Ibu Harus Tahu Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Berat Badan Si Buah Hati - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ibu Harus Tahu Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Berat Badan Si Buah Hati

Sebagai ibu, jika berat badan buah hati di bawah rata-rata tentu akan membuat khawatir. Sehingga ibu akan melakukan berbagai cara untuk bisa menambah berat badan buah hati agar mendapatkan makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan anak bayi kesayangannya tersebut.

Meskipun seperti itu, namun bukan hal yang mudah untuk dapat meningkatkan berat badan bayi jika hanya menambah porsi makanannya saja. Itu tidak berpengaruh dikarenakan organ pencernaan bayi yang belum sempurna sehingga membuat ibu semakin memikirkan cara yang tepat untuk bisa menaikkan berat badan secara efektif namun aman bagi pencernaan dan kesehatan bayinya.

Banyak hal yang bisa menjadi faktor berat badan bayi selalu rendah misalnya saja kurangnya asupan makanan, bayi yang terlalu aktif hingga bayi tersebut terserang penyakit.

Cara yang tepat ialah mencari tahu terlebih dulu penyebab bayi mempunyai berat badan yang rendah. Baik dengan menambah kualitas dan kuantitas asupan makanan ASI atau susu formula bila memang masih di bawah standar yang ditentukan. Kebutuhan nutrisi yang terpenuhi dan kebersihan serta kesehatan lingkungannya yang terjaga juga bisa mendukung perubahan berat badan bayi.

Evaluasi berat badan anak Anda di sini:

Daftar Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan Anak Bayi

Berikut ini adalah makanan yang mampu menambah berat badan bayi, antara lain:
1. Telur

makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan anak bayi
gambar telur
Telur selain sebagai lauk yang juga sebagai sumber protein ini mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tumbuh kembang bayi. Vitamin tersebut seperti vitamin A yang baik bagi kesehatan mata dan vitamin B12 untuk pertumbuhan si buah hati.

2. Margarin dan Mentega
Dalam asupan si buah hati dengan memberi tambahan margarin atau mentega bukan selalu menjadi hal yang buruk. Karena margarin dan mentega merupakan sumber lemak yang paling banyak dan juga baik untuk menambah berat badan bayi.

3. Pisang
Pisang merupakan sumber energi yang alami dan baik untuk tubuh. Selain mengenyangkan dan bisa menambah berat badan bayi, pisang pun mengandung kalori dan penyumbang karbohidrat yang cukup tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah lemak sehat dalam tubuh si kecil pisang merupakan makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan anak bayi.

4. Kentang
Jika ibu ingin menambah berat badan bayi maka asupan yang harus diperhatikan ialah yang mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup untuk anak, itu yang dimiliki oleh kentang. Selain itu, kentang juga mengandung asam amino yang baik bagi kecerdasan otak dan juga gutamin yang mampu meningkatkan berat badan buah hati.

5. Alpukat
Yang berikutnya adalah alpukat yang mempunyai banyak kandungan lemak dan kalori yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Karbohidrat yang dimilikinya pun cukup tinggi jadi sangat baik untuk menambah berat badan bayi Anda.

6. Daging Ayam
Selain karbohidrat, anak yang masih balita pun membutuhkan asupan protein yang cukup untuk membangun otot tubuhnya, itulah yang menyebabkan daging ayam menjadi makanan terbaik bagi bayi yang mengalami kekurangan gizi. Selain itu, ayam pun mudah untuk di dapatkan dan harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan daging lainnya.

7. Daging Sapi
Daging sapi merupakan sumber zat besi dan lemak baik yang alami untuk bayi. Daging sapi ini sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang bayi nantinya. Jika bayi masih belum mempunyai gigi alangkah baiknya menggunakan daging sapi untuk dijadikan kaldu saja namun jika dirasa bisa maka blender daging hingga halus agar tidak menyulitkan bayi untuk mengonsumsinya.

Makanan tinggi kalori selain ASI untuk menambah berat badan anak bayi

Ternyata selain ASI, kebutuhan nutrisi lainnya yang diperlukan bayi juga harus dipenuhi sehingga gizi dalam makanan menjadi seimbang. Jika usia anak telah mencapai 6 bulan maka boleh diberikan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. MPASI yang diberikan pada bayi hendaknya beraneka ragam namun dengan tetap memperhatikan komposisinya agar seimbang.

Selalu jaga agar makanan buah hati tetap terdiri dari karbohidrat, protein, serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh secara sesuai. Cara penyajian yang tepat makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan anak bayi adalah 4 sdm bubur nasi, 2 sdm lauk dan 2 sdm sayuran. Sehingga seimbang asupan dan nutrisi untuk si kecil.

Post a Comment for "Ibu Harus Tahu Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Berat Badan Si Buah Hati"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>