Tips Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

Pernahkah Anda melihat titik-titik hitam menempel di wajah orang lain atau Anda sendiri? Itu sesungguhnya adalah komedo hitam. Banyak orang mengira komedo hitam ini adalah kotoran menumpuk yang menempel pada wajah. Namun, sesungguhnya itu adalah komedo hitam atau blackhead.

bagaimana cara menghilangkan komedo hitam di pipi
gambar komedo hitam

Komedo hitam sebenarnya sama seperti kebanyakan komedo putih. Komedo adalah tumpukan minyak dan sel-sel kulit mati yang telah penuh pada pori-pori. Sejatinya warnanya putih, tetapi ada beberapa komedo yang menumpuk hingga keluar pori-pori sehingga terpapar dengan udara luar. Paparan udara ini mengakibatkan oksidasi pada tumpukan sehingga mengubah warnanya menjadi hitam.

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi

Sebelum kita membahas masalah cara menghilangkan komedo hitam membandel di pipi, ada baiknya kita ketahui bermacam penyebab terjadinya komedo hitam ini. Selain itu, penting untuk diketahui bahwasanya komedo hitam ini letaknya tidak hanya terbatas pada pipi. Umumnya komedo terletak pada area tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak (kelenjar sebum) yaitu wajah, dada, dan punggung.

Penyebab Terjadinya Komedo Hitam
Komedo hitam terjadi lantaran penyumbatan minyak (sebum) dan sisa-sisa sel kulit mati yang menumpuk dan mengeras. Tumpukan ini akan memenuhi ruang kelenjar minyak. Beberapa diantaranya ada yang menumpuk hingga keluar kelenjar dan terkena udara sehingga menjadi berwarna hitam.

Bermacam faktor bisa mencetuskan timbulnya komedo hitam ini, antara lain:
  • Orang yang mengeluarkan banyak keringat.
  • Adanya iritasi pada folikel-folikel rambut.
  • Kolonisasi bakteri Propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  • Perubahan hormonal sehingga menyebabkan kenaikan produksi sebum dan keringat. Hal ini biasanya terjadi pada usia remaja, periode hadi, atau karena konsumsi pil kontrasepsi.
  • Meminum obat-obatan khusus yang memiliki dampak misalnya kortikosteroid, androgen, dan lithium.


Tips dan Cara Mengatasi Komedo Hitam di Pipi

Seringkali orang-orang kesal karena komedo pada wajahnya. Ya ini memang sangat mengganggu penampilan terutama bagi mereka yang harus selalu tampil menarik. Nah, di bawah ini akan kami bagikan informasi bermacam tindakan yang bisa dilaksanakan untuk mengatasi komedo hitam di pipi.

1. Menggunakan ramuan herbal
Masyarakat Indonesia kaya akan kearifan lokal. Banyak tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam di pipi secara alami. Beberapa tanaman itu antara lain: daun teh, lidah buaya, mentimun, dan lain-lain. Sebenarnya banyak lagi cara alami menghilangkan komedo hitam di pipi tergantung dari kearifan lokal masing-masing.

2. Menggunakan obat-obatan bebas
Obat-obatan bebas yang berfungsi untuk mengatasi komedo sudah banya beredar di apotik dan toko obat. Banyak merk obat berupa krim yang berkomposisi asam salisilat, benzoyl peroxide, dan juga resorsinol. Obat-obatan ini pada umumnya bertujuan untuk membunuh bakteri, mengurangi minyak berlebihan, dan membersihkan sel-sel kulit yang mati dari permukaan kulit.

Penggunaan obat-obatan bebas ini memang diperbolehkan asalkan tidak menimbulkan reaksi alergi tertentu pada kulit Anda. Bilamana Anda merasakan gatal, perih atau nyeri, timbul luka lecet setelah pemakaian maka disarankan untuk menghentikan pengobatan. Anda sebaiknya juga berkonsultasi ke dokter untuk tatalaksana lebih lanjut.

3. Obat-obatan dari dokter
Kebanyakan dokter akan memberikan obat dengan kualitas yang lebih kuat dari obat-obatan bebas mengingat pola prilaku pengobatan masyarakat yang cendrung mencoba-coba pengobatan sendiri terlebih dahulu. Dokter akan meresepkan obat berbahan vitamin A untuk mencegah terjadinya sumbatan pada folikel rambut dan membantu regenarasi sel-sel kulit. Selain itu, penggunaan antibiotik dilakukan bila ada indikasi sesuai dengan keadaan komedo hitam yang sedang dialami. 

4. Menggunakan pengelupas kulit
Berbagai produk pengelupas kulit tidak jarang dipakai sebagai terapi komedo hitam. Hal ini dilakukan untuk membantu mengelupas sel-sel kulit yang telah mati yang menempel pada permukaan kulit.

Dalam pemakaian produk-produk ini yang harus Anda perhatikan adalah:
  • Produk ini tidak jarang bersifat ultra-abrasif (mengakibatkan abrasi kulit yang berlebihan) bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif.
  • Iritasi kulit dapat terjadi karena produk ini sehingga justru menyebabkan komedo menjadi semakin bertambah parah.
  • Penggunaan metode peeling ini sebaiknya atas saran dan bantuan dari dokter.


5. Terapi laser 
Cara ini saat ini cukup banyak dilakukan dan digemari. Terapi laser dapat menjadi cara menghilangkan komedo hitam di pipi dengan cepat. Cara ini bisa dipalikasikan untuk mengurangi sekresi minya sekaligus membunuh kuman dan bakteri. Terap ini bisa menjangkau bagian bawah dari permukaan kulit tanpa membuat kerusakan pada lapisan kulit atasnya.

Nah itu tadi artikel tentang cara menghilangkan komedo hitam pada pipi. Tidak jarang juga komedo ini menimbulkan bekas pada area tempat terjadi. Umumnya keterlambatan pengobatan membuat munculnya bekas-bekas tadi. Tips dan cara menghilangkan bekas komedo hitam di pipi akan sangat bermanfaat. Namun, akan kita bahas pada artikel lainnya.

Baca juga topik terkait:

Post a Comment for "Tips Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>