Tips Cara Mengurangi Bengkak Merah Pada Jerawat dengan 4 Metode Mudah - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mengurangi Bengkak Merah Pada Jerawat dengan 4 Metode Mudah

Pembengkakan pada jerawat (radang kulit) dapat menimbulkan kerepotan. Apalagi bengkaknya timbul pada bagian kulit yang gampang untuk dilihat misalnya dahi, hidung, atau pipi. Bagi sebagian orang hal ini akan sangat mengganggu penampilannya. Nah, kami sajikan artikel ini sebagai tips cara mengurangi pembengkakan pada jerawat dengan cara alami.

tips cara mengurangi bengkak dan merah pada jerawat batu
gambar jerawat yang sedang meradang

4 Tips Sederhana untuk Mengurangi Pembengkakan Jerawat

Menggunakan Metode Tanaman Witch Hazel
Anda dapat memanfaatkan tanaman herbal witch hazel untuk mengatasi bengkak dan merah pada jerawat. Tumbuhan ini akan meredam proses inflamasi pada kulit yang terkena jerawat. Dengan peredaman ini maka proses kemerahan dan pembengkakan akan berangsur-angsur berkurang.

Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat mengurangi rasa gatal pada jerawat tadi. Dengan efek ini maka kecendrungan untuk menyentuh dan menggaruk jerawat akan semakin berkurang. Kontak yang minimal ini akan mengurangi risiko infeksi dan peradangan yang bertambah parah.

Namun, penting untuk diingat bahwa tanaman ini hanya berperan dalam proses peradangan. Untuk jerawat yang bersifat kronis apalagi dengan agen penyebab bakteri maka pengobatan harus dilakukan dengan mengeliminasi faktor penyebab. Penanganan dengan hanya menggunakan tanaman witch hazel ini hanya akan sekedar mengendalikan proses inflamasi bukan mengobati penyebab dasar. Untuk itu diperlukan terapi medis lainnya pada jerawat yang sifatnya membandel.

Menggunakan Metode Es Batu
Pembengkakan dan kemerahan pada jerawat seperti yang kita ketahui adalah akibat proses peradangan. Peradangan yang sama juga terjadi pada saat kita cedera atau bagian tubuh kita menabrak sesuatu dengan keras. Ini akan menimbulkan bengkak, merah, dan nyeri. Lalu kita pun mencari es batu untuk meredakannya.

Nah sperti itu jugalah prinsip dan cara mengurangi bengkak merah pada jerawat dengan menggunakan es batu ini. Diharapkan pembengkakan dan kemerahan akan berkurang dengan kita menempelkan es batu pada area kulit berjerawat yang sedang meradang.

Namun, Anda tidak diperbolehkan menempel secara langsung es batu pada kulit tersebut. Bungkuslah es batu dengan kain yang tidak terlalu tebal sebelum menempelkannya. Pembungkusan ini dilakukan untuk efek samping dari kontak langsung es batu dan kulit dengan tetap memberikan sensasi dingin pada kulit.

Penempelan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Tempellah dengan tekanan yang tidak terlalu kuat. Durasi waktu penempelan jangan terlalu lama, akan tetapi dilaksanakan dalam durasi singkat dan diulang-ulang. Ini akan membuat pembuluh darah menjadi rileks.

Tips Cara Mengatasi Bengkak Merah Pada Jerawat Berikutnya

Lalu apalagi tips cara menghilangkan bengkak merah pada jerawat lainnya? Simak dua metode lagi di bawah ini.
Menggunakan Metode Kantong Teh Celup
Teh celup yang Anda minum tiap hari dapat digunakan sebagai terapi jerawat yang meradang. Berikut ini cara memanfaatkannya.
  • Siapkan teh celup. Lebih diutamakan adalah teh celup hitam bukan yang hijau. Hal ini dikarenakan teh hitam ini mengandung tannin di dalamnya.
  • Siapkan air hangat untuk digunakan pada proses perendaman teh celup.
  • Celupkanlah kantong tadi dalam beberapa saat.
  • Setelah itu keluarkan dan peras secara ringan lalu biarkan menjadi dingin dalam beberapa saat.
  • Setelah dingin, tempelkanlah kantung tadi pada kulit Anda yang berjerawat.
  • Ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari pada kulit Anda.


Menggunakan Metode Lemon
Buah lemon mempunyai kandungan vitamin C dan E yang kaya. Kita ketahui bahwa vitamin ini sangat berperan dalam proses regenerasi kulit. Irislah buah lemon dengan tipis. Tempelkan pada kulit yang membengkak dan kemerahan. Diamkan beberapa saat dan dapat diulangi beberapa kali dalam sehari.

Irisan buah lemon ini akan membantu mengurangi proses peradangan. Selain itu, kandungan asam sitratnya juga akan membunuh bakteri-bakteri pada jerawat sehingga mencegah perkembangan penyakit lebih lanjut.

Nah, itu tadi keempat metode yang dapat dipakai sebagai tips cara menghilangkan bengkak merah pada jerawat. Anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah di rumah. Namun, bila Anda memiliki riwayat alergi terhadap salah satu dari bahan-bahan di atas maka pilihlah bahan lain yang tidak akan menimbulkan alergi. Selamat mencoba!

Sumber:

Post a Comment for "Tips Cara Mengurangi Bengkak Merah Pada Jerawat dengan 4 Metode Mudah"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>