Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Asi Eksklusif - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Asi Eksklusif

Cara cepat menaikkan berat badan bayi dengan asi eksklusif - Kedokteran dan Kesehatan. ASI menjadi asupan makanan utama yang efektif menaikkan berat badan bayi. Namun, apakah Anda telah mengetahui cara pemberian ASI ekslusif untuk menambah berat badan bayi? Simak ulasan berikut sebagai referensi!

Gambar cara cepat menaikkan berat badan bayi dengan asi ekslusif
ilustrasi menyusi asi eksklusif

Tips Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi dengan ASI Eksklusif

1. Makan Bergizi Seimbang
Hal utama yang perlu Anda lakukan ialah memperhatikan asupan makanan untuk Anda sendiri. Sebagai ibu yang menyusui, jelas asupan makanan utama bayi berasal dari ASI sehingga setiap asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda harus terjaga dan memberikan manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya gizi maka akan membantu menghasilkan ASI yang berkualitas dan tidak hanya berlimpah. Makanan bergizi seimbang tentunya mengandung semua asupan yang dibutuhkan bayi, termasuk asupan makanan penambah berat badan. Ekstrak makanan yang Anda konsumsi maupun minuman yang Anda minum akan menjadi makanan utama untuk bayi tercinta yang mengandung khasiat optimal untuk tumbuh kembangnya.

2. Menyusui Bergantian Kanan dan Kiri
Cara cepat menaikkan berat badan bayi dengan asi ekslusif selanjutnya ialah dengan menyusui bergantian dari sebelah kanan dan sebelah kiri. Tidak bisa dipungkiri, di luaran sana masih terdapat ibu menyusui yang hanya menggunakan satu sisinya saja untuk memberikan asupan ASI karena berbagai alasan, salah satunya ialah karena mampet. Tahukah Anda jika menyusui secara bergantian antara kanan dan kiri sangat baik untuk tumbuh kembang bayi serta membantu bayi untuk tumbuh lebih sehat dengan bobot tubuh lebih berat dan montok. Produksi ASI juga akan lebih meningkat apabila para ibu sering memberikannya pada bayi tercinta. Posisi mengganti seperti ini akan membuat kedua payudara menghasilkan ASI yang sama berlimpah dan sama berkualitasnya.

3. Konsumsi Makanan Berkalori
Makanan berkalori memang identik sebagai asupan makanan yang mampu menghasilkan energi atau tenaga. Anda yang sedang menyusui si kecil secara umum memang akan lebih mudah haus, lebih mudah lapar dan lelah sehingga asupan makanan seperti ini sangat direkomendasikan. Tidak hanya membantu menambah energi Anda, pemberian makanan berkalori juga sangat efektif untuk menambah berat badan bayi sehingga Anda wajib mengkonsumsi jenis makanan ini secara rutin. Akan tetapi, pastikan untuk tidak mengkonsumsi makanan berkalori yang instan karena makanan seperti ini mengandung vetsin yang tinggi. Terdapat pula pengawet yang membahayakan pertumbuhan serta perkembangan bayi sehingga sebagai orang tua yang baik Anda wajib menghindari makanan instan namun berkalori tinggi.

Cara Cepat Selanjutnya Meningkatkan Berat Badan Bayi dengan ASI Eksklusif

4. Konsumsi Makanan Berlemak
Untuk para ibu, Anda tidak perlu takut mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Selama diiringi olahraga serta menyusui secara rutin, Anda tidak perlu takut bertambah gemuk dengan  mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Makanan seperti inni akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk dan tetap proposional, sehat dan pastinya tidak terlihat seperti kekurangan gizi. Asupan makanan yang berasal dari lemak sangat baik untuk para ibu serta untuk tumbuh kembang bayi. Beberapa makanan mengandung lemak dan tetap sehat di konsumsi oleh para ibu ialah seperti alpukat, minyak, susu, sayur, daging dan lainnya. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan berlemak secara bervariasi sehingga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh Anda tetap seimbang dan bermanfaat untuk si kecil.

5. Menyusui dengan Posisi yang Nyaman
Terakhir yang bisa Anda usahakan ialah dengan memberikan ASI dengan posisi senyaman-nyamannya. Posisi saat menyusui ternyata sangat mempengaruhi produksi ASI sehingga Anda harus memperhatikannya sebaik mungkin. Saat posisi Anda tidak nyaman maupun posisi bayi yang merasa kurang nyaman, maka tentu saja asupan ASI yang mereka minum tidak banyak sehingga pertumbuhan berat badan akan kurang. Untuk itu, Anda harus menyusui beberapa kali untuk memperoleh posisi yang nyaman, tidak hanya untuk ibu melainkan juga bayi tercinta yang Anda miliki. Pemberian ASI di posisi yang nyaman akan membuat proses menyusui tidak terganggu dan tidak ada jeda hingga selesai. 

Pastikan untuk selalu memperhatikan beberapa langkah pemberian ASI di atas sehingga bayi Anda mendapatkan asi ekslusif dengan tepat dengan manfaat maksimal. Semoga ulasan seputar beberapa cara cepat menaikkan berat badan bayi dengan asi ekslusif bermanfaat untuk Anda. Berikan ASI ekslusif dengan tepat sehingga bayi tumbuh sehat, kuat dan dengan bobot tubuh yang berat. Semoga artikel cara cepat menaikkan berat badan bayi dengan asi eksklusif ini bermanfaat untuk Anda.

Baca artikel lainnya:

Post a Comment for "Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi Dengan Asi Eksklusif"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>