Tips Cara Mengatasi Anak Tersedak - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Mengatasi Anak Tersedak

Tips cara mengatasi anak tersedak - Kedokteran dan Kesehatan. Bayi atau anak yang tersedak merupakan suatu kondisi kegawatdaruratan medis. Hal ini dikarenakan benda yang membuat tersedak dapat mengganggu jalan nafas dan pernafasan. Anak yang tersedak membutuhkan tatalaksana cepat untuk mennghidari masalah kesehatan lanjut.

Namun, seringkali keadaan ini menimbulkan kepanikan kepada orang tua. Nah, artikel tips cara mengatasi anak tersedak ini kami sajikan untuk membantu mengurangi kepanikan yang terjadi. Tulisan ini sebenarnya ditujukan untuk tenaga medis dan paramedis yang berkemungkinan memberikan tatalaksana anak tersedak. Akan tetapi tidak ada salahnya masyarakat awam mengetahui dan memahaminya siapa tahu keahlian ini dibutuhkan di saat-saat genting sebagai pertolongan pertama.

Tatalaksana Anak Tersedak

Tips dan cara mengatasi anak tersedak ini kami dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan usia, yaitu penanganan bayi tersedak umur kurang dari 1 tahun dan anak usia lebih dari 1 tahun. Silahkan di simak di bawah ini.

Tatalaksana Bayi Tersedak (Bayi umur kurang dari 1 tahun)

Berikut ini adalah langkah-langkah penanganan kasus balita tersedak.
  • Bila melihat seorang bayi tersedak maka sang penolong harus segera meraih atau menghampiri bayi.
  • Tumbuhkan rasa percaya diri dan kurangi kepanikan diri sendiri dan orang sekitar. (Salah satu usaha untuk menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan memahami teori cara mengatasi bayi tersedak itu sendiri).
  • Perintahkan orang lain untuk mencari bantuan medis terdekat (sebagai usaha antisipasi bila pertolongan pertama ini gagal).
  • Letakkan bayi pada lengan atau paha Anda dengan posisi telungkup dimana bagian kepala lebih rendah dari posisi dada dan perut.
  • Lakukan 5 kali pukulan pada punggung (tepatnya di bagian interskapula/ diantara dua tulang sayap) dengan memakai bagian tumit dari telapak tangan Anda. Tindakan ini dikenal dengan istilah Back blows. Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.


Tips cara mengatasi anak bayi tersedak
gambar tindakan back blows
sumber: buku pelayanan kesehatan anak

  • Bila benda yang penyebab masih ada, maka balikkan bayi menjadi posisi terlentang.
  • Lakukan 5 kali pijatan dada dengan memakai 2 jari Anda (biasanya jari telunjuk dan jari tengah). Di bagian mana tepatnya Anda melakukan pijatan. Buatlah garis lurus khayal yang menghubungkan kedua puting susu bayi Anda. Pemijatan dilakukan pada satu jari di bawah titik tengah garis khayal tadi. Nah, tindakan ini dikenal dengan Chest thrusts. Ini sekilas memang mirip dengan pijat jantung bayi, akan tetapi jumlah, irama, dan posisi pijatan sangat berbeda.


cara mengatasi balita tersedak saat tidur
gambar tindakan chest thrusts
sumber: buku pelayanan kesehatan anak

Apa yang dilakukan bila masih tersedak?
  • Anda harus memeriksa apakah benda penyebab tersedak sudah naik dan berada di mulut bayi. Raih dan keluarkan benda yang membuat tersedak bila dapat dijangkau.
  • Lakukan kembali back blows dan chest thrusts untuk mengeluarkan benda penyebab.

Tatalaksana Anak Tersedak (Anak usia lebih dari 1 tahun)

Pada intinya penanganannya sama dengan yang di atas.
  • Posisikan anak dalam keadaan tengkurap dengan bagian kepada lebih rendah.
  • Lakukan 5 kali pukulan pada punggung anak dengan memanfaatkan bagian tumit dari telapak tangan Anda. Posisi pukulan sama yaitu pada interskapula.
  • Lakukan seperti gambar di bawah ini.


pertolongan pertama anak bayi tersedak
gambar tindakan back blows
sumber: buku pelayanan kesehatan

  • Bilamana benda yang menyebabkan anak tersedak masih ada maka berbaliklah ke bagian belakang anak.
  • Buat kedua tangan Anda dalam posisi melingkari badan anak dimana pertemuan kedua tangan Anda dikepal dalam satu kepalan
  • Posisikan kepalan tadi di bagian bawah tulang sternum anak (bawah tulang dada atau area ulu hati).
  • Lakukan hentakan terutama bagian kepalan ke arah belakang atas. Lakukan tindakan ini sebanyak 5 kali. Tindakan ini dinamakan perasat Heimlich.

Untuk lebih jelas silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

penanganan anak bayi tersedak
gambar tindakan perasat heimlich
sumber: buku pelayanan kesehatan

  • Bilamana sumbatan masih ada dan menetap, lihat keadaan mulut anak apakah benda tersebut sudah berada di bagian mulut anak.
  • Raih dengan tangan bila benda sumbatan dapat diraih.
  • Perasat ini dapat dilakukan kembali untuk mencoba mengeluarkan benda tersedak tadi.


Nah, itu tadi tips dan cara mengatasi anak bayi tersedak yang dapat diaplikasikan oleh tenaga kesehatan dan masyarakat awam. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada keluarga, teman, dan kerabat Anda, siapa tahu mereka akan menjadi malaikat penolong bagi orang yang membutuhkan.

Baca juga topik kesehatan lainnya:
Bagaimana cara menangani diare pada anak

Post a Comment for "Tips Cara Mengatasi Anak Tersedak"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>