Resep Makanan Pendamping ASI (MPASI) Yang Efektif Buat Anak Sehat Dan Gemuk - KLIK INSTAL
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Makanan Pendamping ASI (MPASI) Yang Efektif Buat Anak Sehat Dan Gemuk

Seorang bayi usia enam bulan dapat dikatakan sehat dan bertumbuh kembang dengan ideal apabila mengalami penambahan berat badan. Apabila sang buah hati terlihat terlalu kurus atau berat badan kurang, Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) resep makanan bayi umur 6 bulan untuk penambahan berat badan. 

resep makanan bayi umur 6 bulan untuk penambah berat badan
gambar bayi 6 bulan

Tips Menaikkan Berat badan bayi

Berikut akan dijelaskan terlebih dahulu tips menaikkan berat badan sang buah hati dengan sehat:

1. Konsisten ASI eksklusif
ASI harus diberikan secara konsisten dan eksklusif pada bayi usia nol sampai enam bulan. ASI sangat penting karena selain menjaga berat badan bayi juga bermanfaat sebagai antibodi alami untuk bayi. Setelah melewati fase ASI eksklusif, maka boleh untuk memberikan makanan tambahan selain ASI. 

2. ASI eksklusif teratur 
Bayi harus diberi ASI eksklusif secara teratur. Jangan sampai bayi merasa kelaparan, untuk itu sangat dibutuhkan kejelian dan ketelitian sang ibu kapan hendaknya bagi akan diberi ASI. Jika bayi sudah mendapatkan MPASI maka pemberian ASI dan MPASI harus dilakukan teratur dan seimbang. Porsi dapat diatur sesuai kebutuhan sang buah hati dan kondisinya. 

3. Memberikan menu MPASI yang tepat untuk menaikkan berat badan bayi
MPASI sangat bermanfaat untuk menaikkan berat badan bayi yang kurang atau kurus.  Pemberian MPASi harus memperhatikan gizi seimbang yang sehat, dan komposisinya. Menu MPASI juga harus bervariasi dan menarik agar sang buah hati tidak merasa bosan yang justru tidak semangat dan nafsu makan. 

Pada usia enam bulan, bayi harus diberi ASI eksklusif. Setelah usia enam bulan, bayi akan melewati fasi ASI eksklusif dan boleh diberikan makanan lain selain ASI atau biasa disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Hal tersebut agar anak dapat menjadi lebih sehat dan bertambah berat badan.

Contoh Resep Makanan Untuk Menambah Berat Badan Bayi 6 Bulan

Makanan pendamping ASI tidak boleh sembarangan. Mulai dari menu makanan, gizi yang terkandung dalam makanan dan tekstur makanannya. Tekstur makanan bayi tidak boleh keras dan harus lembek. Karena bayi umur enam bulan belum memiliki gigi yang kuat untuk mengunyah. Yang harus diperhatikan dari makanan untuk bayi di bawah enam bulan tentulah kandungan gizi.  

Untuk itu berikut akan diberikan menu resep makanan bayi umur enam bulan untuk penambahan berat badan, dan ideal. Sehingga bayi dapat makan dengan lahap dan tidak terlihat kurus. 

1. Bubur daging
Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur daging antara lain daging yang telah dicincang, beras, seledri, wortel, dan air. Cara membuatnya adalah cuci terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Kemudian campur semua bahan dan masak dalam rice cooker hingga matang menjadi bubur. Sebelum memberikannya pada bayi, bubur harus lebih dihaluskan lagi menggunakan blender. 

2. Bubur kentang dengan kaldu ayam
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menu ini antara lain kentang, ikan kakap, brokoli, tulang ayam, wortel, daun seledri, bawang Bombay, air, dan daun salam. Cara membuatnya pun tidak susah, pertama-tama rebus terlebih dahulu tulang ayam yang dicampur dengan sayuran hingga menjadi kaldu ayam yang harum. Kemudian kentang, ikan, dan brokoli yang sudah dipotong kecil-kecil atau sesuai selera dimasukkan dalam air kaldu sampai teksturnya lunak. Tunggu sampai matang dan jika sudah matang haluskan bubur sampai halus menggunakan blender. 

3. Bubur ikan bayam 
Menu yang satu ini hanya memerlukan bahan-bahan antara lain beras, fillet ikan, tahu, tomat, daun bayam merah, margarin, dan air. Langkah yang harus dilakukan adalah rebus terlebih dahulu beras dan ikan. Kemudian tambahkan potongan tahu kedalamnya dan aduk sampai mencampur dengan rata. Tambahkan juga bayam dan tomat ke dalamnya dan tunggu sampai matang. Jika sudah matang tambahkan margarin dan aduk kemudian diamkan sampai dingin. Haluskan menggunakan blender dan sajikan pada sang buah hati. 

Itulah tips untuk menaikkan berat badan sang buah hati dan berbagai resep makanan bayi umur enam bulan untuk penambahan berat badan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Post a Comment for "Resep Makanan Pendamping ASI (MPASI) Yang Efektif Buat Anak Sehat Dan Gemuk"

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2631650870646061" crossorigin="anonymous"></script> <!-- Iklan --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-2631650870646061" data-ad-slot="9511910312" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>