Waspadai Tanda Susu Formula Tidak Sesuai Dengan Tubuh Bayi - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai Tanda Susu Formula Tidak Sesuai Dengan Tubuh Bayi

Di pasaran saat ini tersedia banyak sekali pilihan susu formula baik yang merupakan produk lokal maupun yang impor. Masing-masing susu memiliki jargonnya sendiri yang katanya baik untuk bayi dengan berbagai macam nutrisi. Namun memilih susu formula tidak boleh sembarangan, hanya melihat iklan maupun harganya saja.

Tanda susu formula tidak sesuai dengan bayi
gambar susu formula

Ketika diminumkan ke bayi, belum tentu kandungan formula susunya pas dengan pencernaan si kecil, bahkan ada yang ternyata memiliki alergi pada susu atau intoleransi pada laktosa, kandungan yang umum ditemukan pada susu sapi. Agar Anda tahu mana susu yang pas dengan bayi dan tidak memaksakan minum susu yang tidak cocok, berikut adalah beberapa tanda susu formula tidak sesuai dengan bayi. 

Tanda-Tanda Susu Formula Tidak Sesuai dengan Bayi

Bayi jadi tidak nyaman saat waktunya makan
Tentunya bayi belum memiliki kemampuan untuk menyampaikan rasa ketidaknyamanannya dengan menggunakan bahasa verbal. Yang bisa ia lakukan adalah menunjukkanya melalui bahasa tubuh dan berharap orang tuanya bisa memahami apa yang ia sampaikan.

Tanda susu formula tidak sesuai dengan bayi yang pertama adalah perhatikan bahasa tubuhnya ketika Anda memberinya makan dengan susu formula. Bayi yang merasa tidak nyaman biasanya akan rewel, susah untuk tidur, dan banyak bergerak atau gelisah.

Muncul kemerahan atau ruam pada kulit
Bayi yang gelisah saat diberi makan bisa jadi karena ia memang sedang merasa tidak nyaman karena faktor yang lain, namun jika si kecil sudah menunjukkan reaksi alergi seperti muncul kemerahan pada kulitnya sebaiknya jangan diabaikan.

Perhatikan tanda-tanda yang muncul pada fisik bayi, jika sebelumnya ia tidak pernah mengalami kemerahan ketika diberi ASI kemudian menunjukkan reaksi tersebut setelah beralih ke susu formula ada kemungkinan jika si kecil memiliki alergi dengan susu. Untuk lebih lanjut Anda bisa mencoba mengganti susu formulanya dengan susu kedelai untuk bayi atau melakukan konsultasi dengan dokter anak. 

Tanda Lain Bila Susu Formula Tidak Sesuai Dengan Tubuh Bayi

Muncul masalah pencernaan 
Reaksi selanjutnya yang mesti diperhatikan adalah adanya masalah pencernaan setelah bayi mengonsumsi susu formula tertentu. Tanda susu formula tidak sesuai dengan bayi yang berhubungan dengan pencernaan misalnya adalah diare, muntah, banyak gas di dalam perut sehingga membuat bayi kembung dan merasa tidak nyaman, konstipasi, bahkan ada juga yang mengeluarkan BAB bersama dengan darah. Cek buangan si kecil, jika terlalu berair dan frekuensinya jadi lebih sering, bisa jadi ia mengalami reaksi intoleransi terhadap susu formulanya. Kenaikan berat badan yang tidak normal juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada susunya.

Bayi mengalami kolik
Tidak semua bayi mengalami kolik namun kondisi ini termasuk dianggap normal terjadi pada bayi pada usia 3 minggu hingga 3 bulan. Penyebab kolik secara pasti belum bisa dijelaskan namun ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya kolik, salah satunya adalah karena susu formula yang diberikan tidak cocok untuk si kecil. Gejala terjadinya kolik pada umumnya adalah bayi yang menangis meraung-raung dan sulit untuk ditenangkan. Kolik juga biasanya disertai dengan adanya gas di dalam perutnya dan menyebabkan perut sakit yang ditandai dengan kaki yang dilipat ke atas. 

Napas yang berbunyi dan gejala gangguan pernapasan lainnya
Salah satu faktor yang bisa menyebabkan bayi mengeluarkan bunyi berdesing saat bernapas adalah karena mengalami reaksi alergi. Munculnya bunyi pada saat ia bernapas disebabkan karena terjadi penyempitan saluran pernapasan atau karena adanya peradangan pada saluran pernapasannya. Tanda susu formula tidak sesuai dengan bayi yang berkaitan dengan gangguan pernapasan lain adalah bayi yang mengalami batuk-batuk kronis, adanya penyumbatan pada hidung, dan juga munculnya ingus. 

Hal yang Dilakukan Bila Ada Tanda Susu Formula yang Tidak Cocok dengan Bayi

Apa yang harus Anda lakukan jika si kecil menunjukkan tanda tidak cocok dengan susu formulanya? Langkah amannya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan diagnosa yang tepat sesuai dengan gejala yang dialami si kecil. Tanda susu formula tidak sesuai dengan bayi berupa napas yang menjadi berbunyi atau penambahan berat badan yang tidak wajar bisa jadi gejala yang cukup serius dan harus ditangani dengan serius pula. Jika memang gejala yang muncul disebabkan karena tidak cocok dengan susu formulanya, maka gejala tersebut tidak bertahan lama setelah diberikan susu formula yang lebih sesuai dengan tubuh si kecil.

Baca juga topik terkait:

Post a Comment for "Waspadai Tanda Susu Formula Tidak Sesuai Dengan Tubuh Bayi"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>