, dan mineral lainnya dapat mencegah kurangnya nutrisi lebih lanjut.

Kegunaan susu kedelai bagi orang diet dapat dirasakan asalkan dipenuhi aturan dasar diet. Dalam program diet, Anda harus berusaha membakar lebih banyak energi daripada asupan energi yang masuk. Susu kacang kedelai akan membantu menaikkan nilai metabolisme dalam usaha menurunkan berat badan Anda.

Informasi Gizi Susu Kacang Kedelai
Susu ini memiliki komposisi lebih sedikit kalori dan gula bila dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan kalori nya akan lebih rendah dari susu krim. Satu cangkir susu ini kira-kira mengandung 80 kalori.

kandungan dan manfaat susu kacang kedelai untuk diet
gambar nutrisi susu kacang kedelai

Susu ini mengandung 3 gram serat makanan yang adalah 12% dari rekomendasi asupan harian. Serat ini juga berperan dalam mencegah untuk makan berlebihan. Kenapa? Oleh karena serat akan membuat Anda cepat merasa kenyang.

Susu sapi kebanyakan mengandung 12 gram gula. Sementara itu, susu ini jumlah gulanya setengah dari susu sapi tersebut.

Susu kacang kedelai memiliki kandungan 7 gram protein setiap cangkirnya. Ini menjadikannya sebagai salah satu sumber protein nabati.

Kandungan vitamin B12 dan Riboflavinnya adalah 3mcg dan 0,5mg dalam tiap cangkirnya. Vitamin B12 ini sudah mencukupi 50% dan riboflavin nya telah 30%dari nilai yang direkomendasikan. Vitamin ini juga akan mendukung proses metabolisme, pembakaran lemak, dan penurunan berat badan.

Total lemak dalam susu ini adalah 4 gram dimana setengah gram nya adalah lemak jenuh dan bebas dari lemak trans dan kolestrol. Ini adalah jumlah yang seimbang dan sehat untuk satu cangkir susu.

Studi Kegunaan Susu Kedelai Dalam Diet

Di bawah ini akan kami paparkan tiga penelitian yang menjelaskan efek susu kacang kedelai dalam penurunan berat badan pada wanita. Mari kita simak dengan baik-baik.
1. Studi pada wanita premenopause
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Dietetic Association menunjukkan bahwasanya wanita yang meminum 720 mL susu kedelai atau susu skim (susu tanpa lemak) mengalami penurunan berat badan dalam jumlah yang sama. Susu kacang kedelai menunjukkan khasiat untuk menurunkan berat badan sama seperti halnya susu skim.

Untuk penelitian ini, para peneliti memberi 14 wanita gemuk 720 mililiter susu skim atau susu kacang kedelai secara acak selama delapan minggu. Seteah itu mereka menjalani diet defisit 500 kalori berdasarkan data laju metabolisme mereka.

Makanan yang dikonsumsi terdiri atas 50 sampai 60 persen karbohidrat, 15 sampai 20 persen protein, dan kurang dari 30% adalah lemak. Setelah penelitian, para peneliti menemukan bahwa susu kedelai dan susu skim memiliki khasiat meningkatkan proses kehilangan lemak, berat badan, dan lingkar perut.

2. Studi pada wanita paska menopause
Wanita paska menopause akan cenderung bertambah berat badannya karena kadar estrogennya yang berkurang.

Dalam sebuah studi yang dipaparkan pada Pertemuan Tahunan Masyarakat untuk Studi Perilaku Pencernaan, para peneliti menjelaskan bahwa diet kaya kacang kedelai akan mencegah mencegah kenaikan berat badan pada tikus betina paska menopause. Mengapa? Oleh karena kacang kedelai memiliki kandungan fitoestrogen yang berperanda layaknya estrogen sehingga membantu mencegah kenaikan berat badan.

Manfaat susu kedelai melilea untuk diet

Di pasaran ada salah satu produk susu kacang kedelai yaitu melilea. Adakah kegunaan susu kedelai melilea untuk diet sehari-hari? Silahkan simak pada tautan di bawah ini.

Nah, itu tadi penjelasan tentang manfaat minum susu kedelai untuk diet. Selain enak, kegunaan minum susu kedelai untuk diet juga banyak. Silahkan dimasukkan dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Namun, penting untuk diingat bahwasanya susu kedelai biasanya jarang menimbulkan alergi. Bila Anda memiliki riwayat alergi terhadap susu ini maka sebaiknya hindari untuk menggunakannya. Silahkan gunakan susu skim yang rendah lemak.

Sumber Makalah Manfaat Susu Kedelai Bagi Diet
Lukaszuk, J.M., et al.,  “Preliminary Study: Soy Milk as Effective as Skim Milk in Promoting Weight Loss,” Journal of the American Dietetic Association, November 2007; 107(10):1811-1814. doi: 10.1016/j.jada.2007.07.008, last accessed June 19, 2017.

Keshavarz, S.A., et al., “Effect of Soymilk Consumption on Waist Circumference and Cardiovascular Risks among Overweight and Obese Female Adults,” International Journal of Preventative Medicine, November 2012; 3(11): 798-805.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3506092/, last accessed June 19, 2017.

“Is Soy Milk Fattening?” SFGate; http://healthyeating.sfgate.com/soy-milk-fattening-2271.html, last accessed June 19, 2017.

Baca juga topik terkait lainnya:

Post a Comment for "Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet Kesehatan. Adakah?"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>