Cara Menghilangkan Komedo Hitam Yang Membandel Secara Alami - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Yang Membandel Secara Alami

Masalah kulit dapat menjadi momok bagi mereka yang harus mengutamakan penampilan. Adanya problema kulit misal jerawat atau komedo akan mempengaruhi penampilan bagi sebagian orang. Masalah kulit umumnya terjadi karena kurang perawatan. Namun, ada beberapa kondisi yang walaupun sudah dilakukan perawatan, masalah tersebut tetap juga datang.

Kebanyakan orang yang mengalami masalah ini tidak mau mendatangi dokter. Alasannya variatif mulai dari ingin mencoba pengobatan herbal terlebih dahulu sampai kepada stigma biaya perawatan kulit yang relatif mahal.

Nah, berkaitan dengan itu kami akan membagikan tips tentang bagaimana cara menghilangkan komedo hitam dan putih yang membandel secara alami dengan menggunakan produk dan bahan-bahan yang sederhana. Yuk mari disimak!

5 Bahan Alami untuk Mengobati Komedo

Di sini kami akan membagikan informasi 5 bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi komedo putih dan hitam. Bahan-bahan ini dapat dengan mudah Anda dapatkan di pasaran.

1. Buah Tomat
Buah ini dapat dipakai sebagai cara menghilangkan komedo hitam membandel di hidung dan pipi. Tomat adalah buah alami yang memiliki kandungan anti-bakterial dan mampu mengeringkan komedo hitam. Buah ini juga mengandung likopen yang memiliki efek anti-oksidan yang kuat sehingga mampu mencegah semua bahaya yang disebabkan oleh radikal bebas kepada kulit.

cara menghilangkan komedo hitam membandel dengan tomat
gambar buah tomat

Anda hanya membutuhkan satu buah tomat. Kupas buah tomat untuk membuang kulitnya dan buatlah irisan. Kemudian geprek buah tomat agar lebih halus. Oleskan buah yang sudah dihancurkan ini ke permukaan kulit sebelum tidur. Diamkan selama semalaman dan cuci dengan air hangat keeseokan harinya.

Cara ini dapat Anda lakukan satu kali sehari setiap hendak tidur. Ini cocok diaplikasikan pada semua jenis kulit. Bila Anda memiliki alergi ringan terhadap buah tomat maka Anda dapat mencampurkan buah dengan air agar konsentrasinya lebih rendah.

2. Masker Tanah Liat
Metode dan cara alami dan ampuh mengatasi komedo hitam yang membandel selanjutnya adalah dengan menggunakan tanah liat. Tanah liat yang sudah dibersihkan mampu menyerap kotoran, lemak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Kulit akan terlihat bersih dan segar terutama pada bagian pori-pori. Pemakaian secara teratur dianggap mampu mengangkat komedo hingga ke akar-akarnya. Tanah liat juga dapat menjadi agen anti-bakterial yang alami.

cara menghilangkan komedo hitam membandel di hidung dengan tanah liat
gambar ilustrasi tanah liat

Anda cukup menyediakan satu sendok makan tanah liat yang sudah dibersihkan dan air secukupnya. Campurkan tanah liat tadi dengan air sampai membentuk pasta dengan konsistensi menengah. Oleskan pasta ini secara merata ke bagian wajah atau kulit yang mengalami komedo putih atau hitam. Diamkan untuk beberapa menit agar mengering. Kemudian bilas dengan air hangat lalu keringkan. Tambahkan pelembab kulit setelah kering.

Anda dapat melaksanakan hal di atas sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu. Cara ini cocok untuk semua jenis kulit baik yang berminyak ataupun yang kering. Sebelum menggunakan hendaknya periksa apakah Anda alergi terhadap tanah liat. Bila hanya alergi ringan, cara ini tetap bisa Anda pakai akan tetapi pasta harus dibuat dalam bentuk yang lebih encer.

Tips Cara Mengobati Komedo Hitam Yang Membandel Dengan Cepat Selanjutnya

3. Arang
Bahan yang digunakan bukan arang biasa melainkan arang aktif yang sudah dipaparkan dengan gas laboratorium agar susunannya lebih keropos. Peningkatan porositas ini bukannya tidak bertujuan. Hal ini berguna agar arang aktif dapat memiliki kemampuan penyerapan yang lebih baik.

cara mengobati komedo hitam membandel secara alami dengan arang
gambar ilustrasi arang

Arang akan menyerap kotoran, minyak yang berlebihan, dan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Arang yang baik akan mampu menyerap komedo hitam dan putih di bagian kulit. Bahan ini sangat cocok digunakan sebagai masker bersamaan dengan tanah liat.

Bahan yang dibutuhkan adalah 2 kapsul arang aktif (dapat dibeli di apotik), setengah sendok teh tanah liat, dan air bersih secukupnya. Keluarkan arang dari kapsulnya dengan hati-hati. Campurkan serbuk arang dengan air dan tanah liat. Aduk dan sesuaikan jumlah air hingga menjadi pasta yang berkonsistensi medium. Oleskan campuran ini ke permukaan kulit dan biarkan mengering. Setelah beberapa menit, cuci dan bilas menggunakan air hangat. Usapkan pelembab ke kulit setelah dikeringkan.

Anda dapat melakukan metode ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Cara ini sangat cocok untuk kulit yang berminyak dan yang mudah berjerawat. Seperti disebutkan di atas, hati-hati dalam penggunaan apabila Anda memiliki riwayat alergi.

4. Teh Hijau
Tah hijau mempunyai kandungan anti-oksidan yang kaya untuk membuat kulir menjadi besih sehingga terlihat sehat dan bercahaya. Teh hijau juga mampu menyerap kotoran dan membersihkan komedo secara cepat.

Anda cukup menyediakan 1 sendok teh daun teh hijau kering yang sudah ditumbuk dan air secukupnya. Campurkan daun teh tadi dengan air sehingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke permukaan kulit dan diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu dapat ditambah kan dengan pelembab agar tidak iritasi.

Anda dapat melakukan ini sebanyak satu kali seminggu. Cara ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Metode ini sangat murah dan mudah untuk dilaksanakan.

5. Buah Stroberi
Buah stroberi juga memiliki efek mengangkat komedo. Sifat basanya mampu mengurangi pembengkakan pada pori-pori yang tersumbat. Ini akan membantu melancarkan dan membersihkan pori-pori dari sebum berlebihan, kotoran, dan sel-sel kulit yang telah mati.

Buah ini juga diketahui kaya kan vitamin C. Vitamin akan memperbaiki elastisitas kulit dan membuatnya menjadi lembab. Selain rasanya yang membuat mood bertambah, ternyata buah ini memiliki khasiat untuk komedo.

Bahan yang Anda butuhkan adalah satu buah stroberi, setengah sendok teh madu, dan setengah sendok teh lemon. Giiling buah stroberi diikuti dengan mencampurkan lemon dan madu. Buat campuran menjadi bantuk pasta. Pasta ini dapat dioleskan ke permukaan kulit dan didiamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Kemudian, bilas dengan air yang agak dingin.

Anda dapat melakukan metode ini satu kali dalam beberapa hari. Cara ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, baik yang berminyak ataupun yang kering.

Nah, itu tadi informasi tentang tips cara ampuh menghilangkan komedo hitam membandel secara alami. Tips ini juga berlaku untuk komedo putih. Namun penting untuk diingat bahwa pemakaian tips ini harus mempertimbangkan riwayat alergi dan keadaan kulit masing-masing pengguna. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga topik sejenis:

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Komedo Hitam Yang Membandel Secara Alami"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>