Kolostrum : ASI Nutrisi Lengkap dan Alami untuk Bayi - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kolostrum : ASI Nutrisi Lengkap dan Alami untuk Bayi

Bayi baru lahir sangat memerlukan susu sebagai sumber kalori utama dari luar tubuhnya. Oleh sebab itu, ASI memiliki peran yang sangat penting. Perlu diketahui bahwa ASI yang keluar setelah lahir dikenal dengan nama kolostrum. Kolostrum ini sangat bermanfaat pada bayi.

Kolostrum, ASI yang Bernutrisi Lenkap dan Alami

Kolostrum diproduksi oleh tubuh ibu pada hari-hari pertama setelah persalinan. Ini terjadi hanya pada dua hingga empat hari saja setelah sang ibu melahirkan. Tidak hanya pada manusia, hewan mamalia seperti sapi juga memproduksinya.

Kolostrum mengandung Banyak Nutrisi

Seorang perempuan yang sedang hamil, nantinya akan memproduksi susu untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk bayinya. Nutrisi ini diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan sang bayi.

Seorang perempuan yang telah melahirkan buah hatinya secara alami akan memproduksi ASI yang mengandung kolostrum. Rata-rata dihasilkan 50 mL susu yang banyak mengandung kolostrum pada 48 jam hingga 72 jam paska melahirkan.

Bermacam-macam nutrisi yang terkandung di dalam kolostrum ini sehingga ASI jenis ini sangat dianjurkan sekali untuk bayi. Di dalamnya terkandung imunoglobulin yang berfungsi sebagai antibodi, antimikroba untuk melawan kuman, jamur, dan mikroba lainnya, serta bermacam-macam faktor yang berguna untuk menyokong proses pertumbuhan.

Tidak cukup sampai disitu. Kolostrum juga memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, hingga mineral yang sangat diperlukan oleh bayi. Kolostrum mempunyai takaran yang pas, rendah gula, tapi tinggi kandungan proteinnya.

ASI yang memiliki kandungan kolostrum biasanya berwujud cair dan sedikit kental, dengan warna keemasan. Jumlahnya memang tidak begitu banyak, akan tetapi memiliki banyak manfaat. Semua yang diperlukan bayi telah terkandung di dalamnya.

Setelah beberapa hari, kolostrum akan diganti oleh ASI yang sebenarnya. Secara perlahan, warna yang awalnya keemasan akan berubah menjadi warna putih. ASI yang sudah tidak mengandung kolostrum ini juga banyak manfaat bagi bayi.

Manfaat Kolostrum untuk Bayi Anda

Kolostrum ASI Nutrisi Lengkap dan Alami untuk Bayi
gambar ilustrasi menyusui

Kolostrum memiliki banyak fungsi bagi sang bayi. ASI pertama ini sangat cocok dengan usus bayi yang baru lahir. Bermacam-macam kandungannya akan menyokong proses pertumbuhan dan perkembangannya termasuk sistem saraf yang berperan dalam kecerdasan.

Antiboid yang ada dalam kolostrum mampu melindungi bayi terhadap ancaman beberapa penyakit seperti pneumonia, bronkitis, flu, dan lainnya. ASI ini juga dipercaya dalam mengatasi ikterus pada bayi baru lahir.

Kolostrum yang tinggi protein akan membuat perut sang bayi cepat terasa penuh. Ini akan menimbulkan sensasi kenyang sehingga tidur dengan lebih nyenyak. Ingat proses tidur cukup penting pada balita karena pada saat tidurlah sistem sarafnya berkembang dengan cepat.

Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus mengingat pentingnya inisiasi menyusui dini (IMD). Selain menjalin kedekatan antara ibu dan bayi, hal ini juga agar memanfaatkan kolostrum yang akan keluar di masa-masa awal setelah persalinan.

Sangat disayangkan para orangtua yang menolak untuk menyusui anaknya. Banyak orang tua yang mengganti ASI dengan susu formula. Ada berbagai macam alasan; mulai dari alasan kesehatan hingga alasan kecantikan sang ibu semata.

Silahakan konsultasikan dengan petugas medis yang akan menolong persalina Anda. Minta untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) setelah melahirkan. Bila Anda tidak bisa menyusui secara langsung maka cari cara lain agar bayi Anda tetap mendapat kolostrum. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan botol susu.

Nah, itu tadi pembahasan singkat dan ringan tentang kolostrum yang merupakan ASI yang memiliki nutrisi lengkap dan bersifat alami untuk bayi Anda. Silahkan komentar bila ada pertanyaan.
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Kolostrum : ASI Nutrisi Lengkap dan Alami untuk Bayi"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>