Tips Menghindari Alergi - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghindari Alergi

Alergi adalah suatu penyakit akibat reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap suatu zat atau alergen yang pada individu normal tidak berbahaya, namun pada individu yang sensitif dapat memicu timbulnya reaksi alergi. Alergi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi obat-obatan, makanan tertentu, debu, kutu binatang, bulu binatang, serbuk sari, dan lain sebagainya. Gejala yang muncul sangat beragam, mulai dari yang ringan seperti gatal, hingga dapat memicu kematian.
 
Alergi ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Sebenarnya alergi tidak dapat diobati, namun dapat kita kurangi gejalanya dan 95 % alergi dapat kita cegah.
 
Berikut TIPS untuk mencegah agar alergi tidak muncul :
  1. Jika Anda mengetahui penyebab Anda alergi, sedapat mungkin hindari faktor tersebut.
  2. Jika alergi Anda disebabkan oleh obat tertentu, maka jika obat tersebut adalah obat bebas maka hentikan pemakaian, dan apabila obat terseebut adalah obat keras, maka kosultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda. Beritahukan tentang alergi Anda tersebut kepada dokter setiap kali Anda berobat.
  3. Sedapat mungkin menghindari menggaruk kulit yang gatal. Menggaruk hanya akan memperparah dan menyebabkan kerusakan pada kulit. Untuk mengatasinya gunakanlah krim anti gatal.
  4. Senantiasa jagalah rumah Anda tetap bersih dan bebas alergen. Misalnya dengan sering membersihkan bagian-bagian rumah yang sering meimbun debu, seperti karpet, gorden, sofa. 
  5. Untuk mengurangi gejala rinitis, maka perbanyaklah minum air, yaitu 8-10 gelas perhari. Hal ini akan mengencerkan secret hidung dan tenggorokan. Pada saat Anda tidur maka tinggikan posisi kepala untuk menghindari gejala hidung tersumbat.
  6. Untuk penderita dermatitis atopik, maka lindungi kulit agar tidak terlalu lembab, teriritasi, dan/atau tergesek pakaian, serta kurangi stress emosional.
  7. Untuk mencegah urrtikaria, hindari makanan yang banyak mengandung tartazine yaitu zat pewarna kuning dalam makanan, atau makanan yang diawetkan dengan benzoat, serta minuman yang mengandung alkohol.
  8. Pilihlah makanan yang tidak mengandung bahan alergen. Perhatikan dengan seksama kemasan makanan yang akan Anda konsumsi, mulai dari bahan utama, zat-zat pengawet, atau zat tambahan lain yang terkandung dalam makanan tersebut.
Daftar pustaka: MIMS Indonesia petunnjuk dan Konsultasi Edisi 11 2011/2012.

Post a Comment for "Tips Menghindari Alergi"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>