Tidak Hanya Kuantitas, Kualitas ASI juga Penting - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Hanya Kuantitas, Kualitas ASI juga Penting

ASI atau air susu ibu merupakan sumber nutrisi berkualitas untuk bayi. ASI mempunyai banyak kegunaan untuk sang bayi. Beberapa diantaranya adalah ASI melindungi dari beberapa penyakit, mencukupi kebutuhan zat gizi, meningkatkan tingkat kecerdasan, mencegah terjadinya obesitas, dan mengurangi risiko terjadinya kematian bayi secara mendadak

Setelah melahirkan, ASI pertama disebut sebagai kolostrum. ASI ini berwarna kekuningan, kental, dan pekat. Setelah dua atau lima hari, ASI berubah menjadi cendrung berwarna putih.

Secara ideal, pemberian ASI dilakukan secara ekslusif yaitu selama enam bulan pertama kehidupan sang bayi. Pada usia-usia ini, sang bayi sangat rentan terjangkit penyakit. Peningkatan zat pembentuk kekebalan tubuh (antibodi) dari ASI sangat dibutuhkan. Antibodi ini tidak didapatkan dari susu formula bayi.

Memperhatikan Segi Kualitas ASI Tidak Hanya Sekadar Kuantitas

kuantitas dan kualitas asi
ilusrasi menyusui
Masih banyak ibu menyusui yang bingung tentang kualitas ASI. Kualitas ASI yang baik ialah saat ASI  mengandung semua nutrisi, seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan juga air. Nutrisi-nutrisi ini dengan mudah dicerna oleh bayi karena dalam bentuk cairan.

Selain hal itu, salah satu keunggulan ASI ialah kebutuhan nutrisi sang bayi tetap tercukupi walaupun sang ibu tidak mengunsumsi nutrisi yang lengkap. Namun, bukan berarti sang ibu dapat membatasi jumlah makanannya secara ketat atau hanya makan satu jenis makanan saja. Nutrisi ibu harus tetap dijaga untuk menjamin kualitas dan kuantitas ASI yang lebih baik

Nutrisi yang Dianjurkan untuk Ibu Menyusui

ASI memiliki rasa alami bagi lidah si bayi. Kualitas ASI dipengaruhi oleh tingkat kesehatan dan kualitas makanan yang dimakan sang ibu. Berikut kami sajikan nutrisi yang dianjurkan buat ibu menyusui:

Saat menyusui, ibu membutuhkan kalori yang lebih banyak dari sebelumnya. Disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan sumber karbohidrat yang baik contohnya roti gandum dan beras cokelat. Kalori ini sangat penting untuk mempertahankan kekuatan dan stamina dalam perawatan bayi baru lahir dan menyusui.

  • Bijak dalam memilih makanan yang mengandung lemak baik. Contoh, alpokat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. (Baca juga: Apa Perbedaan Lemak Jahat dan Lemak Baik?)
  • Beberapa sayuran hijau contohnya bayam dan brokoli.
  • Bermacam sumber protein, contohnya ikan, telur, dan daging ayam.
  • Konsumsi lebih banyak air putih selama menyusui untuk mengurangi risiko dehidrasi karena seringkali ibu menyusui merasakan haus
  • Dianjurkan agar mencuci dan membilas dengan bersih setiap sayur dan buah yang akan dimakan.

Bagaimana Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI ?

Manfaat Saripati Ayam untuk Kelancaran ASI
Seringkali masalah timbul pada ibu menyusui. Beberapa diantaranya adalah ASI yang tidak lancar atau sang ibu khawaitr dengan kualitas ASI nya. Untuk melancarkan ASI, sang ibu dapat mengonsumsi sari pati ayam

Kandungan protein dalam sari pati ayam dapat melancarkan sekresi ASI dan mendukung keperluan nutrisi selama masa menyusui. Pada waktu menyusui, sang ibu harus terus produksi ASI sepanjang hari sekaligus melakukan perawatan pada sang bayi. Tentu saja ini membutuhkan energi yang besar. Sari pati ayam akan sangat membantu untuk mengatasi keduanya.

ASI merupakan sumber nutrisi yang paling baik untuk menyokong proses pertumbuhan dan perkembangan sang bayi. Berdasarkan penelitian, minum sari pati ayam mampu menambah kualitas dari ASI dengan meningkatkan lactoferin, epidermal growth factor (EGP), dan trasforming growth factor beta (TGF-β). Tiga komponen ini berperan penting dalam pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh bayi.

EGF dan TGF-β juga dikenal berperan dalam sistem pencernaan, imunitas, dan pencegahan rusaknya jaringan. Silahkan konsultasikan ke dokter keluarga Anda apa asupan nutrisi yang tepat untuk ibu menyusui sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Baca topik lainnya:
👌 Resep makanan bayi pendamping ASI
Dr. Zuhdy
Dr. Zuhdy Aktif sebagai dokter umum di dunia nyata dan senang membagikan informasi kesehatan di dunia maya. Gabung Fans Page FB kami: Kedokteran dan Kesehatan

Post a Comment for "Tidak Hanya Kuantitas, Kualitas ASI juga Penting"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>